Halo, Alan Lovers! Ada banyak strategi yang para brand tuh harus banget bisa menguasainya. Ada banyak tren strategi marketing baik lama maupun baru itu bertebaran di internet khususnya media sosial. Bahkan tak sedikit pula para brand yang berlomba-lomba menggunakan strategi marketing ini itu agar bisa menarik perhatian dan konversi. Kamu penasaraan enggak sih kira-kira tren strategi marketing apa nih yang perlu dikuasai khususnya untuk para UMKM? Penasaran? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Pemasaran Digital
Saat ini, hampir semua orang itu menggunakan internet. UMKM perlu hadir di dunia digital, seperti media sosial, website, dan marketplace. Pemasaran digital memungkinkan promosi dengan jangkauan yang lebih luas dengan biaya yang lebih terjangkau juga. Coba masuk ke dunia digital markrting untuk mempromosikan produk dan brand kamu agar semakin dikenal oleh banyak kalangan.
2. Konten Kreatif dan Konsisten
Setelah masuk ke dunia digital marketing, waktunya membuat konten. Coba membuat konten yang menarik dan bermanfaat di media sosial atau blog yang bisa banget meningkatkan perhatian calon pelanggan. Konten yang rutin dan sesuai target pasar juga membuat brand lebih mudah diingat, lho. Ingat bikin konten juga jangan asal ya harus punya kualitas dan pastinya juga harus konsisten.
3. Pemanfaatan WhatsApp Bisnis
Sekarang WhatsApp bukan hanya untuk chat, tapi juga alat promosi yang efektif. Dengan WhatsApp Bisnis, UMKM bisa banget membuat katalog produk, membalas pesan otomatis, dan menjaga komunikasi yang cepat dengan pelanggan. Ini praktis banget agar pelanggan yang penasaran dengan produk kita dan bingung mengenai itu itu, mereka bisa langsung menghubungi whatsapp bisnis untuk mempertanyakan kebingungan mereka. Coba buat juga ya!
4. Kolaborasi dengan Influencer Lokal
UMKM bisa bekerja sama dengan micro-influencer (influencer dengan pengikut 1.000–10.000) yang punya pengaruh di komunitasnya. Cara ini lebih hemat biaya, tapi bisa sangat efektif menjangkau pasar yang tepat. Kenapa? Karena micro influencer mempunya kategori konten yang spesifik dan audiens juga pasti yang tertarik dengan niche tersebut. Kalau punya budget lebih, coba kolaborasi dengan influencer.
5. Live Streaming dan Video Pendek
Konten video makin digemari. UMKM bisa menggunakan fitur live streaming di TikTok, Instagram, atau Shopee untuk promosi produk secara langsung. Video pendek juga bisa menunjukkan produk secara cepat dan menarik, lho. Ini lagi ngetren karena kalau video yang panjang kadang pada malas nonton sampai akhir, jadi video pendek juga udah bagus banget buat promosi. Coba terapkan ya!
Nah, sekarang kamu sudah tau kan tren strategi marketing apa yang perlu banget dipelajari dan dikuasai? Mulai sekarang coba terapkan strategi-strategi yang telah dipaparkan di atas agar konten-konten yang kamu produksi semakin berkualitas dan bagus. Dengan menguasai tren strategi marketing bisa banget berpeluang bikin brand kamu semakin terkenal. Jangan sampai kamu belum menerapkan strategi-strategi di atas.
Buat kamu yang kebingungan cara mempromosikan brand dan produk, coba deh tengok Alan Creative! Mereka bisa banget membantu kamu dalam pembuatan konten, desain visual, hingga strategi-strategi digital marketingnya, lho! Di sana juga komplit! Tunggu apalagi?! Yuk, segera hubungi Alan Creative sekarang juga!
Baca juga: Keunggulan Menggunakan Jasa Agency dalam Pengolahan SEO