Halo, Alan Lovers! Kamu mungkin tau kalau digital ads merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan bisnismu di era digital saat ini. Namun, sebelum kamu memulai kampanye digital ads pertamamu, penting untuk paham mengenai elemen-elemen utama dari strategi ini. Di artikel ini, kami akan membahas enam elemen utama yang harus kamu ketahui untuk menciptakan kampanye digital ads baik.
Sekilas Mengenai Digital Ads
Digital ads adalah iklan yang disiarkan melalui internet, termasuk di situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan platform iklan lainnya. Digital ads memungkinkan pengiklan untuk menargetkan audiens secara lebih spesifik dan menyediakan pengukuran kinerja yang lebih akurat dibandingkan dengan iklan tradisional seperti iklan cetak atau televisi.
Beberapa jenis digital ads yang populer antara lain display ads, search ads, videa ads, social media ads, dan affiliation ads. Masing-masing jenis iklan memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri tergantung pada tujuan kampanye iklan dan jenis bisnis yang menggunakannya.
Elemen Utama Dalam Digital Ads
Tipografi
Apa yang kalian pikirkan ketika melihat tulisan dalam gambar di atas? Pasti hal-hal berbaru luar angkasa atau hal-hal yang futuristik bukan? Padahal cuma tulisan aja ya, tapi kok bisa sampai kepikiran luar angkasa dal hal-hal futuristik. Itu semua dibahas dalam tipografi. Apa itu tipografi?
Tipografi adalah seni dan teknik menata huruf, karakter, dan spasi dalam sebuah desain untuk menciptakan tampilan yang estetis dan mudah dibaca. Hal ini berkaitan dengan pemilihan jenis huruf, ukuran, jenis tulisan, spasi antara huruf dan baris, serta pengaturan elemen tipografi lainnya pada sebuah layout desain. Tipografi sangat penting dalam desain grafis, baik untuk desain cetak maupun digital, karena dapat mempengaruhi kesan visual dan keberhasilan komunikasi desain yang dihasilkan.
Berikut adalah beberapa jenis font yang harus diketahui untuk membangun “vibes” dalam tulisanmu”
Serif
Apa yang dimaksud dengan serif? Jadi, “serif” merupakan garis potong di akhir sebuah huruf. Huruf-huruf yang termasuk kelompok “serif” pasti memiliki ciri ini. Contohnya bisa kamu lihat dalam gambar di atas.
Sans-serif
“Sans” dalam bahasa Prancis berarti “tanpa”. Sehingga, jika dihubungkan dengan definisi “serif” sebelumnya berarti sebuah font yang tidak memiliki serif. Contohnya adalah netflix seperti gambar di atas.
Script
Jenis font ini memiliki keunikannya tersendiri dimana garis lengkung menjadi ciri utamanya. Contohnya adalah Walt Disney. Meskipun unik, jenis font ini jarang dijadikan identitas sebuah brand karena cukup sulit untuk dibaca. Meski begitu, bukan berarti tidak bisa dipakai, conothnya Walt Disney tadi.
Warna
Pernahkah kamu bertanya kenapa banyak warna dasar media sosial berwarna biru? Dalam psikologi, ternyata warna berpengaruh terhadap psikologis manusia. Misalnya, warna biru mengindikasikan warna yang kalem, teratur, dan cocok untuk ditatap berjam-jam. Oleh karenanya, kebanyakan media sosial menggunakan warna biru.
Ketika memilih warna untuk brand kamu, penting untuk memahami bagaimana warna tersebut membangun vibes yang dirasakan audiens. Selain membuat audiens mendapatkan vibes tersebut, warna juga harus terlihat bagus. Sebagian besar brand memiliki setidaknya tiga warna: warna utama dan dua warna sekunder. Ketiga warna tersebut harus terlihat bagus saat ditempatkan bersebelahan. Kemudian, yang paling penting, ketiga warna tersebut harus dipilih dengan mempertimbangkan desain secara keseluruhan.
Kesimpulan
Biar gak pusing merencanakan dan melakukan digital ads, Alan Creative hadir untuk membantu mengembangkan bisnis kamu. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan layanan yang berkualitas dan profesional. Dengan layanan digital ads dari Alan Creative, kamu bisa tenang dan bisnismu bisa berkembang.