fbpx
Picture of businessmen's hands on wooden table with documents, coffee and drafts

Media Planning vs Media Buying: Apa Bedanya? 

Halo, Alan Lovers! Tahukah kamu aspek krusial dalam dunia pemasaran adalah media planning dan media buying? Meski sering dikira sama, namun keduanya ternyata memiliki peran dan fungsi yang berbeda loh dalam kampanye pemasaran. Supaya kamu dapat lebih memahami mengenai perbedaan antara media planning dan media buying, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu Media Planning?

Media planning merupakan proses penyusunan strategi pemasaran untuk menemukan cara yang terbaik dalam penyampaian pesan kepada target audiensnya di media sosial. Proses ini nantinya juga bertujuan untuk melihat apakah pesan yang disampaikan sudah sesuai dan tepat waktu. 

Apa Itu Media Buying?

Media buying adalah proses eksekusi pembelian ruang di berbagai platform media berdasarkan strategi yang sebelumnya telah direncanakan dalam media planning. Tujuan dari media buying sendiri ialah untuk menempatkan iklan di tempat yang memiliki harga terbaik, waktu yang tepat sehingga audiens yang relevan agar nantinya pesan yang disampaikan dapat tersampaikan secara efektif. 

Lalu Apa Perbedaan antara Media Planning dan Media Buying?

1. Fokus 

Media planning berfokus pada perencanaan strategi di media nantinya, sedangkan media buying justru berfokus pada eksekusi pembelian ruang maupun waktu yang disediakan oleh penyedia media. 

2. Tahapan 

Tahapan yang dilalui media planning dan media buying itu berbeda. Media planning terjadi di awal sebelum kampanye akan dimulai, sementara media buying dilakukan setelah tahapan rencana sudah selesai dibuat.

3. Tugas

Tugas media planning sendiri ialah untuk menentukan platform, anggaran yang akan dihabiskan dan jadwal. Berbeda dengan media buying, mereka nantinya akan bertugas sebagai tim negosiasi dan membeli slot iklan yang tersedia.

4. Output 

Media planning menghasilkan hasil rencana media yang lengkap, sedangkan media buying akan menghasilkan iklan sesuai dengan rencana.

Gimana? Udah ngerti kan apa perbedaan antara media planning dan media buying ? Jadi jangan bingung lagi ya Alan Lovers! Untuk kalian yang sedang membutuhkan jasa konten media sosial, jangan panik! Alan Creative hadir untuk kalian, Jadi? tunggu apalagi, Yuk, segera hubungi kami untuk penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

3 Manfaat Integrated Marketing Communication

Halo, Alan Lovers! Kamu tahu gak apa manfaat Integrated marketing communication? Yap, IMC merupakan komunikasi terpadu yang dirancang agar bisa meningkatkan penjualan. IMC banyak digunakan

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative