fbpx

Punya WordPress Tapi Slug Berantakan? Intip Tips Membuat Slug Yang SEO-Friendly Di WordPress

WordPress menjadi salah satu web blogging yang banyak digunakan karena tampilannya yang mudah dimengerti dan situsnya yang muda dikelola. WordPress bisa digunakan untuk menulis blog dalam berbagai topik dengan mudah dan bisa dikelola dengan mudah pula, sekalipun oleh pemula. Mengapa WordPress mudah dikelola dan menjadi rekomendasi web blogging, terutama untuk pemula? Karena WordPress menggunakan manajemen konten (Content Management System), PHP dan MySQL yang terbuka sehingga baik author, pemilik dan editor bisa mengelola web dan publikasi konten tanpa harus mahir dalam bahasa pemrograman tertentu. Lalu, bagaimana kalau sebagai pemula, slug di WordPress masih berantakan?

Apa itu Slug?

Bagi orang awam yang masih pemula dalam mengelola website, termasuk WordPress, istilah Slug mungkin masih asing. Slug sangar populer di kalangan programmer karena Slug sangat penting untuk memaksimalkan website agar mudah ditemukan oleh pengguna di mesin pencari seperti Google. Slug adalah bagian belakang dari alamat web atau URL atau permalink, yang digunakan untuk merujuk pada konten yang lebih spesifik dari suatu website, termasuk WordPress. Penulisan Slug ditulis secara otomatis oleh bahasa pemrograman, dimana setiap kata dipisahkan oleh tanda strip (-).

Slug WordPress

Bagaimana Slug WordPress? Slug yang ada di WordPress sama dengan Slug yang ada di web lainnya. Slug muncul ketika postingan telah disimpan sebagai draft di WordPress atau setelah diterbitkan. Bagi kamu yang masih pemula dalam mengelola WordPress, kamu tidak usah merasa khawatir kesulitan dalam mengatur Slug ini, karena pengaturan Slug di WordPress sangat mudah. Usahakan Slug sesuai dengan judul blog yang telah dibuat agar pengunjung mudah dalam menemukan website di mesin pencari.

Cara Membuat Slug WordPress

Sudah menulis banyak di WordPress tapi viewers masih sepi? Bisa saja karena website tidak dikenal oleh pengguna internet yang mencari melalui mesin pencari. Hal ini bisa disebabkan karena URL tidak mengandung Slug yang spesifik. Lalu bagaimana supaya URL memiliki Slug yang spesifik dan ditemukan di mesin pencari? Berikut adalah Tips Membuat Slug.

  1. Pertama, kamu bisa membuat post di WordPress dengan menulis judul artikel terlebih dahulu. Lalu, simpan judul sebagai draft. Jika judul sudah ditulis dan disimpan sebagai draft maka Slug akan otomatis tertulis sesuai judul.
  2. Kedua, kamu bisa membuat Slug dengan mengubah kategori. Caranya, klik Dashboard lalu klik Post dan klik Categories. Edit Categories sesuai dengan topik artikel. Terakhir klik Update Category.

Cara membuat Slug di WordPress akan lebih maksimal bila Slug yang dibuat mengandung SEO Friendly. Bagaimana caranya?

  1. Sama halnya dengan membuat judul, dalam membuat Slug yang SEO-Friendly gunakanlah slug dengan kalimat yang singkat dan jelas. Mengapa? Agar mudah terbaca dan terlacak di mesin pencari. Slug yang terlalu panjang akan lebih sulit muncul di mesin pencari dari pada Slug yang singkat, padat dan jelas. Oleh karena itu, judul artikel yang dibuat pun harus memiliki judul yang singkat pada dan jelas.
  2. Mengandung Keyword. SEO sangat erat kaitannya dengan keyword atau kata kunci. Kenapa? Karena keyword juga mempengaruhi web bisa muncul di mesin pencari. Oleh karena itu, dalam membuat Slug, buatlah Slug yang mengandung keyword. Keyword yang efektif bisa dicari di berbagai website yang menyediakan jasa tracking keyword.
  3. Kalimat Efektif. Gunakan kalimat efektif dalam Slug agar mudah terbaca oleh mesin pencari. Diusahakan untuk tidak menggunakan kata penghubung.

Walaupun pemula, memiliki WordPress yang bisa muncul di mesin pencari pasti menyenangkan bukan? Tips Membuat Slug SEO-Friendly pasti akan efektif dalam membuat website bisa terlacak dalam mesin pencari.

Source Picture : Blue vector created by slidesgo – www.freepik.com

Leave a comment

id_IDID

Kami senang berdiskusi dengan anda!

Dapat konsultasi gratis dengan menghubungi kami via whatsapp atau telpon. Hubungi kami untuk mendapatkan proposal jika project brief (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Chat sekarang!
Butuh Bantuan?
Hai, saya ingin meminta penjelasan selanjutnya