Tips Membuat Brand Online Shop, Mudah Diingat!

“Toko Maju Jaya”

“Toko Berkah Murah”

“Toko Barokah”

Apa yang terbesit dalam benak Anda ketika membaca nama toko-toko ini? Bagaimana kalau…

“Kopi Kenangan”

“Janji Jiwa”

“Haus!”

“Dunkin Donuts”

Berbeda bukan?

Seperti halnya fashion, nama brand toko juga memiliki masanya sendiri-sendiri. Nama-nama toko seperti Toko Maju Jaya, Toko Berkah Murah, Toko Barokah, dan lain-lain memang pernah tenar pada zamannya. Namun, zaman itu sudah berlalu walaupun sampai saat ini toko-toko dengan gaya nama yang sama masih bisa ditemui sampai sekarang. Toko-toko tersebut umumnya lahir di era tahun 70-an sampai 2000-an ketika internet dan komputer belum banyak digunakan manusia. Lalu bagaimana dengan sekarang?

Sebut saja Kopi Kenangan, sebuah nama brand yang menjual berbagai macam minuman kopi yang sangat tenar saat ini. Mendengar namanya sangat ramah di telinga dan mudah diingat. Bisa saja di balik nama Kopi Kenangan, terdapat makna tersendiri. Saat ini Kopi Kenangan banyak peminatnya dan cabangnya sudah ada di kota-kota besar di Indonesia. oleh karena itu, sangat penting untuk bisa membuat brand yang mudah diingat dan kekinian, terutama bagi Anda yang berencana memiliki online shop.

Online shop saat ini sedang berjaya sebagai sistem pasar yang digunakan dengan memanfaatkan platform digital, termasuk media sosial. Online shop banyak diminati oleh anak-anak muda yang tidak suka waktunya terbuang lama hanya untuk membeli sesuatu. Anak-anak muda sekarang cenderung cepat dan sangat dinamis, sehingga online shop menjadi tempat belanja yang digemari. Tentu saja, memiliki usaha online shop sangat menjanjikan dan peluangnya cukup besar walaupun persaingannya pun cukup tinggi.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memiliki online shop adalah membuat brand online shop. Membuat brand untuk online shop susah-susah gampang. Setidaknya ada beberapa tips membuat brand online shop yang bisa digunakan.

Nama Brand Singkat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anak muda saat ini tidak suka hal yang bertele-tele cenderung dinamis dan cepat. Hal ini bisa diperhatikan dalam membuat nama brand agar tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Cara membuat brand online shop yang singkat adalah dengan menggunakan 1-2 suku kata dan kata-kata tersebut bisa dibuat berirama. Brand yang singkat dan berirama akan memudahkan orang dalam mengingatnya dan mencari online shop baik di sosial media atau di google.

Unik dan anti-mainstream

Anak-anak muda di era sekarang sangat suka segala sesuatu yang unik dan anti mainstream. Hal ini bisa dijadikan referensi dalam membuat brand online shop Anda. Nama yang unik dan anti-mainstream secara tidak langsung akan menaikkan branding online shop Anda sebagai online shop yang unik dan lain dari pada yang lain.

Original

Tips yang berikutnya adalah originalitas. Brand yang original penting karena berkaitan dengan kepercayaan konsumen. Brand yang original juga akan menghindarkan pelaku usaha plagiat karya orang lain. Originalitas dapat dicapai dengan tidak mencontoh atau merombak brand lainnya dan tidak digunakan oleh brand lainnya. Anda bisa melakukan pengecekan nama brand melalui media sosial atau Google.

Mudah Dieja

Banyak pelaku online shop yang ingin nama brand-nya se-original mungkin dan se-unik mungkin. Namun, karena sangat ingin nama brand-nya unik, nama brand malah menjadi susah untuk dihafal dan sulit dieja. Padahal brand online shop yang mudah dieja akan lebih mudah pula diingat dan dicari di media sosial dan Google. Nama brand yang tidak mudah dieja bisa menyebabkan konsumen menjadi typo ketika mencarinya di media sosial, sehingga tidak ketemu. Akan sangat rugi apabila brand susah ditemukan di media sosial, karena saat ini media sosial menjadi rujukan utama untuk mencari brand.

Tidak Menggunakan Tanda Baca

Keberadaan tanda baca memang sangat penting dalam suatu kalimat. Namun, untuk urusan brand, tanda baca sebaiknya dihindari. Hal ini untuk mencegah konsumen typo dalam mencarinya.

Filosofis

Brand terkadang perlu alasan filosofis di balik brand tersebut. Alasan filosofis bisa menguatkan brand tersebut apalagi bila alasan filosofisnya sangat berhubungan dengan brand tersebut.

Source Picture : Business vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Leave a comment