Profesi Paling Dibutuhkan Di Era Big Data

Bagikan

Halo Alan Lovers, sudah siap sambut era big data? Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, big data punya peran penting dalam setiap bidang. Tidak heran, apabila banyak orang memilih switch career ke pekerjaan tentang big data atau database. Terlebih lagi, profesi yang hadir sambut era big data ini punya gaji yang besar loh.

Era big data sendiri adalah bentuk kemajuan teknologi dalam membentuk database dengan kapasitas lebih besar dan kompleks. Berbagai teknologi cerdas dengan dasar Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT), menggunakan peran big data. Saat ini, pemerintah Indonesia bahkan tengah mengembangkan proyek e-government dan optimalisasi big data di sektor keuangan.

Melihat prospek positif jelang era big data, Anda mungkin perlu mempertimbangkan apakah ada kesempatan berkarir di bidang ini. Mau tidak mau, masyarakat global memang telah menggeser teknik pengolahan data tradisional atau menggunakan perangkat lunak dengan kemampuan minim. Untuk itu, yuk ketahui 5 profesi yang paling dibutuhkan di era big data.

5 Profesi Paling Dibutuhkan Di Era Big Data

Profesi big data sendiri tidak hanya butuh lulusan IT saja loh, Alan Lovers. Selama Anda mampu penuhi tuntutan pekerjaan yang ada, daftar profesi di bawah ini dapat menjadi karir yang baik.

1. Data Scientist

Profesi yang paling dibutuhkan pertama adalah data scientist. Seseorang dengan profesi ini akan menganalisis, menafsirkan hingga buat prediksi kumpulan data. Untuk dapat terjun ke profesi ini, Anda perlu kuasai 4 hal utama yaitu analisa, statistika, machine learning dan pemrograman. Jenjang karir dalam profesi ini cukup prospektif dan punya tawaran gaji besar.

2. Data Analyst

Selanjutnya adalah profesi data analyst yang mengolah, ambil kesimpulan dan berikan visualisasi data. Secara sederhana, seorang data analyst bertanggung jawab untuk menerjemahkan data menjadi informasi yang penting. Kemampuan yang menjadi dasar profesi ini adalah visualisasi data, pengetahuan bisnis, presentation skill, excel hingga SQL.

3. Marketing Analyst

Bagaimana big data mampu memengaruhi dunia pemasaran? Seorang marketing analyst mengumpulkan hasil analisis data, desain hingga systematic report atas data yang relevan dengan perusahaan. Tanggung jawab seorang marketing analyst adalah riset pemasaran untuk kepentingan perusahaan. Kemampuan paling utama yang dibutuhkan adalah problem solving dan pengetahuan bisnis.

4. Business Intelligence

Seorang business intelligence harus andal dengan data yang ada untuk diterjemahkan dalam proyek bisnis perusahaan atau client. Tiga hal penting yang dibutuhkan untuk profesi ini adalah analisis data, komunikasi dan pengetahuan bisnis. Ini menjadi salah satu profesi yang lebih butuh seorang business thinker dibandingkan mengolah data yang besar.

5. Database Administrator

Selanjutnya adalah database administrator. Tugas dari profesi ini adalah mengelola, menguji dan melaksanakan sistem database komputer. Seorang database administrator akan menerapkan pengetahuannya tentang sistem manajemen database. Beberapa hal lain yang penting adalah analisis, komunikasi, manipulasi data, pemrograman dan bisnis.

Nah, itulah tadi informasi tentang profesi paling dibutuhkan di era big data dengan gaji besar. Tertarik? Tenang, nggak perlu lulusan IT kok. Saat ini, sudah banyak tersedia bootcamp dan sertifikasi yang mampu dukung Anda beralih karir.

Belum mahir soal database dan programming? Tenang, Anda dapat memilih jasa pengolah data dan pembuatan website untuk penuhi kebutuhan. Kunjungi Alan Creative segera, konsultasikan kebutuhan database dan website Anda bersama kami.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative