fbpx

Berminat Untuk Membuka Online Shop? Berikut Hal-hal Penting Tentang Online Shop yang Harus Diketahui

Berjualan online melalui online shop saat ini menjadi bisnis yang digandrungi oleh banyak orang karena beberapa alasan seperti tidak modal yang dibutuhkan tidak besar, tidak memerlukan toko fisik dan tidak harus memiliki barang / produk karena bisa diambil dari distributor maupun drop shipper. Berjualan online melalui online shop dianggap mudah karena hanya mengandalkan smartphone dan kuota internet.

Saat ini, sudah banyak pelaku usaha berjualan online melalui online shop merauk keuntungan tidak sedikit dari barang yang dijual. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk berjualan online. Tapi, apa saja sebetulnya hal penting tentang online shop yang wajib diketahui sebelum memulai usaha ini?

Berjualan Di Media Sosial

Berjualan online melalui online shop adalah teknik berjualan dengan menggunakan media sosial. Saat ini media sosial yang digunakan untuk berjualan online adalah Instagram dan Facebook. Di Indonesia, pengguna Instagram dan Facebook sangat tinggi dan intens dalam menggunakan kedua jenis media sosial ini. Oleh karena memanfaatkan media sosial, maka penjual juga harus mengetahui cara kerja kedua media sosial tersebut. Untuk Instagram, penjual harus memiliki akun online shop dengan followers yang banyak dan dapat mengatur tampilan feed di Instagram semenarik mungkin. Selain itu, penjual juga harus mengetahui jam-jam strategis yang tepat untuk upload foto produk. Sementara itu, untuk Facebook, penjual harus memiliki teman yang cukup banyak dan jika bisa tergabung dalam berbagai fanpage jual beli atau memiliki fanpage jual beli sendiri. Berjualan di media sosial artinya penjual harus memiliki waktu yang intens untuk mengelola media sosial secara rutin.

Sayangnya, yang perlu diingat dari online shop adalah penjual tidak bisa mengendalikan traffic pengunjung sendiri namun harus rela mengeluarkan budget yang lebih untuk bisa mengakses Instagram Ads dan Facebook Ads untuk meningkatkan jumlah followers dan pengunjung serta memperluas jangkauan media sosial.

Produk yang Dijual

Tidak semua barang bisa dijual dengan efektif di online shop. Oleh karena itu, penjual harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai produk apa yang bisa dijual dengan mudah di online shop. Umumnya, produk yang lebih mudah dijual melalui online shop adalah produk yang digunakan secara pribadi oleh konsumen seperti skin care, baju, kerudung, make up, sepatu, tas dan barang pribadi lainnya.

Berani Bersaing

Jumlah online shop saat ini banyak sekali dan menjual berbagai macam produk. Maka, bukan tidak mungkin kalau ada penjual online shop lain yang menjual produk sejenis. Lalu bagaimana caranya agar produk Anda tetap diminati konsumen? Caranya adalah dengan tidak takut bersaing, terutama dari sisi tampilan media sosial berupa foto produk, harga dan kualitas. Dengan foto produk yang bagus maka bukan tidak mungkin banyak konsumen yang tertarik dan membeli. Selain itu, sesuaikan harga dan kualitas, utamakan kualitas terbaik karena kualitas produk yang dijual akan menentukan reputasi online shop itu sendiri.

Dapat Dipercaya

Dengan semakin terbukanya informasi, reputasi online shop sangat bergantung dari kepercayaan konsumen. Jangan sampai konsumen memberikan testimoni yang jelek atas produk yang dijual baik dari sisi kualitas ataupun harganya. Testimoni saat ini dipasang di highlight untuk menarik kepercayaan calon konsumen sehingga testimoni yang bagus sangat penting. Anda juga bisa meniru cara ini untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Selain kualitas dan harga, respons yang cepat dan ramah dari pengelola media sosial juga sangat berpengaruh pada kepercayaan konsumen, sehingga merespons konsumen dengan cepat dan ramah adalah hal yang penting.

Endorse

Berjualan di online shop memang membutuhkan usaha yang maksimal dengan memanfaatkan model promosi yang ada. Jika tadi sudah dibahas mengenai Instagram Ads dan Facebook Ads, menggunakan jasa endorse bisa menjadi cara lain yang cukup efektif. Endorse dilakukan dengan menggunakan jasa dari selebgram untuk me-review produk yang Anda berikan. Review dari selebgram bisa meningkatkan daya tarik produk karena produk dianggap bagus dan recommended. Namun, memang dibutuhkan kesabaran agar produk mau di review oleh selebgram mengingat saat ini banyak online shop yang menggunakan sistem endorse. Selain sabar, pelaku usaha online shop juga harus bersedia memberikan produk secara gratis kepada selebgram.

Berjualan online melalui online shop memang gampang-gampang susah, namun tidak ada salahnya untuk dicoba dan ditekuni. Butuh kesabaran dan sikap pantang menyerah agar banyak orang yang membeli. Selain itu, tampilan di feed Instagram juga harus diperhatikan dengan sebaik mungkin agar terlihat aesthetic.

Leave a comment

id_IDID

Kami senang berdiskusi dengan anda!

Dapat konsultasi gratis dengan menghubungi kami via whatsapp atau telpon. Hubungi kami untuk mendapatkan proposal jika project brief (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Chat sekarang!
Butuh Bantuan?
Hai, saya ingin meminta penjelasan selanjutnya