fbpx

Mengenal AngularJS, Framework Open Source dari JavaScript

Halo Alan Lovers, apakah kamu sedang mencari framework open source untuk pembuatan website? AngularJS mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu. Banyak keunggulan dari AngularJS yang siap membantumu. Yuk ketahui informasi lebih lanjut mengenai AngularJS framework di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Framework untuk Web Development

Apa Itu AngularJS Framework?

AngularJS adalah sebuah framework JavaScript open-source yang dikembangkan oleh Google untuk membangun aplikasi web yang dinamis dan single-page. AngularJS memungkinkan pengembang web untuk mengatur kode JavaScript mereka dengan lebih terstruktur, menyediakan seperangkat alat dan fitur yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dengan mudah.

Salah satu fitur utama dari AngularJS adalah kemampuannya untuk melakukan binding data secara deklaratif. Hal ini memungkinkan pengembang untuk menghubungkan model data mereka dengan elemen HTML pada tampilan dan secara otomatis memperbarui tampilan ketika data berubah.

AngularJS juga menyediakan fitur-fitur lain seperti routing, validasi form, penggunaan modul, dan banyak lagi. Semua fiturnya dapat membantu pengembang web membangun aplikasi web yang lebih efisien dan mudah dipelihara.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Framework Laravel

Apa Saja Kelebihan dari AngularJS Framework?

Banyak developer yang memanfaatkan AngularJS untuk pembangunan website terbaik. Hal ini dikarenakan banyaknya keunggulan AngularJS yang mempermudah pekerjaan mereka. Kamu perlu untuk mengetahui apa saja kelebihan dari AngularJS di bawah ini.

1. MVC Framework

AngularJS adalah framework MVC (Model-View-Controller) yang memungkinkan pengembang untuk memisahkan logika bisnis dari tampilan dan struktur aplikasi. Ini membuat aplikasi web lebih terstruktur dan mudah dipelihara.

2. Binding Data

AngularJS memiliki fitur binding data yang kuat, yang memungkinkan model data dan tampilan HTML untuk selalu terhubung secara real-time. Ini juga akan memudahkan perubahan pada model data yang akan langsung diubah pada tampilan HTML tanpa memerlukan penulisan kode JavaScript khusus untuk mengelola perubahan.

3. Directives

AngularJS memiliki konsep direktif yang memungkinkan pengembang untuk menambahkan perilaku khusus ke elemen HTML pada tampilan. Hal ini memungkinkan pengembang untuk mengoptimalkan tampilan dan fungsionalitas aplikasi web secara efisien.

4. Dependency Injection

AngularJS memiliki fitur Dependency Injection yang memungkinkan pengembang untuk memasukkan komponen ke dalam aplikasi web dengan mudah. Ini membuat pengembangan aplikasi web menjadi lebih efisien dan mudah dimengerti.

5. Modular

AngularJS dapat dibangun dengan menggunakan modul-modul yang dapat diatur dalam struktur aplikasi web. Ini memungkinkan pengembang untuk memecah aplikasi web menjadi bagian yang lebih kecil dan mudah dipelihara.

6. Integrasi Mudah

AngularJS dapat diintegrasikan dengan banyak platform dan teknologi lain seperti Ionic, React Native, Cordova, dll. Ini memudahkan pengembang untuk mengembangkan aplikasi web dan mobile dengan satu kode basis.

Apa Kekurangan dari AngularJS?

Meskipun menawarkan banyak keunggulan, bukan berarti AngularJS dapat dipergunakan tanpa minus. Terdapat beberapa kekurangan di bawah ini yang perlu untuk kamu pertimbangkan.

1. Kinerja

Meskipun AngularJS dapat mempercepat pengembangan aplikasi web, namun kinerja aplikasi web yang dibangun dengan AngularJS dapat menjadi lambat. Mengapa? Hal ini dikarenakan framework ini menggunakan banyak fitur kompleks yang membutuhkan banyak sumber daya.

2. Kurang Fleksibel

AngularJS merupakan framework yang memiliki aturan dan struktur yang cukup ketat, hal ini dapat menyebabkan developer menjadi kurang fleksibel. Hal ini khususnya dalam keputusan untuk membuat perubahan pada struktur dan aturan yang sudah ditentukan.

3. Kompleksitas

AngularJS memiliki kurva pembelajaran yang relatif tinggi dibandingkan dengan framework JavaScript lainnya. Oleh karena itu, membutuhkan waktu dan usaha lebih untuk mempelajari framework ini.

4. Pembaruan Versi

Karena AngularJS sering mengalami pembaruan versi yang signifikan, maka pengembang harus memperbarui kode aplikasi web mereka untuk menjaga kecocokan dengan versi terbaru. Hal ini bisa menjadi sangat sulit dan memakan waktu, terutama jika aplikasi web memiliki banyak fitur dan kode.

Itulah tadi informasi mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan dari AngularJS framework yang perlu kamu ketahui. Dibanding dengan framework lainnya, tentunya AngularJS dapat kamu pertimbangkan. Gunakan layanan profesional untuk pembuatan website agar mendapatkan hasil maksimal.

Alan Creative sendiri memiliki deretan technology stack yang pastinya dapat menyesuaikan kebutuhanmu loh. Kami menyediakan layanan pembuatan website yang pastinya dengan paket super komplit dan harga bersaing. Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan promo menariknya segera.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

sejarah laravel

Sejarah Singkat Laravel

Hi Alan Lovers, Laravel adalah kerangka kerja (framework) sumber terbuka yang digunakan untuk membangun aplikasi web dengan bahasa pemrograman PHP. Laravel dikembangkan oleh Taylor Otwell

SEO dan SEM, Sudah Tau Apa Bedanya?

Halo Alan Lovers, tahukah kalian bahwa ternyata SEO dan SEM itu berbeda? Meski sama-sama berguna untuk optimasi konten di mesin pencari, kedua istilah ini mencakup

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative