Bosen Tampilan Blog Gitu-gitu Aja? Intip 4 Template Blog Responsive Menarik dan Gratis

515470-PIHD76-86
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp

Blogging saat ini menjadi salah satu kegiatan yang diminati banyak orang, terutama mereka yang punya hobi menulis. Berbagai platform blogging saat ini sudah banyak tersedia, baik yang berbayar maupun gratis. Namun sayangnya, sering kali membaca blog membosankan bagi beberapa orang karena visualisasi blog yang terlalu monoton. Biasanya hal ini karena platform blog tidak menyediakan pilihan template blog yang menarik.

Kenapa Template Blog Harus Menarik?

Selain isi, beberapa orang juga melihat visualisasi dari blog itu sendiri. Bukan dari sisi pembaca saja, tetapi penulis atau blogger pun sebenarnya bisa menentukan apakah tampilan blog-nya akan menarik pembaca atau tidak. Selain itu, sangat perlu menggunakan template responsive agar halaman blog dapat dibuka baik di laptop, komputer maupun smart phone. Lalu bagaimana caranya agar template blog yang dipilih dapat menarik pembaca dan membuat tampilan blog menjadi lebih menarik?

Sesuaikan dengan Tema Tulisan

Saat ini, trend blogging tidak lagi “ngasal” menulis apa saja yang diinginkan oleh penulis. Penulis harus bisa menentukan topik tulisan secara spesifik untuk blog nya karena dengan adanya mesin pencari dan trend SEO, memiliki topik yang jelas dan spesifik sangat penting bagi blogger. Topik yang spesifik bisa membantu blogger dalam memilih template untuk blog-nya.

Sesuaikan dengan Trend

Menyesuaikan template bisa dilakukan dengan melihat trend desain grafis. Walaupun keduanya tidak berhubungan secara langsung, namun trend desain grafis mempengaruhi pemahaman orang terhadap suatu tampilan grafis.

Sesuaikan dengan Target Pembaca

Target pembaca juga dapat menjadi pertimbangan bagi blogger untuk menentukan template blog-nya. Apabila topiknya seputar bola, maka tidak mungkin apabila template menggunakan warna-warna pink yang identik dengan perempuan karena pastinya mayoritas pembacanya adalah laki-laki. Begitu pun apabila topiknya seputar gaya hidup perempuan, tidak tepat bila menggunakan template hitam karena pembacanya mayoritas perempuan yang lebih cenderung menyukai warna yang fun.

Berikut 4 Template Blog Menarik dan Gratis

Button

Apakah blog Anda mengusung tema fashion, parenting atau interior? Button dapat menjadi pilihan yang tepat bagi blog Anda. Button adalah template blog yang mengusung gaya minimalis dengan hanya menampilkan dua kolom saja. Template ini telah menyediakan ikon media sosial sehingga pembaca bisa dengan mudah untuk share artikel yang Anda tulis di berbagai media sosial. Button juga memungkinkan penulis untuk memiliki lebih banyak pilihan font karena template ini mendukung Google Font.

Pilvia

Apakah Anda mencari template blogger yang bisa ditampilkan dengan bagus baik di komputer, laptop maupun smart phone? Pilvia dapat Anda jadikan pilihan. Pilvia menggunakan jenis template responsive yang memungkinkan blog dapat ditampilkan dengan indah di berbagai alat baik laptop, komputer maupun smart phone. Pilvia bisa digunakan untuk blog pribadi atau bisnis. Anda juga bisa mengatur kebutuhan widget Anda di Pilvia.

Typography

Template ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak suka dengan tampilan yang terlalu ramai dan template ini lebih condong untuk membuat pembaca fokus pada tulisan. Tidak banyak gambar-gambar di template ini sehingga tidak akan mengganggu Anda yang tidak menyukai terlalu banyak gambar. Typography memiliki berbagai pilihan font yang menarik dan nyaman ketika dibaca.

NeoMag

Berbeda dengan Typography yang lebih mengutamakan tulisan, template NeoMag adalah template yang mengutamakan featured image dengan tampilan yang cantik. NeoMag sangat disarankan bagi blogger yang memiliki ketertarikan pada photography. Template ini juga relatif cepat loading karena tidak terlalu banyak konten di dalamnya.

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi dari Alan Creative

Leave a comment