fbpx
Perbedaan React.js dan Next,js, Seperti Apa?

Perbedaan React.js dan Next.js, Seperti Apa?

Halo, Alan Lovers! Anda harus mengatahui beberapa perbedaan React.js dan Next.js. Pasalnya, masih banyak yang mengira bahwa kedua teknologi tersebut memiliki peran yang sama.

Secara singkat, React.js merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk membangun tampilan antar muka di website atau aplikasi. Sedangkan, Next.js digunakan untuk mengembangkan website atau aplikasi secara lengkap.

Lantas, apa saja perbedaan React.js dan Next.js lainnya? Tentunya, Anda harus menyimak artikel ini hingga tuntas untuk menemukan jawabannya.

Baca Juga: Apa itu Nuxt.js? Framework yang Bisa Tingkatkan SEO!

Apa Perbedaan React.js dan Next.js?

Perbedaan React.js dan Next,js, Seperti Apa?
Perbedaan React.js dan Next,js, Seperti Apa? (Sumber: Mobisoft Infotech)

Di zaman yang serba digital, seluruh kebutuhan dapat diakses melalui website atau aplikasi. Sementara itu, tampilan website atau aplikasi yang unik dan ciamik sangat diperlukan untuk menarik minat konsumen.

Hal tersebut menjadi tugas bagi para front-end developer untuk mengembangkan agar tampilan website atau aplikasi menarik untuk dilihat. Biasanya, para front-end developer menggunakan React.js untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Lebih lanjut, React.js memungkinkan pengembang untuk memisahkan UI (User Interface) menjadi komponen indpenden agar memudahkan pengembangan dan pemeliharaan kode. Selain itu, React.js juga akan melakukan rendering dan mengelola tampilan halaman di sisi klien.

Sementara itu, Next.js merupakan framework yang dibangun di atas React.js serta berfunsi untuk pengembangan aplikasi web dengan fitur SSR (Server-side-Rendering) dan SSG (Static Site Generation).

Dengan adanya fitur tersebut, Next.js digunakan untuk meningkatakan performa serta pengalaman pengguna di dalam website ataupun aplikasi.

Tak hanya itu, Next.js juga menyediakan fitur lainnya seperti routing otomatis berdasarkan struktur folder, integrasi antara API back-end, hingga dapat membuat struktur proyek.

Lebih Baik React.js atau Next.js?

Meskipun keduanya saling berkesinambungan, nyatanya Next.js masih menjadi primadona untuk digunakan dibandingkan dengan React.js.

Hal ini dikarenakan, Next.js menggunakan SSR untuk proses rendering website. Dimana, proses pemuatan website bisa berlangsung lebih cepat.

Sementara itu, React.js menggunakan CSR untuk proses rendering website, sehingga server hanya menyediakan file HTML, CSS, dan JavaScript untuk menamiplkan website. Dengan begitu, proses pemuatan website berlangsung lumayan lama.

Kesimpulan

React.js merupakan teknologi yang digunakan untuk membangun UI reaktif di sisi klien. Sementara itu, Next.js merupakan kerangka kerja yang berbasis React.js dengan berfokus pada SSR dan SSG untuk memberikan pengalaman pengembangan web yang lebih lengkap.

Masih bingung dalam membuat website untuk keperluan bisnis? Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan jaminan support dan maintenance berkelanjutan serta harga yang terjangkau, Anda sudah bisa membangun website untuk keperluan bisnis. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative