fbpx
maxresdefault

Mengenal Apa Itu Google Sites, Membuat Website Sederhana Jadi Mudah

Halo, Alan Lovers! Website menjadi salah satu hal yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Di sekolah atau kampus, kita sering diarahkan oleh guru/dosen untuk mencari informasi di website. Begitupun di tempat lain, website menjadi hal yang banyak dibicarakan dan bahkan dicari.

Maka dari itu, tak jarang orang berlomba-lomba membuat website mulai dari kebutuhan pribadi seperti portofolio hingga platform berjualan. Tetapi, masalah yang sering dihadapi adalah kita tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Jika menggunakan jasa pun, biayanya cukup mahal.

Cari semua kebutuhan konten digital hingga teknologi untuk bisnis dan pemerintah hanya di Alan Creative! Termasuk pembuatan website profesional dengan harga terjangkau!

Tapi, jangan khawatir, Alan Lovers. Sekarang, kita bisa membuat website sederhana dengan mudah dan murah menggunakan Google Sites. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh apa itu Google Sites dan bagaimana potensinya untuk bisa digunakan dalam membuat website.

Apa Itu Google Sites?

Google Sites adalah tools pembuatan halaman dan situs web yang dirilis pada bulan Februari 2008. Tools ini merupakan bagian dari Google Workspace (dahulu G Suite) dan tersedia sebagai aplikasi berbasis web.

Hingga artikel ini ditulis, Google Sites masih gratis untuk digunakan. Selain itu, sebagai bagian dari Google Workspace, Google Sites bisa diintegrasikan dengan Google Calendar, Google Maps, Google Docs, dan masih banyak lagi.

Sebanding dengan tools pembuatan situs web seperti Wix dan Weebly, siapa pun dapat membuat website dengan Google Sites. Kalian tidak memerlukan pengetahuan pemrograman, desain, atau staf IT. Dalam beberapa menit, kalian dapat memiliki website yang siap dipublikasi.

Kapan Harus Menggunakan Google Sites?

Tidak ada jawaban pasti kapan kalian harus menggunakan Google Sites, tapi ada beberapa situasi dimana kalian mungkin menggunakannya karena kemudahan dan harganya. Salah satunya adalah jika kaliah hanya ingin membuat website sederhana.

Namun, selain itu kalian dapat membuatnya untuk:

  • Intranet atau wiki untuk perusahaan kalian yang mencakup pedoman, kebijakan, atau informasi kontak.
  • Keluarga kalian yang berada di tempat jauh, jadi bisa membagikan berita, foto, dan acara.
  • Resume untuk pendidikan, riwayat kerja, keterampilan, dan bakat kalian.
  • Portofolio untuk menunjukkan hasil karya kalian seperti artikel atau fotografi.

Apa Keterbatasan Google Sites?

Google Sites adalah pilihan gratis untuk pembuatan website sederhana. Oleh karenanya, tentu tidak menawarkan banyak fitur yang dapat ditemukan pada website builder yang premium. Berikut adalah beberapa batasannya:

  • Tidak ada kategori situs, deskripsi, atau peta situs
  • Tidak dapat menyematkan situs kalian di website lain
  • Tidak dapat melihat aktivitas situs terbaru tanpa akun Google Analytics
  • Tidak ada tombol berbagi sosial media
  • Tidak dapat mengakses kode HTML sumber
  • Tidak ada fitur SEO seperti tag judul atau meta deskripsi

Kesimpulan

Itulah sekilas informasi mengenai Google Sites, tools yang dapat kalian gunakan untuk membuat website sederhana.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Mengenal Apa Itu PostgreSQL

Halo, Alan Lovers! Siapa yang lagi atau mau ngembangin aplikasi web? Kalau gitu, pas banget nih kita bahas bahas salah satu sistem yang yang harus

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative