Halo, Alan Lovers! Siapa yang pernah terkena jebakan clickbait? Niatnya cuma scroll sebentar, eh malah terjebak nonton video atau baca artikel yang sebenarnya tidak memberikan informasi yang berguna. Tahu Clickbait, kan? Clickbait itu salah satu teknik pemasaran berbentuk tulisan yang berlebihan yang berguna untung memancing perhatian. Clickbait itu ibarat umpan pancing, kelihatannya menarik, tapi sering kali tidak sesuai dengan ekspektasi. Meski begitu, tetap banyak orang yang tidak bisa menolak untuk mengklik. Nah, berikut ini lima jenis konten clickbait yang selalu berhasil menarik perhatian!

1. Judul yang Super Lebay
Contoh judulnya seperti “Kamu Nggak Akan Percaya Apa yang Terjadi Selanjutnya!” Atau “Stop! Hanya 1% Orang yang Bisa Menyelesaikan ini, Apa Kamu Termasuk?”
Pernah melihat judul-judul tersebut? Biasanya, isinya itu tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Akan tetapi, herannya karena rasa penasaran, kita tetap saja klik dan menonton atau membaca.
2. Thumbnail yang Menggoda
Kamu pernah lihat tidak video dengan Thumbnail yang bikin penasaran? Misalnya, ada ekspresi wajah kaget dengan lingkaran merah atau tanda panah yang menunjuk sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting. Trik ini sering banget dipakai YouTuber biar videonya ditonton oleh lebih banyak orang.
3. Cerita yang Seolah-olah Real, Padahal…
Pernah baca judul yang seperti ini, “Kisah Nyata! Pria Ini Mendapatkan Rp1 Milliar dari Bermain Game!” Setelah ditonton, ternyata isinya cuma iklan terselubung atau cerita yang sengaja dilebih-lebihkan. Meski tahu ini bisa jadi bohong, herannya tetap saja banyak yang penasaran dan menonton. Apa kamu termasuk juga?
4. Tantangan atau Eksperimen yang Clickbait Banget
Judul-judul seperti, “Saya Coba Hidup Tanpa HP Selama 30 Hari, Ini yang Terjadi! atau “Makan Mie Pedas Level 100, Apa yang Akan Terjadi?”
Nah, konsep kayak gini sering bikin kita penasaran. Padahal, sering kali hasil akhirnya ya biasa aja, tapi tetap seru buat ditonton.
5. Rahasia yang dibongkar
Judul-judul seperti, “Aktor Terkenal Ini Ternyata Punya Kebiasaan Aneh!” Setelah diklik, ternyata isinya cuma fakta biasa yang dibesar-besarkan. Kalian pernah menemukan yang seperti ini? Meski begitu, judul seperti ini tetap sukses bikin orang kepo.
Nah, itulah judul-judul clickbait alias berlebihan, tapi tetap bikin orang penasaran padahal isinya biasa saja. Buat judul clickbait boleh ya, tapi jangan sampai menipu.
Daripada terkena jebakan clickbait yang tidak jelas, mending buat konten yang benar-benar menarik dan berkualitas! Kalau butuh bantuan untuk bikin konten kreatif, mulai dari konten media sosial, desain, video animasi, hingga strategi digital marketing yang tidak hanya clickbait tapi juga bermanfaat, Alan Creative siap membantu.
Yuk, buat konten yang menarik tanpa harus menipu audiens!
Baca Juga: Apa Itu SEO On Page? Penting Untuk Website!