fbpx
lockbit-3

Apa itu Lockbit 3.0 yang Menyerang Pusat Data Nasional

Alan Lovers, beberapa hari lalu Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengatakan pihaknya berhasil menemukan sumber serangan di server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang berasal dari file ransomware dengan nama Brain Cipher Ransomware. 

Ransomware ini, kata Hinsa, adalah pengembangan terbaru dari ransomware Lockbit 3.0. Serangan inilah yang membuat PDNS mengalami gangguan sejak hari Kamis 20 Juni 2024 lalu, sehingga menyebabkan beberapa layanan publik termasuk layanan imigrasi terkendala. 

“Hasil identifikasi kami atas kendala yang terjadi pada Pusat Data Nasional Sementara akibat serangan serangan siber berjenis ransomware,” ujarnyasaat memberikan keterangan pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Senin (24/06/2024).

Sementara itu, Direktur Network dan IT Solutions Telkom Herlan Wirjanako menyebut ransomware Brain Cipher ini mengunci data PDN dan meminta tebusan sebesar 8 juta dollar AS (sekitar Rp131,2 miliar).

“Jadi memang di dark web (situs gelap) itu ada jalan dan kita ikuti, mereka (pihak yang menyebar ransomware) minta tebusan ada 8 juta dollar AS. Demikian,” kata Herlan. 

Apa Itu Ransomware?

Melansir kominfo.kotabogor.go.id, ransomware adalah jenis perangkat lunak yang bertujuan untuk mengenkripsi data atau mengakses sistem, kemudian meminta tebusan dalam bentuk uang atau cryptocurrency untuk mengembalikan akses data atau sistem ke pemiliknya.

Cara Ransomware Menyerang

1. Melalui Phishing

Serangan sering kali dimulai melalui surel atau pesan yang terlihat sah. Korban akan diminta untuk mengklik tautan atau membuka lampiran yang sebenarnya berisi malware.

2. Eksploitasi Celah Keamanan

Para penjahat siber memanfaatkan celah keamanan yang ada pada perangkat atau perangkat lunak yang belum diperbarui untuk menyusup dan mengenkripsi data.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

dunia pendidikan

Fungsi Website untuk Dunia Pendidikan

Hi Alan Lovers, dalam era digital saat ini, internet telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Website pendidikan adalah salah satu bentuk pemanfaatan

perang uhud

Perang Uhud: Sejarah dan Pelajaran

Perang Uhud adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Perang ini terjadi pada tahun ketiga Hijriah, di mana pasukan Muslim yang dipimpin oleh Nabi

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative