Halo, Alan Lovers! Beberapa perbedaan SEO dan SEM berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, kedua hal tersebut sangat penting untuk strategi bisnis Anda.
Secara singkat, SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengoptimalkan website di mesin pencari secara gratis. Sementara itu, SEM (Search Engine Marketing) merupakan strategi pemasaran yang digunakan untuk menampikan website di mesin pencari dengan melibatkan pembayaran.
Lantas, apa perbedaan SEO dan SEM lainnya? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!
Baca Juga: Menggunakan Strategi SEO yang Tepat dalam Content Writing
Perbedaan SEO dan SEM
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah perbedaan SEO dan SEM yang wajib untuk Anda ketahui:
Hasil Pencarian
Perbedaan SEO dan SEM yang paling mencolok adalah dari hasil pencarian. Dimana, hasil pencarian SEM akan menampilkan label ‘Ad’, sedangkan pencarian SEO hanya menampilkan judul dari halaman website saja.
Tak hanya itu, hasil pencarian SEM juga biasanya dilengkapi dengan informasi lanjutan seperti nomor telepon, alamat lengkap, hingga link tambahan lainnya.
Biaya
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, SEM merupakan layanan optimasi yang menggunakan biaya berbasis klik. Yang berarti, Anda akan dikenakan biaya setiap kali audiens meng-klik iklan Anda. biasanya, biaya SEM bervariasi tergantung pada kata kunci dan persaingan dalam industri Anda.
Sementara itu, Anda tidak perlu membayar untuk setiap klik yang diterima di website jika menggunakan SEO. Hanya saja, Anda bisa menggunakan bantuan tools berbayar untuk menganalisis tingkat SEO dari setiap laman atau artikel yang dibuat.
Kecepatan Hasil
Perbedaan mencolok lainnya, SEM dapat memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan SEO. Hal tersebut dikarenakan, SEM merupakan layanan iklan yang dapat digunakan langsung untuk menampilan website milik Anda di hasil pencarian teratas.
Sedangkan, SEO merupakan teknik organik yang digunakan untuk menampilkan website diperingkat pertama hasil pencarian. Sehingga, hasilnya tidak se-instan SEM.
Keberlanjutan
Sementara itu, dari segi keberlanjutan SEO bisa menjadi pilihan yang tepat dibandingkan dengan SEM. Pasalnya, SEO memiliki potensi untuk memberikan traffic yang berkelanjutan jika dilakukan dengan baik.
Di lain sisi, SEM hanya memberikan traffic selama Anda membayar untuk iklan tersebut. Jika tidak dilanjutkan, traffic akan terhenti.
Perbedaan SEO dan SEM: Lebih Baik Mana?
Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan SEO atau SEM, penting untuk mempertimbangkan tujuan pemasaran, anggaran serta jangka waktu yang Anda miliki.
Sebagai contoh, Jika Anda memiliki budget lebih dan ingin hasil yang instan. Maka, SEM bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, traffic yang dihasilkan hanya bersifat sementara.
Jika Anda ingin traffic berkelanjutan secara gratis, Anda bisa memilih teknik SEO. Hanya saja, diperlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai traffic yang diinginkan.
Ingin bisnis makin cuan? Tapi bingung cari jasa digital ads yang terpercaya? Tenang! Ada Alan Creative yang berpengalaman membuat campaign sukses selama 7 tahun!
Tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!