fbpx
Web capture_11-4-2023_153016_tumbasin.id

Mengenal Aplikasi Tumbasin, Belanja Tanpa Ke Pasar!

Halo, Alan Lovers! Teknologi semakin memudahkan dan memanjakan kita dalam melakukan berbagai aktivitas. Termasuk untuk melakukan aktivitas basic seperti berbelanja.

Teknologi-teknologi tersebut sering dibuat dalam bentuk aplikasi digital yang dapat diunduh melalui smartphone secara gratis. Salah satunya adalah Tumbasin, dengan tagline-nya “Belanja ke Pasar Tanpa Keluar Rumah?

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut lagi mengenai aplikasi ini. Bagi yang belum mengenal apa itu Tumbasin, yuk simak artikel ini!

Kisah Berdirinya Aplikasi Tumbasin

Berawal dari Keresahan

Tumbasin lahir dari keresahan yang dirasakan para founders-nya, yaitu Bayu Mahendra Saubig, Muhammad Fu’ad Hasbi, dan Tri Asworo Mituhu.

Mereka memiliki tujuan untuk membantu pasar tradisional dengan memanfaatkan teknologi. Rencana ini muncul karena adanya penurunan pertumbuhan pasar tradisional hingga mencapai angka -8% setiap tahun.

Padahal, pasar tradisional merupakan elemen penting dalam perekonomian bangsa serta memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat. Di Indonesia, terdapat sekitar 12 juta pedagang pasar tradisional yang tersebar di 14.000 pasar di 512 kota.

Melihat potensi yang besar tersebut, Tumbasin hadir sebagai solusi untuk menghubungkan pasar tradisional dengan masyarakat melalui aplikasi.

Langkah Menggapai Mimpi

Pada akhir tahun 2016, mereka berpartisipasi dalam program 1000 Startup Digital. Di sana, mereka dengan latar belakang yang berbeda saling mengenal dan sepakat untuk membentuk sebuah tim.

Tim ini dipimpin oleh CEO Bayu Mahendra Saubig yang sebelumnya telah bekerja selama 8 tahun di sebuah BUMN. Selain itu juga terdiri dari Muhammad Fuad Hasbi yang memiliki latar belakang pendidikan statistik dan pengalaman kerja di media harian, serta Tri Asworo Mituhu yang berpendidikan Sistem Informasi.

Mereka memiliki visi yang sejalan yaitu membantu pasar tradisional untuk beralih ke ranah digital, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di sektor terkecil yaitu pasar tradisional.

Alasan utama memilih pasar tradisional dikarenakan masalah tersebut memerlukan kontribusi dari banyak pihak. Tidak hanya pemerintah yang perlu membangun infrastruktur fisik, tetapi juga pedagang yang perlu meningkatkan penjualan, serta sinergi dari Tumbasin dengan menyediakan teknologi.

Fitur Aplikasi Tumbasin

1. Memilih Pasar Sesuai Lokasi

Per Desember 2021, Tumbasin telah bekerjasama dengan berbagai pasar tradisional di berbagai kota. Ada 15 kota yang telah bergabung dengan aplikasi Tumbasin, diantaranya:

NoNama KotaJumlah Mitra
1Semarang8
2Bandar Lampung3
3Bandung1
4Bekasi5
5DKI Jakarta12
6Karawang4
7Bogor4
8Depok2
9Tangerang Selatan2
10Surakarta2
11D.I. Yogyakarta4
12Malang10
13Kendari5
14Makassar2

Kalian dapat memilih pasar yang bermitra dengan Tumbasin di kota-kota yang tersedia. Jika kota kalian belum tersedia, kita tunggu aja yuk update selanjutnya. Semoga bisa lebih luas lagi menjangkau berbagai pasar yang ada di Indonesia.

2. Sistem Poin Transaksi

Semakin banyak kalian berbelanja menggunakan Tumbasin, semakin banyak benefit yang kalian dapatkan. Aplikasi ini menyediakan fitur sistem poin dari transaksi yang kita lakukan.

Poin transaksi akan kalian dapatkan sebanyak 1 poin setiap belanja Rp 10.000, berlaku dengan kelipatannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah syarat dan ketentuannya:

  1. Nilai harga yang berlaku untuk mendapatkan poin adalah total harga yang dibayarkan setelah diskon.
  2. Biaya ongkir tidak termasuk untuk mendapatkan poin.
  3. Poin dapat diakumulasikan dengan order lainnya.
  4. Biaya pengantaran reward yang berhasil ditukarkan akan ditanggung oleh pihak Tumbasin.
  5. Poin yang telah dikumpulkan akan hangus setiap awal tahun (1 Januari pukul 00.00 WIB).

Sedikit tips dari kami, jika kalian berbelanja di Tumbasin setiap hari dengan total harga Rp 30.000 (3 poin), maka kalian bisa menukarkannya dengan Rice Cooker dalam waktu 266 hari atau sekitar 8 bulan. Kapan lagi bisa belanja rutin tapi bisa mendapatkan reward lebih kan ya?

3. Kategori Produk Beragam

Dalam aplikasi ini, kalian dapat memilih berbagai kategori produk di pasar tradisional. Mulai dari bumbu, sayuran, daging, seafood, hingga jajanan pasar. Selain itu, ada juga kategori produk diskon. Jadi, kalian gak akan terlewat jika sedang ada produk diskon.

Kesimpulan

Tumbasin merupakan salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Belanja merupakan salah satu aktivitas primer yang kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan adanya teknologi aplikasi seperti ini, hidup kita terasa jauh lebih mudah.

Kalian tertarik untuk mengembangkan aplikasi seperti Tumbasin tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan pembuatan web maupun mobile apps dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Profesi Kreatif vs Chat GPT, Ada Apa?

Halo Alan Lovers, pernah dengar dengar tentang Chat GPT? Open AI yang menggunakan teknologi chatbot ini tengah marak digunakan di masyarakat. Beberapa waktu terakhir, banyak

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative