fbpx

Mau Bikin Webinar? Yuk Ketahui Serba-serbi Webinar

Semakin canggih teknologi, semakin banyak peluang yang bisa digunakan untuk menyebarkan informasi, baik sebagai strategi bisnis atau strategi edukasi. Kalangan anak-anak muda saat ini sangat ramah dan dekat sekali dengan penerapan teknologi di segala bidang. Tak heran apabila, banyak anak muda yang menggunakan teknologi untuk dimanfaatkan dalam bidang yang mereka tekuni.

Istilah seminar mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita, terutama kalangan mahasiswa dan pelajar. Seminar menjadi salah satu acara yang sering diadakan di lingkungan kampus maupun sekolah, sebagai media pembelajaran. Namun, seiring perkembangannya, seminar tidak lagi terbatas di lingkungan pendidikan saja, tetapi juga di kalangan wirausaha dan pebisnis.

Seminar umumnya dilakukan di gedung pertemuan yang diikuti puluhan hingga ratusan peserta dengan membahas tema tertentu. Seminar ada yang gratis ada juga yang berbayar, tergantung siapa narasumber-nya dan benefit apa yang bisa diperoleh oleh peserta. Namun, seiring perkembangan zaman dimana masyarakat sudah semakin dinamis dan dekat dengan teknologi, seminar di gedung tidak lagi ramai peminat. Kemudian muncullah istilah webinar atau web seminar.

Apa Itu Webinar?

Webinar berasal dari kata web dan seminar atau biasa disebut dengan web seminar. Seperti namanya, webinar merupakan gabungan dari dua jenis elemen yaitu website dan seminar. Sebenarnya kedua hal ini memang berada pada dimensi yang berbeda, dimana web atau website berada di dunia maya sedangkan seminar umumnya dilakukan di dunia nyata dimana peserta biasanya datang langsung untuk menonton, bertanya dan berinteraksi. Namun, webinar pada hakikatnya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyebarluaskan suatu informasi atau pengetahuan kepada audiens atau pendengar. Bedanya, webinar menggunakan website sebagai media penyampaiannya. Lalu apa kelebihan menggunakan webinar dari pada seminar offline?

Kelebihan Menggunakan Webinar

Perubahan sosial di masyarakat cukup terasa memasuki era teknologi 4.0, terutama di kalangan muda. Segala sesuatunya menggunakan teknologi dan hal ini mendukung masyarakat untuk bergerak lebih dinamis. Webinar menjadi cara yang cukup efektif untuk bisa mengadakan seminar atau workshop dengan penyesuaian pada perubahan sosial masyarakat yang lebih dinamis. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, dimana masyarakat harus berhadapan dengan kemacetan untuk pergi ke suatu tempat, webinar menjadi media yang tepat bagi masyarakat untuk bisa mengikuti seminar dan workshop tanpa harus bermacet-macetan. Cukup menggunakan media smart phone atau laptop, seminar dan workshop bisa diikuti.

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat Webinar?

Webinar merupakan terobosan baru yang masih cukup segar untuk diterapkan dalam berbagai bidang, baik wirausaha, pendidikan, dan sebagainya. Webinar memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem seminar atau workshop offline yang mengharuskan peserta hadir di suatu tempat. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat webinar?

Materi yang Menarik

Seperti halnya seminar atau workshop offline, pemateri webinar harus memiliki materi yang menarik, agar banyak orang yang tertarik menjadi peserta dan supaya webinar tidak berjalan membosankan. Materi yang disampaikan ketika webinar berjalan, bisa dikombinasikan dengan bentuk presentasi yang menarik seperti power point, animasi, dan presentasi interaktif lainnya.

Sesi Tanya Jawab

Walaupun berbasis online, bukan berarti webinar tidak ada sesi tanya jawab. Dalam webinar bisa disediakan sesi tanya jawab melalui fitur tertentu ketika webinar berlangsung. Tentu saja, sesi tanya jawab ini bisa dilakukan dengan mekanisme tertentu agar sistematis dan teratur. Sesi tanya jawab juga memungkinkan webinar bisa berjalan dengan lebih interaktif.

Buat Mekanisme Pendaftaran

Dalam proses webinar, terdapat mekanisme pendaftaran yang harus dilakukan oleh peserta. Sebagai penyelenggara webinar, mekanisme pendaftaran harus dibuat dengan mudah agar peserta mudah memahami mekanismenya.

Tentukan Harga

Webinar bisa dilakukan dengan atau tanpa biaya, tergantung penyelenggara. Untuk webinar yang memasang harga tertentu, usahakan harga yang diberikan dengan benefit yang diperoleh peserta seimbang. Misalnya, peserta akan memperoleh modul dari materi yang disampaikan, bebas mengakses materi di website selama jangka waktu tertentu, dan lain sebagainya.

Webinar dapat menjadi terobosan yang fresh bagi pelaku usaha, wirausahawan, ataupun akademisi yang memiliki peluang untuk melakukan seminar atau workshop. Webinar memberikan keuntungan kepada penyelenggara karena tidak perlu menyiapkan tempat, konsumsi dan segala akomodasinya. Webinar juga memberikan keuntungan kepada peserta karena peserta dapat mengikuti seminar atau workshop dimana saja dan kapan saja, dengan modal smart phone atau laptop.

Source Picture : Business vector created by rawpixel.com – www.freepik.com

Leave a comment

id_IDID

Kami senang berdiskusi dengan anda!

Dapat konsultasi gratis dengan menghubungi kami via whatsapp atau telpon. Hubungi kami untuk mendapatkan proposal jika project brief (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Chat sekarang!
Butuh Bantuan?
Hai, saya ingin meminta penjelasan selanjutnya