fbpx
Dashboard Analitik | Source pict: Freepik

Strategi Upward Comparison Bikin Pelanggan Auto Beli?!

Halo, Alan Lovers! Tahu enggak sih kalau ada strategi marketing bernama Upward Comparison? Yap, pasti tahu dong. Coba bayangin semisal kalau kamu dengan berani mempromosikan produk kamu dengan membandingkan produk yang sama tapi sudah terkenal? Apa yang terjadi? Yap, kemungkinan dua brand tersebut akan sama-sama laku. Kok bisa? Meski yang satunya produk dengan branding kecil, tapi dengaan keberanian mereka melakukan strategi tersebut umumnya akan membuat orang-orang penasaran, emang seberapa bagus produk itu sampai berani mengklaim dia lebih unggul dari produk terkenal itu? Wow… keren kan? Untuk penjelasan lebih lanjutnya, yuk simak penjelasan berikut ini!

Strategi Marketing | Source pict: Freepik

Cara Menerapkan Strategi Ini dalam Marketing

1. Gunakan Cerita Pelanggan yang Inspiratif

Alih-alih promosi langsung, kamu bisa tampilkan kisah nyata pelanggan kamu yang berhasil capai sesuatu. Misalnya, “Dulu jualan cuma dari rumah, sekarang bisa buka toko karena pakai jasa kami.” Orang yang baca atau nonton jadi mikir, “Kalau dia bisa, kenapa aku nggak?

2. Tampilkan Data Keberhasilan Mayoritas

Angka itu powerful. Kalimat seperti “90% pengguna kami merasa lebih percaya diri setelah 1 bulan” bikin audiens merasa mereka ketinggalan kalau nggak ikut juga. Mereka nggak mau jadi minoritas yang belum coba.

3. Perbandingan Visual

Konten before-after, atau perbandingan gaya hidup “sebelum pakai produk” dan “setelah pakai produk”, secara halus menyampaikan upward comparison. Tanpa harus hard-selling, kamu bisa tanamkan ide bahwa ada kehidupan yang lebih baik setelah ini.

Tapi ingat, upward comparison juga bisa berdampak negatif kalau terlalu agresif. Jangan sampai bikin audiens merasa minder atau nggak berharga. Gunakan strategi ini untuk memotivasi, bukan menghakimi. Tunjukkan bahwa produk kamu bisa jadi jembatan menuju versi diri yang lebih baik bukan seolah-olah tanpa produk kamu, hidup mereka gagal total.

Upward comparison adalah alat yang kuat dalam marketing, terutama buat target audiens yang ambisius atau sedang mencari perubahan. Dengan pendekatan yang halus dan naratif yang tepat, kamu bisa banget bikin calon pelanggan merasa penasaran untuk iut beli dan akhirnya, mereka pun ambil keputusan untuk beli.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana strategi upward comparison itu bekerja? Yap, kalau kamu berani boleh banget buat nerapin strategi ini barangkali works di kamu. Terus riset dan cari tahu strategi marketing yang bagus.

Buat kamu yang lagi mencari pembuatan iklan dengan kualitas yang nggak kaleng-kaleng, coba tengok Alan Creative sekarang juga! Di sana terdapat layanan yang bisa banget bikin bisnis kamu berkembang, dimulai dari layanan pembuatan konten, desain visual, hingga strategi marketingnya. Tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi Alan Creative sekarang juga!

Baca juga: Cuan Besar? Intip Rahasia Sukses Social Media Marketing Agency!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

en_USEN

Konsultasi dengan Expert Alan Creative biar OMZETmu meroket!!!

Konsultasi sekarang bersama Alan Creative mengenai pembuatan website agar omzetmu meroket.