fbpx
Ilustrasi Segmentasi Pasar (https://kledo.com)

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar

Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang lagi belajar digital marketing? Kamu tau gak apa salah satu hal dasar yang perlu diketahui ketika belajar digital marketing? Kalo belum tau, yuk simak terus artikel ini!

Apa Itu Segmentasi Pasar?

Kalau kata Philip Kotler dan Gary Amstrong segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Kelompok yang dibagi tersebut bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.

Ada juga syarat yang harus dipenuhi nih biar segmentasi yang kita buat itu efektif, diantaranya:

  • Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli, dan profil pasar harus dapat diukur dengan tingkat tertentu.
  • Dapat dijangkau (accessible), segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
  • Cukup besar (substantial), segmentasi pasar cukup besar atau cukup memberi laba yang dapat dilayani.
  • Dapat dibedakan (differentiable), berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
  • Dapat dilaksanakan (actionable), berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Jenis Segmentasi Pasar

Nah, di segmentasi pasar juga ada jenis-jenis pembagiannya. Apa aja ya?

Berdasarkan Geografis

Nah, segmentasi pasar yang pertama bisa dikelompokan berdasarkan lokasi geografisnya. Misal, kamu jualan makanan basah, gak mungkin kan ya kamu menargetkan seluruh wilayah Indonesia sebagai pasarnya, yang ada malah basi di perjalanan. Oleh karenanya, kamu bisa menspesifikan segmentasi kamu sesuai dengan lokasi produksinya. Misal, kamu produksi makanannya di Bandung, segmentasi geografisnya mungkin bisa kamu targetin untuk masyarakat di wilayah Bandung Raya.

Berdasarkan Demografis

Selanjutnya, kamu juga bisa mengelompokan pasar secara demografis, misalnya usia, agama, jenis kelamin, dan sebagainya. Data-data ini penting loh untuk kamu jadiin basis di awal, kenapa? Karena pada akhirnya marketing yang kamu lakuin juga harus menyesuaikan data demografisnya, kalau kamu mau jualan makanan Korea, pastinya menyasar usia remaja-dewasa awal. Karena mereka yang paling banyak menyukasi produk-produk makanan Korea. Jadi, dengan melihat kondisi demografis, kamu bisa liat nih apakah benefisial untuk ngejual produk itu atau ngga, dilihat dari seberapa banyak orang di dalam kelompok tersebut.

Berdasarkan Psikografis

Aspek ini sangat berhubungan dengan masalah psikologis seseorang. Misalnya gaya hidup, hobi, ketertarikan, dan sebagainya.

Berdasarkan Behavioral

Jenis yang terakhir ada berdasarkan behavioral. Hal ini berkaitan dengan sikap, pengetahuan, reaksi atau respon, loyalitas, serta penggunaan produk terkait dari seorang pelanggan. Biasanya, jenis segmentasi ini lebih terikat dengan proses pengambilan keputusan atau decision making konsumen.

Manfaat Segmentasi Pasar

Setelah sebelumnya kita mengenal apa itu segmentasi pasar secara konsep, selanjutnya kita perlu tau juga nih apa sih manfaat mengetahui segmentasi pasar. Manfaatnya antara lain:

  • Memenuhi kebutuhan konsumen secara tepat sasaran
  • Meningkatkan daya tarik produk
  • Mempermudah perusahaan mengatur produk maupun jasa yang ditawarkan
  • Membantu perusahaan fokus terhadap kelompok target konsumen tertentu saja
  • Membuka peluang lebih besar terhadap pertumbuhan bisnis
  • Membantu pemasaran menjadi lebih baik dan terarah
  • Mempermudahkan perusahaan mengelola keuangan, khususnya untuk pemasaran
  • Meningkatkan daya saing bersama kompetitor

Kamu membutuhkan jasa pembuatan website untuk mendukung bisnis kamu? Tenang, kami juga menyediakan berbagai layanan pengembangan bisnis lainnya seperti social media advertising, desain grafis dan juga artikel SEO. Hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan bisnismu bersama kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative