Yakin Website Anda Sudah Masuk Indeks Google?

Google Index

Sudah tau belum apa itu Google Index? Google Index adalah database yang berisi informasi mengenai halaman website, dari proses crawling hingga indexing dengan menggunakan Googlebot. Apabila website tidak masuk dalam Google Index, website tidak akan muncul dalam halaman pencarian. Jika website tidak muncul pada halaman pencarian, maka website juga tidak bisa muncul pada halaman pertama pencarian Google. Oleh karena itu, jika ingin website muncul pada halaman pertama pencarian Google, website harus masuk indeks google terlebih dahulu.

Bagaimana caranya?

Cek Dahulu

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah website Anda sudah masuk dalam Google Indeks adalah dengan mengeceknya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, yaitu Anda tinggal mengetikkan saja di halaman pencarian Google dengan “site: websiteanda.com”.

Apabila website Anda sudah masuk dalam Google Index, maka akan muncul halaman seperti di atas.

Gunakan Google Console

Google Console digunakan untuk melihat kinerja website. Alat ini gratis digunakan dan cara kerjanya adalah dengan crawling ke website menggunakan Googlebot.

Gunakan Sitemap XML

Sitemap XML adalah berisi daftar website yang ditujukan pada mesin pencari agar website lebih mudah ditemukan. Penggunaan Sitemap XML bisa berefek pada website untuk lebih mudah di indeks.

Gunakan Sitemap HTML

Sitemap HTML berfungsi untuk memudahkan pengunjung melakukan navigasi di website Anda, misalnya ke bagian kontak atau bagian website lainnya.

Gunakan Robot.txt

Dalam meng-indeks website, tidak semuanya bagian dalam website perlu indeks apalagi bila di website Anda ada konten duplikat. Robot.txt ini memungkinkan Anda untuk memilih halaman mana yang bisa di indeks, sehingga bisa meringankan beban website. Selain itu Robot.txt juga berfungsi menghalangi Googleboots dalam mengindeks halaman yang tidak perlu di indeks.

Kelola Konten

Selain menggunakan cara-cara yang di atas, konten juga sangat berpengaruh pada website Anda bisa masuk dalam Google Indeks. Caranya :

  • Membuat konten saja tidak cukup untuk bisa membuat website Anda bisa di indeks oleh Google. Konten yang dibuat harus lah konten yang menarik dan berkualitas.
  • Selain membuat konten yang menarik dalam membuat konten juga harus memperhatikan kapan konten dipublikasikan. Oleh karena itu, konten yang dibuat harus dipublikasikan secara rutin.
  • Membuat trend yang relevan dengan trend pencarian saat ini supaya lebih sering di-crawling.
  • Menggabungkan konten yang satu dengan konten yang lain menggunakan internal link. Internal link selain berfungsi untuk menghubungkan juga berfungsi supaya konten yang dibuat tidak terlalu panjang tetapi setiap konten bisa berhubungan satu dengan yang lainnya. Hal ini supaya pembaca tidak jenuh dalam membaca tulisan Anda di website.
  • Membuat kategori untuk konten yang diterbitkan agar Googlebot bisa menjelajah website dengan lebih efisien.

Source Picture : People vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Leave a comment