Yuk kenali Struktur dan Fungsi Jabatan Inti pada Sebuah Startup yang Perlu Kamu Ketahui

Siapa yang tidak mengenal istilah startup. Apalagi sejak hadirnya banyak perusahaan-perusahaan rintisan yang kini menjadi unicorn bahkan Decacorn. Walau merupakan perusahaan yang baru dirintis, penting bagi startup untuk memiliki struktur organisasi guna mendefinisikan peran dan tanggung jawab setiap individu dalam perusahaan tersebut. Mengutip dari buku StartupPedia karangan Anis Uzzaman, idealnya, semua startup yang sukses memiliki enam anggota inti: CEO, CTO, CFO, WP Pemasaran/Penjualan, CMO, dan COO. Berikut ini Alan Creative coba rincikan fungsi dari masing-masing anggota inti tersebut:

CEO (Chief Executive Officer)

Pemimpin startup dan bertindak sebagai perwakilan perusahaan tersebut.

Tanggung jawab CEO meliputi:

  • Merancang dan mengomunikasikan visi perusahaan
  • Memotivasi anggota tim
  • Merekrut anggota tim
  • Meramalkan tren pasar
  • Menguraikan strategi bisnis perusahaan
  • Membangun hubungan dengan investor
  • Mengatur pembiayaan dan anggaran

CTO (Chief Technical Officer)

Orang yang bertanggung jawab pada kualitas akhir, karena ia mengelola tim engineer selama prosesnya. CTO juga penting untuk bertindak sebagai ahli teknologi dan seorang pemimpin.

  • Menyatukan pengembangan produk
  • Memahami perkembangan teknologi saat ini dan pengadopsiannya
  • Mengelola pengembangan produk

CFO (Chief Financial Officer)

Orang yang bertanggung jawab atas pelaporan, penggalangan dana, dan penganggaran. Pada tahap awal sebuah startup, ia juga bertanggung jawab pada penggajian dan sumber daya manusia.

Tanggung jawab CFO meliputi:

  • Membentuk strategi penggalangan dana
  • Membuat keputusan yang berhubungan dengan sumber daya manusia
  • Merumuskan dokumen keuangan
  • Membahas kesehatan keuangan perusahaan dengan CEO

WP Penjualan (Wakil Presiden Penjualan)

Orang yang memiliki peran penting untuk menghasilkan keuntungan.

Tugas-tugas utama dari WP Penjualan adalah:

  • Menghasilkan keuntungan
  • Mengembangkan strategi pemasaran dengan CMO
  • Memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan nilai tambah yang menarik

CMO (Chief Marketing Officer)

Orang yang bertanggung jawab mengembangkan strategi pemasaran perusahaan. CMO meliputi kehumasan, riset pasar, dan pencitraan. CMO bertanggung jawab menciptakan “wajah” perusahaan di depan pihak luar.

Tanggung jawab CMO meliputi:

  • Mengembangkan strategi pemasaran
  • Melaksanakan riset pasar
  • Pencitraan
  • Menciptakan kampanye kehumasan

COO (Chief Operating Officer)

Orang yang bertanggung jawab atas operasional internal perusahaan, seperti operasional kantor, karyawan, hingga bisnis.

Tanggung jawab COO meliputi:

  • Mengatur perusahaan
  • Bertindak sebagai penghubung antara karyawan dan CEO
  • Mengatur bisnis inti

Apakah semua itu perlu?

Jawabannya adalah iya dan tidak, karena struktur tergantung dari tipe dan tahapan perusahaan. Tidak, apabila sebuah startup masih dalam tahap awal, semua posisi di atas belum terlalu diperlukan. Karena pada tahap awal, CEO lah yang akan melaksanakan semua tanggung jawab yang dijelaskan di atas. Sedangkan, iya, apabila sebuah startup sudah berada di tahap menengah ke atas seperti setelah mendapat investasi. Pada tahap tersebut, sebuah startup biasanya akan lebih gencar merekrut pegawai baru untuk mengembangkan dan memasarkan produk mereka. Pada saat itu, investor juga akan masuk ke dalam perusahaan tersebut sebagai Board of Director atau Dewan Direksi.

Leave a comment