fbpx
strategi instagram marketing

Strategi Instagram Marketing yang Wajib Dicoba Tahun 2023

Halo Alan Lovers, sudah tau belum apa itu Instagram Marketing? Instagram Marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang saat ini paling banyak diminati saat ini.

Bentuk dari Instagram Marketing ini adalah kegiatan beriklan melalui platform Instagram. Platform ini lebih mengutamakan aspek visual daripada teks, jadi memungkinkan kamu membuat konten-konten kreatif dan keren.

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini. Ini jadi tempat yang baik untuk para pengusaha untuk melakukan bisnis. Namun, dengan persaingan yang ketat, diperlukan strategi marketing untuk melakukannya di platform ini. 

Nah, berikut adalah strategi Instagram Marketing yang wajib kamu coba di tahun 2023:

1. Memanfaatkan Akun Instagram Bisnis

Menggunakan akun Instagram bisnis adalah strategi yang efektif untuk mempromosikan bisnis kamu di platform ini. Dengan akun bisnis, kamu dapat menambahkan informasi kontak seperti nomor telepon, alamat email, dan situs web, memudahkan audiens untuk menghubungi kamu.

Selain itu, akun bisnis memberimu akses ke analitik untuk melacak keefektifan posting kamu dan mencari tahu apa yang paling efektif dengan audiens kamu. Dengan menggunakan akun bisnis, kamu dapat membuka potensi untuk mempromosikan bisnis kamu dan membangun hubungan dengan audiens kamu. 

2. Maksimalkan Profil Akun Bisnis

Memaksimalkan profil akun bisnis kamu adalah bagian penting dari strategi pemasaran Instagram kamu. 

Gunakan Bio yang Menarik dan Informatif:

Bio adalah bagian pertama yang dilihat orang ketika mereka mengunjungi profil kamu. Pastikan kamu menggunakan deskripsi yang menarik dan informatif yang menjelaskan tentang bisnis kamu dan mengapa orang harus mengikuti akun kamu.

Tambahkan Link Situs Web:

Tambahkan Link bisnis kamu di deskripsi. Orang akan mudah mengunjungi website kamu dan bisa melihat bisnis kamu.

Gunakan Gambar Profil Profesional:

Gambar profil kamu adalah gambar pertama yang dilihat audiens kamu. Pastikan kamu menggunakan gambar profil profesional yang mewakili bisnis kamu.

Gunakan kata kunci dalam bio dan deskripsi:

Gunakan keyword yang relevan di bio dan deskripsi kamu untuk membantu orang lain menemukan akun bisnis kamu melalui pencarian.

3. Optimasi Feed Instagram

Optimasi feed Instagram adalah salah satu hal penting dari strategi Instagram marketing. Dengan mengoptimalkan feed Instagram, kamu dapat memperkuat brand, membangun hubungan dengan audiens, dan mempromosikan produk atau layanan kamu secara baik.

Buat tema feed yang menarik dan konsisten. Akun kamu akan terlihat profesional dan membuat nyaman orang yang melihatnya. Penggunaan hashtag yang sesuai juga membantu untuk memaksimalkan optimasi pada feed.

Gunakan berbagai jenis konten, seperti foto produk, konten behind-the-scenes, dan review pelanggan, untuk membuat feed lebih menarik. Atur jadwal postingan secara teratur di waktu yang sama.

4. Memanfaatkan Instagram Stories

Instagram Stories hanya bertahan 24 jam. Posisinya yang ada di atas feed, membuat instagram stories bisa digunakan sebagai strategi marketing. Stories juga bisa disimpan dan dipakai lagi nanti. Kamu bisa tag akun orang lain, sangat berguna untuk berkolaborasi dengan brand dan influencer.

5. Coba Live Instagram

Manfaatkanlah Live Instagram, ini merupakan cara yang bagus juga untuk promosi. Siarkan sesuatu yang menarik seperti demo produk, Q&A, atau ngobrol santai dengan followers. Bisa juga dengan menjadwalkan live secara teratur misal seminggu sekali. Fitur tanya jawab pada instagram live juga dapat kamu gunakan untuk menambah interaksi.

Promosikan live kamu melalui stories atau postingan feed instagram. Ketika live kamu juga bisa kolaborasi dengan influencer atau bisnis lain untuk meningkatkan jangkauan audiens baru.

strategi instagram marketing

6. Instagram TV (IGTV)

Kamu bisa meningkatkan brand awareness dengan Instagram TV (IGTV). Unggah konten yang unik seperti video tutorial, demo produk atau vlog tentang bisnis kamu. Tambahkan hashtag pada deskripsi untuk mengoptimalkan konten di instagram TV. Balas komen dan tanggapan yang masuk untuk membangun hubungan dengan followers.

7. Caption yang Menarik

Gunakan caption yang singkat dan jelas, agar mudah dipahami. Bahasa yang informal juga tepat untuk platform ini, karena secara brand akan membuat kamu terhubung dengan audiens. Bisa juga menambahkan emoji untuk menambahkan maksud dan buat menarik. Dan yang tidak ketinggalan sertakan like, komen, atau share postingan untuk meningkatkan engagement.

8. Hashtag yang Unik

Gunakan nama merek atau nama produk sebagai hashtag untuk mempermudah pencarian dan mempromosikan brand. Ketika sedang ada event juga bisa buat hashtag khusus. Untuk menjangkau lebih banyak orang, bisa dengan hashtag lokasi. Juga bisa dengan hashtag yang sedang viral atau trending.

9. Posting di Waktu yang Tepat

Dengan memposting pada waktu yang tepat, kamu dapat memastikan bahwa postinganmu dilihat oleh audiens dan meningkatkan engagement. Kamu bisa menggunakan tools dari luar instagram untuk membantu menganalisis audiens. Cara ini berguna untuk menentukan waktu yang tepat untuk postinganmu. Posting pada jam sibuk, bisa pada saat akhir pekan atau selepas pulang bekerja. 

Hindari posting di jam tidur, karena orang sudah tidak aktif dan cenderung akan terlewat postinganmu. Yang terpenting lakukan dan evaluasi untuk hasil yang lebih baik.

10. Memanfaatkan Fitur Unggulan Akun Instagram Bisnis

Kamu bisa menggunakan fitur-fitur canggih yang ada dalam akun bisnis untuk menunjang bisnis kamu. Fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan yaitu sebagai berikut:

Instagram Insights: Gunakan fitur Insights untuk menganalisis performa akun kamu dan memahami audiens, termasuk waktu posting yang paling efektif, tipe konten yang paling populer, dan lokasi audiens kamu.

Instagram Ads: Gunakan fitur iklan Instagram untuk mempromosikan bisnis dan menjangkau audiens yang lebih luas melalui berbagai format iklan, seperti foto, video, dan carousel.

Tombol Kontak: Gunakan tombol kontak untuk mempermudah audiens untuk menghubungi bisnis kamu melalui aplikasi pesan, telepon, atau email.

Quick Reply: Gunakan fitur Quick Reply untuk mempermudah proses pesan dan memastikan bahwa pesan diterima dan direspon dengan cepat.

Swipe Up/Sticker Link: Gunakan fitur Swipe Up atau Sticker Link untuk mengarahkan audiens ke halaman web atau konten lainnya di luar Instagram.

11. Fitur Highlight

Buatlah konten kamu agar dapat disimpan di highlight. Fitur di dalam instagram ini dapat membantu orang yang sudah terlewat konten kamu secara singkat. Konten dapat disimpan dan dilihat lain kali. 

12. Kerjasama dengan Influencer

Percaya atau tidak influencer menjadi salah satu faktor orang ingin membeli produk kamu. Pilih influencer yang sesuai dengan budget dan sesuai dengan followersmu. Kamu bisa melakukan evaluasi untuk berkolaborasi pada event selanjutnya.

Itu adalah beberapa Strategi Instagram Marketing yang harus kamu coba pada tahun 2023. Apakah kamu sudah mencobanya belum? Perhatikan dengan baik strategi instagram marketing diatas, karena dapat membantu menaikan brand awareness serta meningkatkan penjualan.


Apakah kamu ingin social media kamu mengalami peningkatan? Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional dan media social. Dengan menyewa jasa tenaga ahli yang profesional, kamu bisa lebih aman dan nyaman mendapatkan keuntungan yang optimal. Hubungi Alan Creative sekarang, diskusikan kebutuhan website dan media sosialmu dengan kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Node.js vs Laravel: Mana Yang Terbaik?

Halo Alan Lovers, tahukah kalian bahwa pemilihan framework sangat penting untuk web development? Node.js dan Laravel sendiri merupakan dua jenis framework web yang cukup populer

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative