fbpx
Cara Menggunakan Youtube Ads untuk Pemula

Cara Menggunakan Youtube Ads untuk Pemula

Halo, Alan Lovers! Beberapa cara menggunakan Youtube Ads berikut ini perlu untuk diketahui. Terlebih lagi, jika Anda merupakan pemula yang baru saja terjun di dunia digital advertising.

Tentunya, Anda pasti tidak asing lagi dengan kata YouTube. Yap, platform berbagi video yang satu ini memang tidak pernah padam di tengah era gempuran platform yang berlomba-lomba untuk memberikan layanan video singkat.

Baca Juga: Contoh Social Media Advertising untuk Mengembangkan Bisnis

Hingga saat ini, banyak yang telah menggunakan YouTube untuk memenuhi kebutuhan mereka seperti mencari video tutorial, tips, hingga berbagi aktivitas keseharian mereka melalui konten vlog.

Dengan banyaknya pengguna, YouTube juga menawarkan fitur ads untuk para pebisinis yang ingin mengembangkan usahanya. Lantas, bagaimana cara menggunakan YouTube Ads? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini.

Cara Menggunakan Youtube Ads

Berikut merupakan cara menggunakan YouTube Ads yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan bisnis melalui YouTube:

Upload Video

Langkah pertama, Anda harus meng-upload video iklan melalui channel YouTube. Pastikan video yang dibuat telah sesuai dengan ketentuan tipe iklan yang Anda pilih.

Adapun, cara meng-upload video iklan dapat dilakukan dengan cukup mudah. Anda hanya perlu masuk melalui akun YouTube, kemudian pilih opsi upload video.

Setelah itu, Anda hanya tinggal melengkapi judul, deskripsi, dan juga beberapa tag iklan. Lalu, tunggu hingga proses upload selesai.

Buat Iklan melalui Google Ads

Langkah selanjutnya, Anda diharuskan untuk membuat iklan menggunakan layanan Google Ads. Jika tidak mempunyai akun, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

Jika sudah memiliki akun, Anda hanya tinggal melakukan login dan memilih menu campaign, lalu klik tanda ‘+’.

Cara Menggunakan Youtube Ads untuk Pemula
Cara Menggunakan Youtube Ads untuk Pemula (Sumber: Dewaweb)

Setelah itu, Anda bisa memilih tujuan dari iklan yang ingin dibuat. Misalnya, Anda membuat iklan untuk meningkatkan brand awareness.

Langkah berikutnya, pilih opsi video dan tentukan tipe iklan yang Anda butuhkan. Lalu, klik ‘Lanjutkan’ atau ‘Continue’.

Cara Menggunakan Youtube Ads untuk Pemula
Cara Menggunakan Youtube Ads untuk Pemula (Sumber: Dewaweb)

Isi Parameter Iklan

Lalu, Anda akan diarahkan untuk menentukan parameter iklan dari mulai campaign name, bid strategy, budget and dates, hingga language.

Sebagai informasi, campaign name dapat diisi sesuai dengan strategi iklan yang Anda tentukan, Bid strategy terdiri dari CPM, CPV, hingga Target Cost per Acqusition yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Sumber: Dewaweb

Lebih lanjut, budget and dates dapat diisi dengan jumlah budget yang akan digunakan untuk YouTube Ads disertai tanggal mulai dan berakhirnya campaign. Network dapat diisi sesuai dengan lokasi iklan yang ingin dijalankan.

Sementara itu, Location dapat diisi sesuai dengan lokasi audiens yang ingin ditargetkan dan language dapat diisi sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh target audiens.

Memilih Target Audiens

Setelah semuanya dilengkapi, Anda bisa menentukan target audiens berdasarkan jenis kelamin, usia, sudah memiliki anak atau belum, dan pendapatan dalam rumah tangga.

(Sumber: Dewaweb)

Berikutnya, Anda juga diminta untuk menentukan keyword yang sesuai dengan topik serta target audiens.

(Sumber: Dewaweb)

Hubungkan Google Ads dengan Channel Youtube

Apabila semua telah terisi, Anda bisa menghubungkan akun Google Ads dengan Channel YouTube dengan memasukan link video yang sudah diupload sebelumnya. Lalu, pilih ‘Create Campaign’ dan iklan pun telah berhasil dibuat.

(Sumber: Dewaweb)

Kesimpulan

Nah, itu tadi merupakan beberapa cara menggunakan YouTube Ads yang bisa Anda lakukan. Jika Anda masih kurang faham, menggunakan jasa digital ads di Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kenapa harus Alan Creative? Karena sudah berpengalaman membuat campaign yang sukses selama 7 tahun. Lebih dari itu, Anda juga bisa menggunakan beragam digital ads seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, Youtube Ads, hingga Google Ads.

Menarik bukan? Tunggu apa lagi, hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative