Pengen Jual Skincare Tapi Ngga Punya Toko? Yuk Simak Tips Marketing Online Untuk Usaha Skin Care Mu

Perawatan tubuh bagi perempuan adalah rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan. Mulai dari rambut hingga ujung kaki tidak luput dari perawatan sehari-hari. Salah satu yang penting dari perawatan tubuh perempuan adalah penggunaan skin care, karena wajah dianggap sebagai bagian penting oleh perempuan, mulai dari sabun muka, masker, serum, dan lain sebagainya. Trend penggunaan skin care semakin marak beberapa tahun belakangan seiring perkembangan trend kecantikan, mulai dari trend kecantikan ala Korea, maupun semakin banyaknya youtubers yang melakukan review mengenai produk-produk skincare.

Semakin banyaknya penggunaan skin care dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi kamu yang menyukai dunia kecantikan dan sedikit banyak mengetahui jenis-jenis skin care. Pasar produk skin care saat ini sudah semakin luas, mulai dari anak sekolah, kuliah, pekerja, maupun ibu rumah tangga saat ini menggunakan skin care, baik produk luar maupun produk lokal. Selain itu, saat ini agen atau distributor skin care sudah semakin banyak di Indonesia sehingga untuk memperoleh stock barangnya akan lebih mudah. Apalagi, trend penggunaan skin care saat ini bisa diketahui dengan lebih mudah melalui media sosial.

Dulu, untuk memiliki usaha banyak orang yang terlalu fokus pada lokasi usaha secara fisik seperti toko atau ruko. Namun, seiring majunya perkembangan teknologi, keberadaan toko fisik tidak lagi menjadi masalah yang penting karena berjualan bisa dilakukan secara online. Hal ini tentu saja akan sangat memudahkan dan menguntungkan bagi kamu yang berminat untuk menjalankan usaha skin care secara online.

Lalu, bagaimana caranya agar produk yang kamu jual bisa diketahui banyak orang dan banyak yang membeli? Berikut adalah beberapa tips marketing online untuk menjual produk skin care secara online.

  1. Foto Produk

Masyarakat saat ini semakin intens menggunakan media sosial yang lebih banyak menampilkan visual dari suatu objek baik gambar, foto maupun video. Hal ini yang harus menjadi perhatian karena produk yang kamu jual harus memiliki visualisasi yang menarik. tipsnya, jangan mengambil foto milik orang lain, sebaiknya produk di foto sendiri kemudian di edit dengan menggunkana aplikasi edit foto. Foto produk yang aestetic akan lebih bagus ketika ditampilkan di media sosial seperti Instagram.

  • Gunakan Media Sosial

Mengamati target konsumen menjadi hal yang tidak boleh dilupakan, termasuk media sosial apa yang biasa digunakan oleh target konsumen. Skin care adalah produk yang digunakan oleh perempuan di berbagai tingkatan usia mulai dari anak sekolah, mahasiswi, pekerja maupun ibu rumah tangga, yang pastinya menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang tepat digunakan sebagai media untuk mempromosikan produk skin care adalah melalui Instagram. Instagram dapat digunakan karena memiliki visualisasi yang bagus dan mudah digunakan. Instagram juga menjadi media sosial yang intens digunakan oleh anak muda. Bukan hanya bisa upload produk dengan format foto, tetapi kamu juga bisa mempromosikan produk mu melalui Instastory untuk mereview produk, sehingga calon pelanggan bisa lebih tertarik.

  • Siapkan Promo

Promo juga sangat penting untuk menarik perhatian calon pembeli. Kamu bisa menggunakan strategi promo seperti buy 1 get 1 atau potongan harga. Promo ini bisa dipromosikan melalui media sosial maupun email calon pembeli.

  • Update pada Jam-jam Strategis

Dalam mengakses media sosial, ada jam-jam strategis dimana banyak orang akan lebih sering membuka media sosial. Sebagai pelaku usaha online, memahami jam-jam strategis tersebut penting dipahami agar produk yang dipromosikan lewat media sosial bisa dilihat lebih banyak orang. Jam yang strategis untuk upload produk di Instagram adalah jam 7-9 pagi, jam 12-13 siang, jam 17-20.

  • Buka Toko Online di Aplikasi Jual Beli Online

Selain menggunakan media sosial seperti Instagram untuk mempromosikan produk, bergabung dengan aplikasi jual beli online dapat menjadi cara strategis yang dapat digunakan. Melalui aplikasi jual beli online, kamu bisa lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Selain itu, kamu juga bisa membuat toko mu sendiri di aplikasi jual beli online tersebut dengan meng-upload semua produk yang kamu miliki beserta deskripsi produk.

Berjualan online saat ini menjadi usaha yang menjanjikan dan tidak memerlukan modal yang besar. Selain itu, berjualan online juga bisa memperluas pangsa pasar dan sangat cocok bagi kamu yang ingin berjualan skin care.

Business vector created by macrovector – www.freepik.com

Leave a comment