Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang lagi belajar digital marketing? Kamu tau gak apa salah satu hal dasar yang perlu diketahui ketika belajar digital marketing? Kalo belum tau, yuk simak terus artikel ini!
Apa Itu Segmentasi Pasar?
Kalau kata Philip Kotler dan Gary Amstrong segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Kelompok yang dibagi tersebut bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.
Ada juga syarat yang harus dipenuhi nih biar segmentasi yang kita buat itu efektif, diantaranya:
- Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli, dan profil pasar harus dapat diukur dengan tingkat tertentu.
- Dapat dijangkau (accessible), segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
- Cukup besar (substantial), segmentasi pasar cukup besar atau cukup memberi laba yang dapat dilayani.
- Dapat dibedakan (differentiable), berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
- Dapat dilaksanakan (actionable), berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.
Jenis Segmentasi Pasar
Nah, di segmentasi pasar juga ada jenis-jenis pembagiannya. Apa aja ya?
Berdasarkan Geografis
Nah, segmentasi pasar yang pertama bisa dikelompokan berdasarkan lokasi geografisnya. Misal, kamu jualan makanan basah, gak mungkin kan ya kamu menargetkan seluruh wilayah Indonesia sebagai pasarnya, yang ada malah basi di perjalanan. Oleh karenanya, kamu bisa menspesifikan segmentasi kamu sesuai dengan lokasi produksinya. Misal, kamu produksi makanannya di Bandung, segmentasi geografisnya mungkin bisa kamu targetin untuk masyarakat di wilayah Bandung Raya.
Berdasarkan Demografis
Selanjutnya, kamu juga bisa mengelompokan pasar secara demografis, misalnya usia, agama, jenis kelamin, dan sebagainya. Data-data ini penting loh untuk kamu jadiin basis di awal, kenapa? Karena pada akhirnya marketing yang kamu lakuin juga harus menyesuaikan data demografisnya, kalau kamu mau jualan makanan Korea, pastinya menyasar usia remaja-dewasa awal. Karena mereka yang paling banyak menyukasi produk-produk makanan Korea. Jadi, dengan melihat kondisi demografis, kamu bisa liat nih apakah benefisial untuk ngejual produk itu atau ngga, dilihat dari seberapa banyak orang di dalam kelompok tersebut.
Berdasarkan Psikografis
Aspek ini sangat berhubungan dengan masalah psikologis seseorang. Misalnya gaya hidup, hobi, ketertarikan, dan sebagainya.
Berdasarkan Behavioral
Jenis yang terakhir ada berdasarkan behavioral. Hal ini berkaitan dengan sikap, pengetahuan, reaksi atau respon, loyalitas, serta penggunaan produk terkait dari seorang pelanggan. Biasanya, jenis segmentasi ini lebih terikat dengan proses pengambilan keputusan atau decision making konsumen.
Manfaat Segmentasi Pasar
Setelah sebelumnya kita mengenal apa itu segmentasi pasar secara konsep, selanjutnya kita perlu tau juga nih apa sih manfaat mengetahui segmentasi pasar. Manfaatnya antara lain:
- Memenuhi kebutuhan konsumen secara tepat sasaran
- Meningkatkan daya tarik produk
- Mempermudah perusahaan mengatur produk maupun jasa yang ditawarkan
- Membantu perusahaan fokus terhadap kelompok target konsumen tertentu saja
- Membuka peluang lebih besar terhadap pertumbuhan bisnis
- Membantu pemasaran menjadi lebih baik dan terarah
- Mempermudahkan perusahaan mengelola keuangan, khususnya untuk pemasaran
- Meningkatkan daya saing bersama kompetitor
Kamu membutuhkan jasa pembuatan website untuk mendukung bisnis kamu? Tenang, kami juga menyediakan berbagai layanan pengembangan bisnis lainnya seperti social media advertising, desain grafis dan juga artikel SEO. Hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan bisnismu bersama kami.