Tips Mendapatkan Uang Dari Hobi Menulis Di Blog

Ada banyak jalan menuju Roma, katanya. Peribahasa ini cocok untuk mengumpamakan bahwa ada banyak jalan untuk bisa memperoleh uang, tentu saja dengan cara yang baik. Banyak orang yang menghabiskan waktu lebih dari 8 jam sehari untuk bekerja demi memperoleh pemasukan. Banyak juga orang yang bekerja selama 8 jam sehari tanpa menyukai apa yang dikerjakan. Tentu saja pekerjaan semacam ini tidak nyaman untuk dilakukan. Lalu, memang ada bekerja dengan bahagia dan menyenangkan?

Kata orang, bekerja yang membahagiakan adalah ketika bisa melakukan pekerjaan karena hobi. Bekerja karena hobi layaknya hobi yang dibayar, dan tentu saja bekerja karena hobi pasti tidak akan membuat beban. Lalu, hobi apa sih yang bisa mendatangkan uang?

Di era yang semuanya serba canggih dan serba digital, banyak pekerjaan yang kemudian lahir dan semakin tenar. Banyak orang yang berebutan untuk bisa bekerja di bidang-bidang yang sangat bersinggungan dengan teknologi, salah satunya adalah menulis.

Menulis, memang terdengar sepele. Siapa sih di dunia ini, di era yang sudah maju ini tapi tidak bisa menulis? Sepertinya hampir tidak ada ya. Tapi menulis disini bukan sekedar menulis PR atau tugas sekolah. Hobi menulis yang dimaksud di sini adalah menulis dengan memanfaatkan teknologi, yaitu menulis artikel melalui website atau biasa disebut dengan blogging.

Memangnya menulis di website bisa mendatangkan uang? Tentu saja bisa, apabila penulis tau cara mendapatkan uang dari hobi menulis di blog atau website. Apa saja caranya? Simak Tips Mendapatkan Uang Dari Hobi Menulis di Blog berikut ini.

Menulis di Blog

Kenapa harus menulis di blog? Karena blog adalah media yang cukup efektif untuk bisa membuat tulisan dikenal luas. Selain itu, blog adalah platform yang di dalamnya memungkinkan orang untuk memasang iklan, tentu saja iklan inilah yang akan mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk si penulis. Salah satu blog yang dapat digunakan adalah WordPress. WordPress menjadi blog yang recommended untuk digunakan sebagai media blogging karena WordPress sangat mudah dikelola. WordPress juga bisa diperoleh secara gratis dan lamannya bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan penulis. Tulisan di WordPress juga dapat dibagikan melalui media sosial.

Tentukan Topik yang Menarik dan Bermanfaat

Hal yang harus dipikirkan sebelum mulai menulis adalah menentukan topik yang dapat menarik pembaca dan bisa mendatangkan manfaat untuk pembaca. Caranya, penulis harus sering-sering membaca, baik di buku maupun internet untuk mengetahui topik-topik yang menarik dan sedang trend. Topik yang sedang trend bisa membuat pembaca merasa membutuhkan untuk mencari informasi mengenai topik tersebut, sehingga orang yang mengunjungi blog penulis akan terus bertambah. Nama dan blog penulis pun akan cepat dikenal banyak orang.

Judul yang Menarik

Setelah menentukan topik tulisan, menentukan judul menjadi hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Mengapa? Karena yang pertama dibaca oleh pembaca tentu saja judul tulisan, apakah sesuai dengan yang pembaca cari atau tidak. Selain itu, pembaca juga terkadang menyukai tulisan karena judulnya unik dan menarik sehingga mendorong pembaca untuk membuka tulisan tersebut.

Buat Tulisan yang Berkualitas

Setelah topik dan judul, isi tulisan haruslah menarik. tulisan yang menarik bisa berasal dari tulisan yang terstruktur, tidak out of topic dan tidak membosankan. Kemampuan menulis bisa diperoleh dengan banyak membaca, karena hal ini akan mendorong penulis untuk mengetahui lebih banyak kosa kata.

Gunakan Teknik Keyword dan SEO

Tulisan yang dibuat tentu saja tidak boleh asal-asalan karena pembaca bisa saja tidak berminat. Lalu, bagaimana supaya tulisan bisa mendatangkan uang? Kombinasi antara tulisan dengan penggunaan keyword dan SEO sangat penting, apalagi di zaman yang serba digital seperti saat ini. Penggunaan keyword dan teknik SEO yang tepat bisa membuat tulisan mudah dilacak di Google sehingga pembaca bisa menemukan artikel yang dibutuhkan dengan mudah.

Penggunaan keyword bisa dicari melalui website yang menyediakan keyword seperti Ubersuggest dengan alamat website  https://app.neilpatel.com/en/ubersuggest/ .

Website Ubersugget untuk mencari keyword

Di web ini, penulis bisa memilih keyword apa yang paling sesuai dan dapat mengetahui volumenya.

Setelah menentukan keyword, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan SEO. Teknik SEO adalah teknik yang digunakan untuk membuat website penulis berada di halaman pertama Google dan berada di urutan atas website yang ditampilkan di halaman pertama Google.

Penggunaan teknik SEO bisa penulis jalankan sendiri atau bisa dibantu oleh Alan Creative untuk menentukan teknik SEO yang efektif. Teknik SEO berkaitan dengan jumlah traffic pengunjung website dan bagaimana persaingannya dengan website lainnya. Agar teknik SEO ini semakin efektif digunakan untuk membuat web berada di halaman pertama Google, Alan Creative dapat menggunakan software penunjang lainnya.

Manfaatkan Sosial Media

Saat ini, keberadaan sosial media tidak hanya digunakan untuk update aktivitas sehari-hari saja, tetapi juga bisa digunakan untuk menyebarluaskan atau mempromosikan tulisan penulis. Penulis bisa menggunakan sosial media seperti Instagram untuk membuat konten yang berhubungan dengan tulisan yang dibuat di WordPress. Penulis juga bisa mengatur agar pengunjung Instagram nya mau membuka website dengan meletakkan alamat website di bio Instagram.

Contohnya, apabila penulis adalah seorang blogger traveler, penulis bisa share foto ketika traveling melalui Instagram dengan menuliskan caption yang berhubungan dengan pengalamannya di perjalanan. Kemudian penulis bisa menuliskan alamat blog nya di caption agar followers bisa membaca ceritanya dengan lebih cepat.

Gunakan Google Ads untuk Memasang Iklan

Blog yang dimiliki penulis dapat digunakan sebagai media untuk memasang iklan. Tentu saja, untuk bisa memperoleh iklan dari suatu brand, pengunjung website haruslah banyak dan website penulis menjadi website yang direkomendasikan Google untuk suatu topik pencarian tertentu. Iklan yang ditampilkan di website akan dikenakan biaya dan penulis bisa memperoleh uang dari biaya yang dibebankan kepada pemasang iklan.

Membuka Endorsement

Saat ini trend endorsement sedang trend di kalangan artis dan selegram. Tentu saja, penulis tidak perlu menjadi artis atau selegram terlebih dahulu untuk dapat membuka jasa endorsement. Asal viewers blog penulis sudah banyak, penulis bisa membuka endorsement untuk berbagai produk. Caranya adalah dengan me-review produk tersebut melalui tulisan yang di publish di blog. Penulis akan mendapatkan fee dari setiap produk atau brand yang di review. Saat ini, patokan harga untuk endorse produk bisa sangat tinggi tergantung seberapa banyak viewers dari blog penulis.

Menjadi penulis saat ini tidak lagi harus menunggu hingga bisa menerbitkan sebuah buku untuk bisa menghasilkan uang. Memanfaatkan teknologi dan platform yang sudah ada dapat menjadi cara yang efektif untuk ditempuh.

Source Picture : Business vector created by freepik – www.freepik.com

2 Comments

Leave a comment