3 Pekerjaan Memanfaatkan Teknologi

Teknologi bukan saja memberikan peluang pada semakin mudahnya aktivitas manusia, tetapi juga memberikan peluang semakin banyaknya bidang pekerjaan yang tercipta. Tak lagi seperti dulu, dimana bidang pekerjaan masih sangat terbatas, saat ini ada berbagai pekerjaan yang lahir karena kemajuan teknologi dan digitalisasi di berbagai aspek.

Bisa dibilang, menjadi anak muda di era yang serba digital seperti sekarang memiliki banyak sisi keberuntungan. Aktivitas menjadi mudah, komunikasi lebih cepat, dan ada banyak pilihan pekerjaan. Untuk Kamu yang baru lulus, masih bingung mau bekerja apa? Berikut adalah 3 referensi pekerjaan yang memanfaatkan teknologi. Dijamin anti nganggur.

Programmer

Untuk mereka yang berasal dari kalangan IT, istilah programmer pasti lah sudah tidak asing lagi. Bagi bidang IT, programmer adalah salah satu bagian yang paling penting dalam menjalankan suatu project tertentu, apalagi bila di project tersebut terdapat proses coding meng-coding atau bisa dibilang menggunakan bahasa pemrograman. Tidak semua IT memahami bahasa pemrograman karena berkaitan dengan kode dan algoritma.

Bagi Kamu yang memiliki skill di bidang pemrograman, tak ada salahnya untuk membuka jasa programmer. Apalagi saat ini, dimana banyak aspek telah bergeser ke ranah digital seperti bermunculannya aplikasi dan website, baik untuk berjualan, menawarkan jasa, dan lain-lain, jasa seorang programmer sangat dibutuhkan.

Bekerja sebagai programmer artinya Kamu bekerja untuk belajar, karena tugas programmer adalah memahami bahasa pemrograman untuk suatu aplikasi atau website yang bisa saja berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Di masa depan, jasa seorang programmer akan terus dibutuhkan seiring semakin gilanya perkembangan teknologi. Tidak semua orang dapat belajar bahasa pemrograman secara otodidak, oleh karena itu jika Kamu memiliki skill yang lumayan di bidang ini tak ada salahnya untuk mencoba. Setelah skill mu dirasa cukup mumpuni, akan banyak perusahaan IT besar yang mencari.

Writer

Menulis? Apa hubungannya nulis dengan teknologi? Bukannya pekerjaan nulis sudah ada dari dulu?

Menulis adalah pekerjaan yang cukup tua di dunia ini. Mulai dari sastrawan hingga wartawan, menjadikan menulis sebagai pekerjaan. Mulai dari puisi sampai berita menjadi bahan tulisan.

Tapi jangan salah, di era yang serba digital seperti saat ini, posisi penulis sangat penting keberadaannya. Tidak mungkin sebuah platform digital tidak memuat tulisan sama sekali. Secanggih apapun manusia, manusia tetap tidak bisa lepas dengan yang namanya tulisan.

Tulisan menjadi media untuk mengarahkan manusia dalam menggunakan sesuatu. Sederhananya, di balik kemasan mie instant saja terdapat manual yang berisi tata cara membuat mie instant. Walaupun memiliki gambar, tidak semua orang bisa mengerti arti dari suatu gambar atau simbol tertentu, sehingga tulisan sangat dibutuhkan.

Berbeda dengan puluhan tahun lalu dimana manusia mencari informasi dari buku atau koran, saat ini manusia cenderung menggunakan mesin pencari sebagai sumber informasi utama, baik itu artikel, jurnal, berita, dan sebagainya. Oleh karena itu, posisi sebagai penulis sangat dibutuhkan di era digital seperti saat ini. Tentu saja, di era ini menulis tidak hanya sekedar menulis, tetapi juga dikombinasikan dengan teknologi terapan, seperti penggunaan key word untuk memaksimalkan fungsi SEO agar tulisan yang Kamu buat dapat muncul di halaman pertama mesin pencari.

Menulis juga dimaksudkan agar orang lain tertarik pada sesuatu. Di era digital ini, media sosial menjadi platform yang digunakan untuk berjualan online atau online shop. Agar pengguna media sosial memiliki ketertarikan untuk membeli produk tersebut, dibutuhkan seseorang yang bisa menarik perhatian pembeli. Di sinilah tugas penulis yaitu untuk membuat keterangan dari suatu produk atau biasa disebut dengan caption.

Usaha Online Shop

Hari gini siapa yang ngga tau apa itu online shop?

Online shop menjadi cara berbelanja model baru yang beberapa tahun belakangan semakin banyak digunakan. Selain karena mudah dan cepat, pembeli bisa melihat produk, memilih dan membelinya hanya melalui smart phone saja, tanpa perlu panas-panasan ke pasar atau toko, mengantre dan menyediakan banyak uang tunai.

Online shop bisa menjual berbagai macam barang mulai dari baju hingga barang-barang elektronik. Online shop bisa memanfaatkan media sosial atau market place tertentu sebagai media penjualannya. Modalnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis barang yang ingin dijual. Usaha online shop memiliki peluang yang cukup bagus di era saat ini, menyesuaikan dengan gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung lebih suka hal-hal yang praktis.

Source Picture : Business vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a comment