Halo, Alan Lovers! Pernah ngerasain enggak sih rasanya susah banget buat gaet pelanggan biar mereka bisa beli produk kita? Pasti dong. Nah, biasanya para marketer itu gunakan berbagai banyak cara atau strategi buat bisa jangkau banyak pelanggan. Ada nih salah satu strategi yang terbilang unik, bisa banget digunakaan buat menciptakan pengalaman yang melibatkan konsumen bukan hanya dalam transaksi, tapi secara aktif juga ngelibatin emosi mereka. Lah, gimana itu? Strategi apa itu? Nama strateginya Experiential Marketing. Yuk, coba simak penjelasan berikut ini!
Apa Itu Experiential Marketing?

Pemasaran Eksperiensial (Experiential Marketing) adalah sebuah strategi pemasaran yang fokusnya itu menciptakan pengalaman unik dan berkesan bagi konsumen, sehingga mereka dapat terhubung secara emosional dengan suatu merek. Bukan hanya menawarkan produk dan jasa saja, experiential marketing juga punya tujuan untuk melibatkan konsumen secara aktif dalam pengalaman yang melibatkan panca indra dan emosi mereka.
Cobtohnya kayak kampanye mengajak followers berinteraksi, video behind the scenes proses produksi, sampai pop up store yang bikin pengunjung bisa coba produk secara langsung.
Manfaat Experential Marketing
1. Meningkatkan Brand Awareness
Pengalaman yang berkesan dapat membantu brand lebih mudah buat diingat oleh kalangan masyarakat. Kalau brandingnya bagus, bukan tak mungkin konsumen juga mempromosikan dari mulut ke mulut mengenai brand kamu kepada teman-temannya.
2. Membangun Hubungan Emosional
Interaksi langsung yang tercipta dan pengalaman positifnya dapat memperkuat ikatan emosional antara konsumen dan merek.
3. Meningkatkan Loyalitas
Konsumen yang memiliki pengalaman positif cenderung loyal dan bisa balik lagi buat repeat order. Selain itu, ya mereka merasa sudah klop dengan kualitas produk sebuah brand dan bakal lebih spend banyak semisal sebuah brand juga menaikkan harganya.
Kenapa UMKM harus Coba Strategi Ini?
- Modalnya fleksibel, bisa disesuaikan dengan budegt UMKM.
- Meningkatkan loyalitas karena pelanggan merasa dilibatkan.
- Berpotensi viral, apalagi kalau pengalaman yang diberikan unik dan shareable.
- Cocok banget buat bangun awareness dan engagement dj media sosial.
Nab, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu experiential marketing dan trik apa saja yang bisa kamu terapkan? Cobain deh terapkan beberpaa strategi di atas barangkali ini works untuk membantu penjualan UMKM kamu makin laris. Jangan nanti-nanti, mulai langsung dicoaba dari sekarang.
Buat kamu yang kepengen buat konten tapi malas bikinnya, yuk coba tengok Alan Creative! Di sana terdapat banyak layanan yang bisa banget bikin konten kamu berkualitas, bagus, dan berkembang. Dimulai dari layanan pembuatan konten, desain visual, hingga strategi marketing juga ada bahkan pembuatan aplikasi dan website juga ada. Lengkap, komplit, dan pastinya berkualitas.
Tunggu apalagi? Yuk, hubungi Alan Creative sekarang juga!
Baca juga: Cuan Besar? Intip Rahasia Sukses Social Media Marketing Agency!