Halo, Alan Lovers! Bikin iklan di Facebook memang kelihatannya gampang. Tinggal pasang gambar, tulis caption, kasih budget, dan selesai! Akan tetapi, kalau tidak dilakukan dengan strategi yang tepat, bisa-bisa iklan kamu bisa boncos alias rugi tanpa hasil yang maksimal. Nah, biar iklan kamu lebih efektif, yuk hindari kesalahan-kesalahan berikut ini agar iklan kamu tampil optimal!

1. Target Audiens Terlalu Luas atau Terlalu Sempit
Salah satu kesalahan paling umum adalah nggak menentukan target audiens dengan tepat. Kalau terlalu luas, iklan kamu bisa menjangkau orang yang nggak relevan. Sebaliknya nih, kalau terlalu sempit, potensinya jadi terbatas. Gunakan fitur “Detailed Targeting” di Facebook Ads untuk menyaring audiens berdasarkan minat, demografi, dan perilaku. Lakukan A/B testing untuk menemukan target yang paling cocok.
2. Konten Iklan Kurang Menarik
Visual dan Copywriting adalah kunci dalam iklan digital. Kalau gambar atau video yang dipakai kurang menarik, serta teksnya nggak meyakinkan, calon pelanggan pasti skip begitu saja. Buat desain visual yang eye catching dan gunakan teks yang singkat, jelas, serta memancing rasa penasaran. Coba gunakan format video pendek karena lebih menarik dibanding gambar status.
3. Call to Action Kurang Jelas
Pernah lihat iklan yang menarik tapi nggak tahu harus ngapain setelahnya? Itu karena call to action nya kurang jelas. Tanpa call to action yang tepat, audiens mungkin tertarik, tapi nggak tahu langkah selanjutnya. Gunakan call to action yang spesifik dan action oriented seperti: Beli Sekarang, Daftar Gratis, Coba Sekarang.
4. Budget yang Nggak Sesuai
Beberapa orang langsung menggelontorkan budget besar tanpa testing terlebih dulu. Ada juga yang pasang budget terlalu kecil, sehingga iklannya nggak cukup tersebar. Mulai dengan budget kecil untuk A/B testing, lalu tingkatkan secara bertahap berdasarkan performa iklan.
5. Tidak Menganalisis Performa Iklan
Iklan bukan soal pasang dan lupakan. Banyak orang membiarkan iklan berjalan tanpa mengecek performanya, padahal ini bisa jadi kesalahan fatal. Gunakan Facebook Ads Manager untuk melihat analisis metrik agar kamu bisa tahu apakah iklan perlu dioptimasi atau tidak.
Nah, sekarang kamu udah tahu kesalahan-kesalahan yang harus dihindari saat bikin iklan di Facebook. Kalau kamu butuh bantuan profesional untuk mengelola iklan digital yang efektif dan menguntungkan, Alan Creative siap membantu! Tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi Alan Creative sekarang dan tingkatkan strategi digital marketing kamu sekarang juga!
Baca Juga: 3 Keuntungan Jasa Iklan Digital Marketing Untuk Bisnis UMKM