Era Teknologi, Era Komunitas Dan Pemerintah, Berkolaborasi

Disadari atau tidak, keterlibatan masyarakat dalam upaya untuk berpartisipasi dalam perbaikan aspek kehidupan sangat diperlukan. Apalagi saat ini, anak muda tidak lagi sekedar menjadi penonton saja dalam upaya perbaikan taraf hidup masyarakat, tetapu telah terjun langsung melalui berbagai kegiatan yang masif dan manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat secara luas. Aksi-aksi ini dilakukan anak-anak muda dengan membentuk berbagai komunitas yang bergerak dalam berbagai aspek mulai dari lingkungan, disabilitas, hak asasi manusia, pendidikan, dan lain sebagainya. Keberadaan komunitas-komunitas tersebut saat ini dapat dilihat dengan mudah di lini media sosial, dimana komunitas ini mempublikasikan kegiatan yang mereka lakukan dengan memanfaatkan teknologi sehingga masyarakat dapat dengan mudah melihat, menilai dan ikut mempublikasikan. 

Keberadaan komunitas ini seiring berjalannya waktu kian disadari penting keberadaannya oleh pemerintah karena berbagai komunitas menerapkan isu-isu yang coba diterapkan pula oleh pemerintah melalui program dan kegiatannya, sebut saja isu tentang hak asasi manusia, lingkungan, kesehatan, perlindungan perempuan dan anak, dan sebagainya. Komunitas pun telah menjadi bagian yang dipercaya oleh masyarakat dapat melaksanakan kegiatan yang bermanfaat dan memiliki dampak langsung untuk masyarakat sehingga komunitas memperoleh banyak dukungan di masyarakat. Keberadaan komunitas-komunitas tersebut akhirnya dirasa perlu untuk difasilitasi agar komunitas tidak terkesan berjalan sendirian. Pemerintah daerah pun menggunakan pemanfaatan tekonologi melalaui aplikasi yang bisa diakses komunitas sebagai media untuk bertemu secara virtual di media sosial, dengan saling berbagi kegiatan dan berkolaborasi. Berbagai komunitas yang mengangkat isu yang sama bahkan dapat berbagi kegiatan dan kegiatannya dapat dipantau secara langsung. 

Pemerintah dapat bermitra dengan komunitas dalam hal terjun langsung ke masyarakat untuk melaksanakan program dan kegiatan secara lebih masif. Pemerintah pun dapat mendengar aspirasi masyarakat secara langsung melalui perwakilan komunitas. 

Leave a comment