fbpx
Email Marketing | Source pict Unsplash

CPM, CPC, CTR? Yuk, Kenalan Sama Istilah Penting di Iklan Digital!

Halo, Alan Lovers! Pasti buat yang mulai mempelajari soal periklanan ada banyak hal yang perlu dipelajarin dong, nah salah satunya itu istilah. Istilah-istilah itu ada banyak terutama di jenis iklan digital. Nah, penting banget nih buat kamu yang lagi belajsr soal iklan digital buat paham apa aja sih istilah yang ada di iklan digital. Hmm, hanya saja kita bakalan bahas mengenai istilah CPM, CPC, dan CTR. Penasaran enggak? Yuk, langsung simak aja penjelasan berikut ini!

Canva | Source pict by Unsplash

1. CPM (Cost Per Mille/Thousand)

CPM itu singkatan dari Cost Per Mille. Nah, Mille di sini berasal dari bahasa latin yang artinya seribu. CPM adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap seribu tayangan iklan. Kalau mau lebih sederhananya nih, coba bayangin kamu pasang iklan banner di sebuah website nih terus setiap iklan kamu tampil ke pengguna meskipun enggak diklik, itu dihitung sebagai satu tayangan atau impression. Nah, CPM ngasih kamu gambarab berapa biaya yang kamu keluarkan untuk seribu kali tampilan tersebut.

CPM biasanya cocok buat kamu yang punya tujuan ngebangun brand awareness alias pengen orang sebanyak mungkin tahu tentang produk kamh.

2. CPC

CPC adalah singakatan dari Cost Per Click. Nah, kalau yang ini kamu hanya bayar kalau iklan kamu bemar-benar di klik oleh orang. Jadi, enggak peduli berapa banyak iklan kamu tampil, yang dihitung itu hanya ketika ada yang mengkliknya.

Strategi ini cocok buat kamu yang oengen dapat kunjunhan ke website, unduhan aplikasi, atau klik ke WhatsApp. Intinya, kalau kamu pengen interaksi langsung dari audiens, CPC bisa jadi pilihan yaang lebih tepat.

3. CTR

CTR itu singkatan dari Click Through Rate, ini adalah presentase orang yang melihat iklan kamu dan memutuskan untuk mengklik. Cara menghitungnya itu:

CTR= (Jumlah Klik ÷ Jumlah Tayangan) × 100%

Nah, CTR itu srring loh jadi indikator seberaoa efektif iklan kamu. Kalau CTR nya rendah, bisa jadj karena judul kurang menarik, desainnya kurang bagus, atau target audiensnya kurang pas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan istilah-istilah apa saja yang ada di iklan digital? Istilah dari ketiganya tentu saja. Nah, sekarang kamu sudah mendapat pengetahuan baru mengenai iklan digital, jangan lupa buat diterapkan ya.

Buat kamu yang kepengen buat iklam digital tapi malas bikinnya, yuk coba tengok Alan Creative! Di sana terdapat banyak layanan yang bisa banget bikin konten kamu berkualitas, bagus, dan berkembang. Dimulai dari layanan pembuatan konten, desain visual, hingga strategi marketing juga ada bahkan pembuatan aplikasi dan website juga ada. Lengkap, komplit, dan pastinya berkualitas.

Tunggu apalagi? Yuk, hubungi Alan Creative sekarang juga!

Baca juga: CTR Anjlok? Mungkin Headline Kamu Kurang Greget

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

en_USEN

Konsultasi dengan Expert Alan Creative biar OMZETmu meroket!!!

Konsultasi sekarang bersama Alan Creative mengenai pembuatan website agar omzetmu meroket.