Gagal Upload File JPEG? Simak Cara Mengecilkan File JPEG Online Berikut Ini

Mengirim berkas atau dokumen melalui internet saat ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Mengapa? Karena koneksi internet yang semakin cepat, mengirim file menggunakan internet dinilai lebih efektif dan efisien, serta ramah lingkungan karena meminimalisir penggunaan kertas. Salah satu jenis dokumen yang sering kali menjadi dokumen yang dikirim menggunakan jaringan internet adalah foto/gambar. Berbagai instansi dan lembaga saat ini bahkan menyediakan website khusus untuk keperluan upload dokumen, misalnya pendaftaran SNPMTN, CPNS, dan sebagainya.

Umumnya foto/gambar menggunakan format JPEG atau JPG. Format ini dinilai sebagai format yang tidak berat dibandingkan dengan format gambar/foto lainnya seperti PNG, PSD, dan sebagainya. Namun, terkadang website menentukan ukuran maksimal dokumen yang bisa di-upload seperti 500 MB, 200 MB, dan sebagainya. Lalu bagaimana kalau ukuran file lebih besar dari ukuran yang bisa di upload?

Mengapa Penting Megecilkan Ukuran JPEG/JPG?

Pada kasus ini akan diambil contoh kasus dari pendaftaran CPNS. Pada website portal pendaftaran CPNS, calon peserta diharuskan untuk meng-upload dokumen salah satunya foto dengan format JPEG/JPG. Akan tertera ukuran maksimal dari file yang bisa di upload yaitu 200 MB. Yang terjadi, banyak orang yang gagal dalam meng-upload dokumen ini karena ukurannya yang terlalu besar. Sementara, pendaftaran CPNS memiliki tenggat waktu dan jumlah pendaftarnya ribuan. Akan sangat membuang waktu apabila hanya mencoba sampai dokumen ter-upload. Oleh karena itu penting sekali untuk bisa mengecilkan ukuran dokumen JPEG/JPG.

Cara Mengecilkan Dokumen JPEG/JPG

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengecilkan dokumen JPEG/JPG yang memiliki ukuran file terlalu besar? Ada dua jenis cara mengecilkan dokumen JPEG/JPG yaitu menggunakan cara offline dan online. Cara offline dapat dilakukan ketika Anda sedang berada di depan komputer atau laptop. Namun bagaimana kalau Anda sedang tidak tersedia komputer atau laptop sementara dokumen harus segera dikirim? Inilah saatnya Anda menggunakan cara online untuk mengecilkan dokumen JPEG/JPG.

Ada beberapa website yang bisa diakses untuk keperluan mengecilkan ukuran JPEG/JPG. Bahkan, beberapa website gratis untuk diakses. Apa saja website yang menyediakan jasa compress file JPEG/JPG gratis? Berikut adalah cara mengecilkan ukuran file JPEG/JPG Online.

Iloveimg

Website pertama yang menyediakan layanan gratis untuk mengecilkan ukuran JPEG/JPG adalah Iloveimg. Anda bisa mengunjungi https://www.iloveimg.com/id/ untuk melakukan compress (pengurangan) ukuran JPEG/JPG.

Tampilan awalnya adalah seperti gambar di bawah ini. Untuk mulai compress dokumen, klik Pilih Gambar di kotak warna biru. Apabila file yang ingin Anda pilih ada di memori smart phone, laptop atau komputer, Anda bisa klik Pilih Gambar. Namun, kalau file yang ingin Anda pilih berasal dari Google Drive maka Anda bisa klik ikon di samping kanan atas Pilih Gambar. Atau bila file yang Anda pilih dari Dropbox, maka Anda bisa klik ikon di bawah ikon Google Drive.

Kemudian, setelah klik Pilih Gambar, akan muncul jendela baru untuk memilih file. Klik file JPEG/JPG yang ingin dibuka, kemudian klik Open.

Setelah klik Open, akan terbuka halaman di website seperti ini. Gambar yang Anda pilih akan muncul di tengah-tengah website.

Kemudian, klik Kompres GAMBAR di bagian pojok kanan bawah. Setelah di klik, muncul halaman seperti di bawah ini.

Jika halaman di atas muncul, maka artinya dokumen atau file JPEG/JPG sedang dalam proses compress atau menurunkan ukuran file. Tunggu sebentar hingga muncul halaman di bawah ini.

Bila halaman di atas sudah muncul, artinya file Anda berhasil di compress. Anda dapat melihat berapa ukuran file Anda bisa diturunkan. Contoh di atas ukuran file menyusut menjadi 78% atau dari 1,76 MB menjadi 398,45 KB.

Setelah itu, file yang sudah di compress bisa diunduh baik disimpan ke memori smart phone, laptop atau komputer dengan klik Unduh GAMBAR yang di kompres yang ada di kotak warna biru. Anda juga bisa menyimpannya langsung ke Google Drive, Dropbox dan bahkan bisa membagikan tautan dari proses tersebut dengan klik salah satu ikon di samping kanan Unduh GAMBAR yang di kompres. Atau bila Anda ingin memotong gambar dan pilihan lainnya, Anda bisa klik salah satu ikon di bawah kotak biru.

Compressjpeg

Website kedua yang bisa Anda gunakan untuk compress ukuran file JPEG/JPG dengan tampilan yang mudah dipahami adalah https://compressjpeg.com/id/ . Anda tinggal mengetik https://compressjpeg.com/id/ di mesin pencarian, maka akan muncul halaman awal seperti di bawah ini.

Kemudian, Anda kilik kotak warna hijau dengan tulisan UNGGAH FILE, untuk mengunggah file JPEG/JPG yang ingin Anda compress ukurannya.

Setelah di klik, akan muncul jendela baru dimana Anda bisa memilih file yang ingin Anda compress. Selain dari laptop dan komputer, Anda juga bisa mengakses website ini melalui smartphone Anda dan bisa memilih file di memori smartphone Anda. Kemudian klik Open.

Setelah itu, akan masuk kembali ke halaman website dan muncul halaman seperti ini.

Pada file yang di upload, akan tertera proses upload file. Anda hanya tinggal menunggu saja sampai file ter-upload dengan sempurna. Proses ini juga sekaligus adalah proses compress file.

Setelah file ter-compress, maka di atas file akan tertera angka berapa persen file berhasil di compress. Kemudian, Anda bisa mengunduh file tersebut dengan klik UNDUH di kotak warna orange.

Bila Anda mengompres lebih dari satu file, Anda hanya tinggal mengulangi step upload file di atas. Kemudian agar semua file terunduh bersamaan, Anda bisa klik “UNDUH SEMUA” di kotak warna abu-abu. Maka otomatis file akan terunduh sekaligus.

Mudah bukan? Selain gratis, website di atas juga bisa dibuka melalui smartphone dan memungkinkan Anda melakukan compress file JPEG/JPG dimana saja dan kapan saja. Selamat mencoba.

Source Picture : Technology vector created by gstudioimagen – www.freepik.com

Leave a comment