Pengertian Big Data, Berperan Penting Di Era Digital!

Bagikan

Halo Alan Lovers, sudah tahu tentang big data? Salah satu istilah dalam dunia teknologi ini sudah lama ambil peran di era digital. Yuk ketahui lebih lanjut tentang pengertian big data dan juga perannya dalam kehidupan masa kini.

Pada tahun 2022 lalu, Menkomarves Republik Indonesia yaitu Luhut Binsar Pandjaitan sukses menuai sorotan usai kaitkan big data dengan pemilu 2024. Namun ternyata, big data ini punya banyak peran di kehidupan. Mulai dari dunia bisnis, konten, kesehatan, pertanian, keuangan dan lain sebagainya. Big data dianggap sebagai teknologi masa kini yang berpotensi jadi kebutuhan primer di masa depan.

Pengertian Big Data

Big data adalah kumpulan data dalam jumlah besar dan beragam yang mampu tumbuh dengan kecepatan meningkat. Kumpulan data ini dibagi menjadi dua jenis yaitu data terstruktur dan tidak terstruktur. Big data perlu analisis dengan basis komputasi untuk ungkap pola, tren maupun berbagai hal lainnya yang terkait dengan perilaku dan interaksi manusia.

Big data punya tiga karakteristik utama, yaitu:

  1. Volume : Besaran data dengan jumlah yang banyak.
  2. Velocity : Kecepatan pemrosesan data yang tumbuh pesat sesuai dengan pertumbuhan jumlah datanya.
  3. Variety : Sumber data yang sangat beragam.

Dalam proses big data, perlu analisis yang mendalam sebagai upaya meningkatkan value data dengan cara mengolah, mengekstraksi dan menganalisis data menjadi informasi. Kemampuan ini disebut sebagai big data analytics yang memanfaatkan tiga lini yaitu computer science, statistic dan business expertise. Seorang data science akan mengekstrak big data menjadi insight untuk berbagai keperluan.

Manfaat Dan Peran Big Data Di Era Digital

Setelah tahu apa itu big data, Anda mungkin perlu tahu apa fungsi dan perannya di era digital ini. Secara garis besar, manfaat utama dari big data adalah menyediakan hasil olahan informasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Berikut ini peran big data dalam bidang kehidupan di era digital:

  1. Pemasaran: Big data mampu menjadi acuan seorang marketer untuk bentuk strategi bisnis yang tepat. Ini akan mempermudah terbentuknya peluang bisnis dan menghindari salah strategi yang menimbulkan kerugian.
  2. Kesehatan: Big data berperan dalam bantu penyediaan informasi tentang berbagai penyakit dan metode kesehatan. Para ahli pun dapat dengan mudah menganalisis agar dapat strategi pencegahan dan pengobatan efektif.
  3. Pertanian: Siapa bilang big data tidak bisa memengaruhi sektor pertanian? Dengan bantuan prediksi cuaca, para petani dapat lebih mengoptimalkan hasil panen mereka.

Nah, itulah tadi artikel tentang big data yang perlu untuk Anda ketahui. Dalam mendukung SEO, big data juga bermanfaat untuk brand image dan profesionalitas bisnis. Anda dapat dengan mudah bentuk database yang lebih baik.

Penggunaan big data paling mudah ditemukan dalam bentuk informasi website. Dalam mendukung perkembangan bisnis Anda, website dapat menunjukkan kredibilitas usaha dan mengoptimalkan keuntungan. Alan Creative menyediakan jasa pengolahan dan pembuatan website yang mungkin Anda perlukan. Yuk hubungi Alan Creative, konsultasikan kebutuhan website Anda bersama kami.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative