fbpx
Perbandingan Nginx dan Apache: Lebih Unggul Mana?

Perbandingan Nginx dan Apache: Lebih Unggul Mana?

Halo, Alan Lovers! Beberapa perbandingan Nginx dan Apache berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Terlebih lagi, jika Anda masih bingung dalam memilih web server yang cocok untuk mengelola website bisnis.

Seperti yang kita ketahui, web server memegang peranan penting dalam menyediakan konten dan aplikasi kepada pengguna melalui internet. Selain itu, web server juga berpengaruh terhadap pengalaman pengguna dalam menjelajahi website atau mengakses aplikasi.

Lebih lanjut, web server yang kini populer digunakan adalah Nginx dan Apache. Lantas, bagaimana perbandingan dari keduanya? Dan mana yang lebih baik? Simak ulasannya melalui artikel ini ya, Alan Lovers!

Perbandingan Nginx dan Apache: Definisi

Perbandingan Nginx dan Apache: Lebih Unggul Mana?
Perbandingan Nginx dan Apache: Lebih Unggul Mana? (Sumber: KeyCDN)

Secara singkat, Nginx merupakan web server yang dibangun pada tahun 2022 dengan tujuan agar dapat meningkatkan performa server melalui peningkatan secara teknis.

Adapun, Nginx menggunakan arsitektur sub-process asinkron yang memungkinkan untuk memulai tugas secara independen tanpa harus menunggu tugas sebelumnya selesai.

Yang berarti, Anda bisa terus menjalankan proses utama dalam web server secara berkelanjutan tanpa harus menuntaskan tugas sebelumnya. Selain itu, Nginx juga bersifat open-source yang berarti Anda bisa mengkustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 5 Strategi Maintenance Aplikasi yang Efektif

Sementara itu, Apache merupakan web server yang dibangun terlebih dahulu pada tahun 1995 dengan tujuan untuk menyediakan web server yang aman, stabil, dan fleksibel.

Serupa seperti Nginx, Apache juga bersifat open-source sehingga bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan. Hanya saja, Apache menerapkan multi-process untuk mempertahankan koneksi yang sama namun dengan cara yang berbeda.

Perbandingan Nginx dan Apache: Fleksibilitas, Performa, dan Keamanan

Di lain sisi, Nginx dan Apache memiliki keunggulan masing-masing. Berikut merupakan penjelasannya:

Fleksibilitas

Dari segi fleksibilitas, Apache dinilai lebih unggul dibandingkan dengan Nginx. Hal ini dikarenakan, server Apache memungkinkan untuk dapat menggunakan 60 modul berbeda dalam memperluas funsionalitas web server.

Terlebih lagi, Apache juga mempunyai tools .htaccess. yang memungkinkan kustomisasi koneksi dapat dilakukan dengan mudah. Sementara itu, Nginx tidak dilengkapi oleh fitur ini.

Performa

Di lain sisi, Nginx memiliki keunggulan di bidang performa daripada Apache. Usut punya usut, Nginx dilengkapi oleh sub-process management yang dapat merespon request dari customer dengan baik.

Tak hanya itu, Nginx juga memiliki keunggulan saat memproses beberapa request. Dengan begitu, website yang menggunakan Nginx memiliki performa yang lebih unggul ketika diakses oleh banyak client diwaktu yang bersamaan.

Keamanan

Sementara itu, baik Apache maupun Nginx, keduanya memiliki kebijakan keamanan yang cukup baik. Keduanya secara rutin mengeluarkan security patch sebagai usaha pencegahan dari serangan DDos.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan terkait keamanan jika menggunakan kedua web server tersebut.

Kesimpulan

Nah, dari perbandingan tersebut, kira-kira lebih baik yang mana? Tentunya, semua tergantung kebutuhan masing-masing. Jika Anda berfokus pada kinerja tinggi dalam menghadapi traffic, Nginx bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tetapi, jika Anda memiliki kebutuhan modularitas yang tinggi serta memerlukan beragam modul, Apache bisa menjadi alternatif pilihan.

Ingin mengembangkan website bisnis tapi masih binggung mulai dari mana? Jasa pembuatan website di Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Dengan technology stack yang beragam serta jaminan garansi 1 tahun, Alan Creative siap membantu mewujudkan website bisnis impian Anda. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

software house

Apa itu Software House?

Hi Alan Lovers, saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan banyak perusahaan yang membutuhkan solusi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis. Salah satu solusi

SEO dan SEM, Sudah Tau Apa Bedanya?

Halo Alan Lovers, tahukah kalian bahwa ternyata SEO dan SEM itu berbeda? Meski sama-sama berguna untuk optimasi konten di mesin pencari, kedua istilah ini mencakup

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative