fbpx
Penerapan VR di Bidang Pendidikan, Seperti Apa?

Penerapan VR di Bidang Pendidikan, Seperti Apa?

Halo, Alan Lovers! Penerapan VR di bidang pendidikan menjadi salah satu contoh kemajuan teknologi masa kini. Seperti apa kira-kira? Temukan jawabannya melalui artikel ini.

Secara sederhana, VR (Virtual Reality) merupakan salah satu teknologi yang mampu menciptakan lingkungan digital di dunia nyata dengan bantuan beberapa perangkat khusus.

Tidak hanya diterapkan dalam dunia game, kini teknologi VR telah merebak ke bidang pendidikan. Tentunya, hal ini menjadi pertanda bahwa teknologi memiliki peranan penting dalam segala aspek kehidupan manusia.

Baca Juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan AR dan VR https://alan.co.id/jangan-salah-ini-perbedaan-ar-dan-vr

Contoh Penerapan VR di Bidang Pendidikan

Jauh sebelumnya, dunia telah digemparkan dengan adanya pandemi yang memaksa segala aktivitas untuk dilakukan di rumah. Dengan begitu, segala aktivitas di bidang pendidikan seperti belajar dan mengaja, hingga prosesi kelulusan menjadi terhambat.

Dalam situasi seperti ini, teknologi memiliki peranan penting agar seluruh aktivitas tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Lebih lanjut, salah satu contoh teknologi yang bisa digunakan adalah VR (Virtual Reality).

Penerapan VR di Bidang Pendidikan, Seperti Apa?
Penerapan VR di Bidang Pendidikan, Seperti Apa? (Sumber: Unsplash)

Sebagai contoh, salah satu institut terkemuka di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) prodi Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM-ITB), menerapkan prosesi wisuda dengan teknologi VR (Virtual Reality).

Adapun, prosesi wisuda virtual ini menggunakan teknologi VR yang dikembangkan menggunakan platform mozila hub dan unity web based.

Dengan begitu, para peserta didik masih bisa berinteraksi menggunakan teknologi VR layaknya interaksi sehari-hari.

Di lain sisi, teknologi VR juga telah diterapkan dibeberapa bidang pendidikan lainnya seperti simulasi perawatan dan prosedur medis untuk memberikan pengalaman realistis bagi calon dokter ataupun perawat.

Kelebihan VR di Bidang Pendidikan

Setelah melihat penjelasan di atas, VR juga memiliki kelebihan lainnya untuk membantu proses pembelajaran. Berikut di antaranya:

Simulasi yang Aman

Tak bisa dipungkiri, hadirnya teknologi VR dapat membuat segala aktivitas manusia menjadi lebih efisien. Salah satunya, penerapan simulasi bagi para calon dokter atau perawat.

Dengan VR, para calon dokter dapat melakukan pelatihan medis tanpa perlu menghadirkan pasien nyata. Dengan begitu, risiko munculnya hal-hal yang tidak diinginkan menjadi semakin kecil.

Menambah Daya Ingat

Anda pasti setuju, bahwa praktik membuat segala materi dapat mudah diingat. Dengan pengalaman layaknya di dunia nyata yang ditawarkan oleh VR, para siswa menjadi lebih mudah untuk mengingat segala proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Menghemat Biaya

Di lain sisi, teknologi VR juga bisa membantu para siswa untuk menjelajahi berbagai tempat tanpa harus mengeluarkan biaya. Sebagai contoh, para siswa bisa mempelajari mengenai sejarah arena gladiator di Italia tanpa harus mendatangi colosseum secara langsung.

Kesimpulan

Nah, itu tadi merupakan beberapa cotoh penerapan VR di bidang pendidikan. Tak bisa dipungkiri, hadirnya teknologi virtual reality dapat membuat seluruh aktivitas di bidang pendidikan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.

Yuk ketahui lebih lanjut mengenai perkembangan teknologi digital di seluruh dunia melalui artikel yang ada di Alan Creative. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui tips dan trik mengenai teknolgi yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Tunggu apa lagi? Cek sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

7 Fitur Zenius yang Wajib Kamu Ketahui!

7 Fitur Zenius yang Wajib Kamu Ketahui!

Hi Alan lovers, Zenius adalah sebuah platform pembelajaran online yang populer di Indonesia. Dengan ribuan video pembelajaran interaktif, latihan soal, try out online, forum diskusi,

en_USEN

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative