Halo, Alan Lovers! Sebagai pemilik channel YouTube, tugas kita tak hanya mengunggah konten video dan kemudian menjawab komentar yang subscribe berikan. Namun, kita juga perlu membuat cara untuk bagaimana audiens terus dapat berkunjung kembali ke channel YouTube dan menunggu unggahan konten kita selanjutnya. Terdapat beberapa matriks YouTube yang perlu kamu perhatikan agar channel-mu berkembang.
Dengan memperhatikan data analytics secara baik, maka kamu akan mengetahui konten mana yang diminati dan dibutuhkan oleh para penonton setia akun YouTube-mu. Kira-kira Matriks apa yang perlu kita perhatikan agar channel YouTube kita terus berkembang? Jika kamu penasaran, yuk simak penjelasan artikel ini hingga akhir.
Matriks YouTube yang Harus Diperhatikan
Supaya channel yang kamu miliki semakin berkembang, kamu perlu memperhatikan beberapa matriks Youtube. Berikut beberapa matriks yang perlu diperhatikan:
1. Durasi Menonton
Jika ingin membuat engagement yang tinggi, maka kamu harus dapat memastikan audiens menonton videomu hingga selesai. Melalui durasi menonton ini juga, kamu dapat memastikan video mana yang paling banyak ditonton dan akhirnya membantumu untuk kembali menyusun strategi konten yang memiliki kualitas yang sejalan dengan ketertarikan audiens di channel YouTube-mu.
2. Total Tayangan
Melalui YouTube analytics, kamu dapat memahami audiens, mengevaluasi performa akun YouTube kita hingga merancang strategi yang tepat berdasarkan data yang telah dilakukan analisis.
3. Average View Duration
Matriks selanjutnya ialah Average View Duration yang berguna untuk berapa persen video yang telah dilihat oleh audiens. Jika mana videonya memiliki presentasi yang rentah, berarti video itu tidak sampai kepada penonton dengan baik. Faktor yang dapat menyebabkan ini biasanya judul yang salah, thumbnail yang tidak menarik hingga konten yang tidak disukai audiens. Oleh karena itu, matrik ini berguna untuk membantumu dalam mengevaluasi kesalahan hingga membantumu membuat video yang menarik bagi audiens.
4. Demografi Audiens
Sebagai pembuat konten digital marketing, biasanya kita harus mengetahui mengenai minat yang disenangi oleh para audiens yang berada di channel kita. Melalui matrik demografi audiens ini, kamu dapat mengetahui lokasi akses mereka menonton video kita, jenis kelamin, usia serta pekerjaan mereka. Hal ini akan membantumu dalam membuat konten yang relevan kedepannya sesuai dengan target audiens channel-mu.
Bagaimana? Sekarang udah tau kan beberapa matriks penting yang harus kamu perhatikan agar akun YouTube-mu terus berkembang. Jika kamu menyukai artikel ini, jangan lupa untuk share artikel ini ke seluruh sosial media mu ya Alan Lovers!
Baca Juga: Fitur Baru YouTube Memungkinkan Kreator Menjadi Afiliator