fbpx
Sejarah Televisi: Dari TV Analog ke Smart TV

Sejarah Televisi: Dari TV Analog ke Smart TV

Halo, Alan Lovers! Sejarah Televisi dari TV Analog ke Smart TV menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Pasalnya, beberapa alur sejarah mengungkapkan bahwa TV memiliki banyak sekali evolusi sampai bisa menjadi Smart TV seperti sekarang ini, lho! Menarik bukan? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Sejarah Singkat Laravel

Sejarah Televisi: Dari TV Analog ke Smart TV

Secara singkat, berikut adalah beberapa sejarah singkat perkembangan televisi dari era TV Analog sampai ke era modern Smart TV:

TV Analog

Pertama, TV Analog merupakan bentuk awal dari televisi yang menggunakan sinyal analog untuk mentransmisikan gambar dan suara. Adapun, TV Analog merupakan teknologi utama selama beberapa dekade sejak ditemukan hingga akhir tahun 2000-an.

TV Digital

Pada tahun 2009, TV Analog mulai digantikan oleh TV Digital dan mulai diterapkan di berbagai negara. Digantinya TV Analog ke TV digital bukan tanpa sebab. Hal ini karena, TV Digital dapat menggunakan sinyal digital yang memberikan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan dengan TV Analog.

Sejarah Televisi: Dari TV Analog ke Smart TV
Sumber: Google

Pendahulu Smart TV

Sebelum muncul Smart TV, produsen TV berupaya untuk menghadirkan fitur-fitur internet ke TV digital pada pertengahan 2000-an. Lebih lanjut, mereka mulai menyematkan port Ethernet untuk menghubungkan TV ke internet.

Akan tetapi, hal tersebut baru diterapkan dibeberapa wilayah dan penggunaannya juga masih terbatas.

Smart TV Awal

Di awal tahun 2010-an, produsen TV terkemuka sepeti Samsung, LG, dan Sony sudah mulai merilis Smart TV.

Adapun, Smart TV tersebut memiliki sistem operasi khusus yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses internet, menginstal aplikasi, hingga menikmati layanan streaming lainnya.

Tentunya, hal tersebut membawa TV ke era digital yang lebih canggih.

Smart TV dan Streaming

Seiring dengan perkembangan Smart TV, layanan streaming video over-the-top (OTT) seperti Netflix, Hulu, Amazon Prime Video mulai tumbuh pesat. Tentunya, hal ini membuat Smart TV menjadi perangkat utama untuk menonton konten streaming di layar besar.

Penambahan Konten dan Aplikasi

Tak cukup sampai di situ, pengguna juga dapat menginstal aplikasi seperti permainan, penyedia berita, hingga layanan cuaca yang tersedia di Smart TV.

Dengan kecanggihannya, Smart TV juga dibekali kemampuan untuk mengakses berbagai saluran TV langsung dari video on demand.

Peningkatan Kecerdasan Buatan (AI)

Yang tak kalah canggih, Smart TV juga sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence). Lebih lanjut, hal ini dapat memungkinkan penggunanya untuk mengontrol TV hanya dengan menggunakan suara seperti pencarian konten hingga mendapatkan rekomendasi tontonan.

Kecanggihannya di Masa Sekarang

Sementara itu, Smart TV terus berkembang dengan penambahan teknologi mutakhir seperti 8K resolution, OLED, dan teknologi tampilan lainnya.

Selain itu, Smart TV juga dapat terintegrasi dengan perangkat cerdas lainnya di rumah seperti sistem keamanan pintar hingga perangkat Internet of Things (IoT).

Kesimpulan

Nah, itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai sejarah televisi dari TV analog ke Smart TV. Menarik bukan? Ternyata, banyak teknologi terbarukan yang telah diterapkan untuk menciptakan TV dengan kemampuan yang mutakhir.

Butuh landing page atau website untuk bisnis Anda? Sudah coba jasa dari agency lain, tapi gak include sama perawatan website? Gak usah bingung! Jasa pembuatan website atau landing page di Alan Creative bisa menjadi solusi yang tepat!

Alan Creative menyediakan layanan pembuatan website secara profesional dengan jaminan support & maintenance berkelanjutan. Praktis bukan? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Panduan Membuat Landing Page Dengan WordPress

Halo, Alan Lovers! Sebagai bagian dari strategi pemasaran digital, landing page adalah elemen krusial dalam menjaring konversi dan mengoptimalkan keuntungan dari kampanye iklan kalian. Membuat

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative