fbpx
Lebih Baik MongoDB atau Firebase? Yuk Cari Tahu!

Lebih Baik MongoDB atau Firebase? Yuk Cari Tahu!

Halo, Alan Lovers! Masih bingung kira-kira lebih baik MongoDB atau Firebase? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Seperti yang kita ketahui, MongoDB dan Firebase merupakan teknologi yang memiliki fungsi sama sebagai penyimpanan data.

Akan tetapi, kedua teknologi tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Lantas, apa saja perbedaanya? Lebih baik MongoDB atau Firebase?

Baca Juga: Perbandingan Nginx dan Apache: Lebih Unggul Mana?

Perbedaan MongoDB dan Firebase

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah beberapa perbedaan dari MongoDB dan Firebase:

Tipe Database

Perbedaan yang pertama, Firebase menggunakan real-time database. Dengan begitu, Firebase dapat digunakan untuk menyimpan dan menyingkronkan data antarpengguna secara real-time di semua perangkat yang terhubung.

Sementara itu, MongoDB menggunakan model penyimpanan dokumen dengan bentuk JSON-like yang fleksibel dan dapat memiliki skema yang berbeda-beda.

Lebih Baik MongoDB atau Firebase? Yuk Cari Tahu!
Lebih Baik MongoDB atau Firebase? Yuk Cari Tahu! (Sumber: Echoinnovate IT)

Hosting dan Infrastruktur

Ketika memilih MongoDB, para developer perlu mengelola sendiri server MongoDB atau menggunakan layanan cloud untuk meng-hosting dan mengelola databse.

Berbeda dengan MongoDB, Firebase merupakan platform lengkap yang mencakup hosting, autentikasi, hingga penyimpanan. Dengan begitu, para developer tidak perlu mengelola infrastuktur secara langsung.

Skalabilitas

Jika ditinjau dari skalabilitas, MongoDB dinilai lebih unggul dibandingkan dengan Firebase. Karena, MongoDB dapat diatur untuk mengatasi jumlah data yang besar dan traffic dengan menggunakan clustering dan replikasi.

Sementara itu, skalabilitas pada Firebase tidak bisa diatur karena tersedia secara otomatis.

Pengembangan Aplikasi

Di lain sisi, MongoDB dan Firebase biasanya digunakan dalam lingkungan yang berbeda. Artinya, MongoDB lebih sering digunakan untuk pengembangan basis server (backend), sedangkan Firebase lebih sering digunakan untuk pengembangan berbasis klien (frontend).

Lebih baik MongoDB atau Firebase?

Setelah mengetahui perbedaan di atas, lebih baik MongoDB atau Firebase? kedua teknologi tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Jika memerlukan fleksibilitas dan skalabilitas, MongoDB bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, jika fokus utama Anda untuk real-time synchronization dan interasi yang mudah, Firebase bisa menjadi pilihan yang cocok.

Ingin mengembangkan website bisnis tapi masih binggung mulai dari mana? Jasa pembuatan website di Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Dengan technology stack yang beragam serta jaminan garansi 1 tahun, Alan Creative siap membantu mewujudkan website bisnis impian Anda. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

digitalisasi pertanian

Membuka Peluang Baru: Digitalisasi Pertanian

Hi Alan Lovers, pertanian merupakan sektor penting dalam perekonomian global, karena mampu memenuhi kebutuhan manusia akan pangan dan mempekerjakan sebagian besar penduduk di daerah pedesaan.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative