fbpx
Mengenal MariaDB, Technology Stack yang Banyak Direkomendasi

Mengenal MariaDB, Technology Stack yang Banyak Direkomendasikan

Halo, Alan Lovers! Mengapa Anda harus mengenal MariaDB? Karena, MariaDB merupakan salah satu technology stack yang bisa digunakan secara gratis untuk keperluan pengembangan aplikasi ataupun website.

Selain itu, MariaDB juga memiliki beberapa fungsi lain untuk memudahkan Anda dalam mengembangan aplikasi atau website. Contohnya, MariaDB dapat digunakan untuk memproses data SQL dalam waktu yang bersamaan.

Lantas, apa saja fungsi lain dari MariaDB? Dan apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak ulasannya di bawah ini ya, Alan Lovers!

Baca Juga: 5 Trend Desain Web 2023, Bikin Website Jadi Tambah Kece!

Mengenal MariaDB: Fungsi

Mengenal MariaDB, Technology Stack yang Banyak Direkomendasi
Mengenal MariaDB, Technology Stack yang Banyak Direkomendasi (Sumber: Unsplash)

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, MariaDB merupakan sistem manajemen basis data (DBMS) yang dikembangan oleh MySQL setelah Oracle Corp. mengakuisisi MySQL pada tahun 2009.

Lebih lanjut, MariaDB merupakan aplikasi yang dapat digunakan secara cuma-cuma karena berada di dalam naungan atau lisensi GPL (General Public Licence). Akan tetapi, Anda dilarang membuat aplikasi menggunakan MariaDB untuk keperluan komersial dan keuntungan pribadi atau kelompok.

Adapun, MariaDB memiliki fungsi sebagai berikut:

  • MariaDB dapat berfungsi sebagai penguhubung client dengan menggunakan protokol TCP/IP, named pipes atau NT, dan juga UNIX socket,
  • Dapat digunakan sebagai aplikasi database dengan jumlah rekaman bisa mencapai 50 juta,
  • Dapat mendeteksi pesan error yang diterima oleh klien dengan 20 bahasa yang berbeda-beda,
  • Dapat menyediakan data yang bermacam-macam, dan
  • Memiliki fungsi multi-user, sehingga dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan.

Mengenal MariaDB: Kelebihan

Di samping itu, MariaDB juga memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Open Source

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, MariaDB merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis. Akan tetapi, Anda tidak diperkenankan untuk membuat aplikasi demi keuntungan pribadi atau kelompok.

Bisa Berjalan di Semua Sistem Operasi

Selain itu, MariaDB juga dapat dipasang dan berjalan di semua sistem operasi seperti Linux, Windows, MacOS, hingga FreeBSD. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir terkait sistem operasi yang dijalankan dalam perangkat.

Dapat Digunakan Dalam Skala Besar

Kelebihan lainnya, MariaDB dapat digunakan dalam skala yang besar. Sehingga, cocok untuk digunakan oleh organisasi atau perusahaan yang mempunyai database dalam jumlah yang besar.

Keamanan

Keamanan menjadi faktor penting dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Kabar baiknya, MariaDB sudah dilengkapi dengan subnetmask, izin akses, nama host, dan perizinan detail lainnya untuk bisa mengakses ke dalam sistem.

Banyak Pilihan Data

Tak cukup sampai di situ, MariaDB juga memiliki pilihan data yang banyak seperti float, double, signed or unsigned, integer, date, text, char, timestamp, dan lain-lain.

Mengenal MariaDB: Kekurangan

Sementara itu, berikut adalah kekurangan dari MariaDB yang juga harus Anda perhatikan; tidak cocok untuk digunakan dalam perusahaan kecil dan bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang tidak bisa digunakan untuk menemukan pesan error.

Masih bingung bagaimana memilih technology stack yang tepat? Alan Creative bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengembangkan aplikasi ataupun website yang ingin Anda kembangkan. Kami akan memberikan rekomendasi technology stack sesuai dengan kebutuhan dan produk. Tertarik? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative