fbpx
Cara Menentukan KOL (Key Opinion Leader) yang Tepat untuk Brand

Cara Menentukan KOL (Key Opinion Leader) yang Tepat untuk Brand

Halo, Alan Lovers! Beberapa cara menentukan KOL (Key Opinion Leader) berikut ini perlu untuk Anda ketahui. Pasalnya, pemilihan KOL yang tepat dapat meningkatkan rasio penjualan dan brand awareness milik Anda.

Pastinya, Anda sering melihat seseorang yang merekomendasikan sebuah produk di media sosial dengan beberapa keunggulan yang ditawarkan. Nah, hal tersebut merupakan salah satu contoh dari penggunaan KOL dalam digital advertising.

Baca Juga: Cara Mengukur Keberhasilan Marketing Key Opinion Leader (KOL)

Secara singkat, KOL (Key Opinion Leader) merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk mempromosikan produk melalui individu yang memiliki pengaruh besar.

Lantas, bagaimana cara menentukan KOL (Key Opinion Leader) yang tepat? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Cara Menentukan KOL (Key Opinion Leader) yang Tepat

Cara Menentukan KOL (Key Opinion Leader) yang Tepat untuk Brand
Cara Menentukan KOL (Key Opinion Leader) yang Tepat untuk Brand (Sumber: Google)

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah beberapa cara menentukan KOL (Key Opinion Leader) yang perlu Anda ketahui:

Relevansi

Cara menentukan KOL yang pertama adalah relevansi KOL terhadap brand atau jasa yang ingin dipromosikan. Sebagai contoh, jika Anda ingin mempromosikan produk makanan, maka tentukan KOL yang terjun di dalam dunia kuliner.

Tentunya, hal ini menjadi poin penting yang harus diperhatikan agar produk yang ditawarkan sesuai dengan target audiens. Sehingga, kemungkinan audiens untuk membeli produk Anda menjadi semakin tinggi.

Reputasi dan Kredibiltas

Selain itu, pastikan KOL memiliki reputasi yang baik dan kredibilitas di kalangan audiens mereka. Karena, hal ini juga memiliki pengaruh terhadap citra dari brand milik Anda di mata audiens.

Jumlah Pengikut

Selanjutnya, jumlah pengikut (followers) yang dimiliki oleh KOL juga menjadi perhatian khusus. Semakin banyak pengikut yang dimiliki, maka kemungkinan produk yang ditawarkan dapat dilihat oleh audiens semakin banyak.

Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan fake followers yang kerap kali digunakan untuk meningkatkan persona KOL. Tentunya, fake followers tidak efektif untuk memasarkan produk atau brand Anda.

Impresi (Engagement)

Di lain sisi, jumlah pengikut yang banyak juga tidak menjamin KOL memiliki impresi (engagement) yang baik. Lebih lanjut, impresi dapat dilihat dari sebearapa banyak yang menyukai, berkomentar, dan membagikan konten yang di-posting oleh KOL.

Terlebih lagi, impresi sangat dibutuhkan untuk menentukan strategi yang tepat untuk kampanye Anda selanjutnya.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa cara menentukan KOL (Key Opinion Leader) yang tepat untuk bisnis Anda. Dengan memilih KOL yang sesuai, maka strategi yang dijalankan dapat berlangsung dengan optimal.

Masih bingung strategi yang cocok untuk bisnis Anda? Jasa digital ads di Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat!

Kenapa harus Alan Creative? Karena Alan Creative telah terbukti mampu meningkatkan brand awareness, penjualan, hingga leads selama 7 tahun! Selain itu, tersedia pilihan paket digital ads beragam yang bisa disesuaikan dengan strategi bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Kunci Penting dari Sebuah Software House

Halo, Alan Lovers! Dengan perkembangan pasar IT yang sangat tinggi, perusahaan perangkat lunak atau software house harus melakukan banyak inovasi. Hal tersebut ditujukan untuk membangun

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative