Tips Marketing Online Lewat Email, Murah dan Efektif

Di era yang serba digital ini, berbagai cara yang dulu sering dilakukan dalam aktivitas promosi kini banyak digantikan dengan teknik promosi digital. Teknik promosi digital digunakan seiring dengan semakin maraknya masyarakat menggunakan teknologi smartphone sehingga terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan fitur di smartphone. Salah satu teknik promosi digital yang digunakan adalah marketing online lewat email.

Email menjadi fitur yang digunakan oleh banyak orang untuk berbagai aktivitas dan kepentingan, baik untuk pekerjaan, pendidikan maupun transaksi keuangan. Apabila dahulu email hanya digunakan untuk mengirim file dan mengirim pesan, saat ini fungsi dan manfaat email sangat luas, termasuk untuk kepentingan promosi bagi perusahaan. Email menjadi cara marketing online yang semakin populer saat ini, diiringi semakin intens nya masyarakat menggunakan email untuk berbagai aktivitas. Apa saja kelebihan marketing online lewat email?

Kelebihan Marketing Online Lewat Email

Minim Biaya

Email adalah fitur yang dapat diakses di semua smartphone dan personal computer (PC). Berbeda dengan cara promosi produk menggunakan pamflet, koran, radio, atau televisi, promosi online lewat email tidak memerlukan kertas, tidak memerlukan kerja sama dengan radio dan televisi, dan tidak perlu mobile, melainkan bisa dilakukan menggunakan akun email dari satu perangkat, yang dapat dibuat di smartphone atau PC. Oleh karena itu, akan minim biaya.

Personal

Email yang dikirimkan kepada calon pelanggan atau pelanggan, dapat dikirim langsung ke akun masing-masing pelanggan. Oleh karena itu, hal ini akan menimbulkan kesan lebih dekat dengan pelanggan/calon pelanggan.

Dapat Mendukung Meningkatnya Traffic Website dan Media Sosial

Email dapat dihubungkan dengan website dan media sosial suatu perusahaan atau produk sehingga pelanggan bisa membuka website dan media sosial suatu produk atau perusahaan melalui email yang diterima. Oleh karena itu penting sekali untuk mencantumkan link website dan media sosial.

Mudah Dimonitor

Efektivitas dan pencapaian target marketing dapat lebih mudah diukur apabila menggunakan email sebagai media marketing. Efektivitas dan pencapaian target dapat dilihat dari berapa banyak email calon pelanggan/pelanggan yang dikirim, berapa banyak email yang dibaca oleh calon pelanggan/pelanggan, berapa kali link di klik, berapa kali web dibuka, berapa banyak sosial media diakses, dan lain-lain. Dari angka-angka tersebut, efektivitas dan target marketing dapat lebih mudah diketahui.

Dapat Menggabungkan Produk dengan Konten

Sering kali, calon pelanggan/pelanggan melakukan riset kecil-kecilan dari suatu produk yang akan mereka gunakan untuk meyakinkan calon pelanggan/pelanggan dalam menggunakan produk tersebut. Hal ini bisa menjadi strategi untuk membuat konten dari produk tersebut. Konten yang dibuat bisa disesuaikan dengan produk yang sedang dipromosikan dengan mencantumkan link website di email.

Langkah-langkah Marketing Online Lewat Email

Setelah mengetahui banyak kelebihan yang bisa diperoleh ketika melakukan marketing online lewat email, apa saja yang harus dilakukan agar marketing online lewat email bisa berjalan dengan baik? Berikut langkah-langkahnya.

Pilih Platform

Memilih platform yang tepat adalah cara pertama yang harus dilakukan. Supaya, proses marketing online bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Isi Body Email

Isi body email harus diperhatikan karena mempengaruhi calon pelanggan/pelanggan dalam mengambil tindakan selanjutnya atau mempengaruhi ketertarikan calon pelanggan/pelanggan dengan produk yang dipromosikan. Isilah body email dengan informasi mengenai deskripsi barang/jasa yang ditawarkan, ada tidaknya diskon, promo atau giveaway. Jangan lupa untuk membuat desain yang menarik.

Data Tidak Terlalu Besar

Data yang terlalu besar akan menyulitkan penerima email untuk membuka email. Hal ini bisa berpengaruh pada ketertarikan mereka dalam membaca email. Bisa-bisa sebelum email terbuka, calon pelanggan/pelanggan sudah menutup email terlebih dahulu karena loading terlalu lama.

Subjek Email yang Menarik

Selain body email, subjek email pun penting diperhatikan. Mengapa? Karena subjek email adalah yang pertama tercantum ketika email masuk. Bila subjek emailnya tidak menarik atau bahkan kosong, penerima email tidak tertarik untuk membukanya. Tulis subjek email dengan kalimat yang menarik seolah-olah sudah dekat dengan calon pelanggan/pelanggan. Gunakan bahasa yang ramah dan tidak terlalu panjang.

Cantumkan Alamat Website dan Media Sosial

Jangan lupa untuk mencantumkan alamat website dan media sosial, agar calon pelanggan/pelanggan mudah untuk mencari informasi tentang perusahaan atau produk yang ditawarkan.

Penutup Email

Penutup email yang baik mencantumkan identitas bisnis seperti nama perusahaan dan link untuk unsubscribe. Identitas bisnis penting dicantumkan karena berkaitan dengan kepercayaan calon pelanggan/pelanggan.

Cara Membuat Marketing Online Lewat Email

Campaign

Hal pertama yang dilakukan adalah merencanakan campaign. Campaign di sini meliputi hal apa saja yang akan disampaikan kepada sasaran email misalnya tentang produk terbaru, diskon, sale, promo, maupun paket hemat.

Kenali Target Market

Jangan lupa untuk mengenali target market. Mengetahui target market sangat penting agar email yang dikirimkan lebih tepat sasaran dan terarah.

Ciptakan Gaya Bahasa yang Khas

Gaya bahasa dalam email sangat berpengaruh pada ketertarikan penerima email untuk membaca email yang diterima. Usahakan untuk memiliki gaya bahasa yang khas, disesuaikan dengan jenis produk apa yang dijual. Misalnya, jika menjual skincare, maka gunakan gaya bahasa ramah dan tidak kaku dan ditambah dengan sebutan khas seperti sister, bunda, mom, girls, dan lain-lain. Gaya bahasa juga akan membuat produk terkesan dekat dengan pelanggan.

Konsisten

Keberhasilan marketing dari suatu produk adalah karena konsistensi. Konsisten untuk melakukan promosi dengan aturan waktu yang teratur dan tepat. Tapi perlu diingat juga, konsistensi bukan berarti mengirim email terus menerus setiap jam, tapi perlu ada strategi dalam menentukan waktu/jam yang tepat untuk mengirim email.

Evaluasi

Email yang telah dikirim harus tetap diamati dan dievaluasi. Apa saja yang harus diamati setelah email terkirim? Ada beberapa hal yang bisa diamati seperti jumlah email yang terkirim. Mengamati jumlah email yang terkirim berguna untuk melihat email mana sajakah yang aktif dan mana yang tidak aktif sehingga untuk email yang tidak aktif tidak perlu dikirim email dalam pengiriman email selanjutnya. Lalu, email yang dilihat. Tidak semua pengguna email membuka email yang masuk, bisa karena tidak aktif menggunakan email dan bisa juga karena tidak sempat atau tidak tertarik. Pengguna email yang mau membuka email adalah sasaran pasar yang menjanjikan untuk dikirim email selanjutnya. Selanjutnya adalah pengguna email yang membuka/klik website. Pengguna email yang membuka website bisa jadi adalah pengguna yang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa membuat tampilan website yang menarik.

Marketing online lewat email adalah cara yang cukup efektif dan efisien, serta murah dan mudah. Banyak perusahaan atau brand besar yang menggunakan cara marketing online lewat email karena saat ini penggunaan email sangat penting dan intens. Sebut saja transaksi bank, tiket kereta, dan lain-lain.

Credit Picture : https://freepik.com

Leave a comment