fbpx
Perbedaan SEO dan SEM: Mending Mana?

Perbedaan SEO dan SEM: Mending Mana?

Halo, Alan Lovers! Beberapa perbedaan SEO dan SEM berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, kedua hal tersebut sangat penting untuk strategi bisnis Anda.

Secara singkat, SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengoptimalkan website di mesin pencari secara gratis. Sementara itu, SEM (Search Engine Marketing) merupakan strategi pemasaran yang digunakan untuk menampikan website di mesin pencari dengan melibatkan pembayaran.

Lantas, apa perbedaan SEO dan SEM lainnya? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Baca Juga: Menggunakan Strategi SEO yang Tepat dalam Content Writing

Perbedaan SEO dan SEM

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah perbedaan SEO dan SEM yang wajib untuk Anda ketahui:

Hasil Pencarian

Perbedaan SEO dan SEM yang paling mencolok adalah dari hasil pencarian. Dimana, hasil pencarian SEM akan menampilkan label ‘Ad’, sedangkan pencarian SEO hanya menampilkan judul dari halaman website saja.

Tak hanya itu, hasil pencarian SEM juga biasanya dilengkapi dengan informasi lanjutan seperti nomor telepon, alamat lengkap, hingga link tambahan lainnya.

Biaya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, SEM merupakan layanan optimasi yang menggunakan biaya berbasis klik. Yang berarti, Anda akan dikenakan biaya setiap kali audiens meng-klik iklan Anda. biasanya, biaya SEM bervariasi tergantung pada kata kunci dan persaingan dalam industri Anda.

Sementara itu, Anda tidak perlu membayar untuk setiap klik yang diterima di website jika menggunakan SEO. Hanya saja, Anda bisa menggunakan bantuan tools berbayar untuk menganalisis tingkat SEO dari setiap laman atau artikel yang dibuat.

Perbedaan SEO dan SEM: Mending Mana?
(Sumber: Freepik)

Kecepatan Hasil

Perbedaan mencolok lainnya, SEM dapat memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan SEO. Hal tersebut dikarenakan, SEM merupakan layanan iklan yang dapat digunakan langsung untuk menampilan website milik Anda di hasil pencarian teratas.

Sedangkan, SEO merupakan teknik organik yang digunakan untuk menampilkan website diperingkat pertama hasil pencarian. Sehingga, hasilnya tidak se-instan SEM.

Keberlanjutan

Sementara itu, dari segi keberlanjutan SEO bisa menjadi pilihan yang tepat dibandingkan dengan SEM. Pasalnya, SEO memiliki potensi untuk memberikan traffic yang berkelanjutan jika dilakukan dengan baik.

Di lain sisi, SEM hanya memberikan traffic selama Anda membayar untuk iklan tersebut. Jika tidak dilanjutkan, traffic akan terhenti.

Perbedaan SEO dan SEM: Lebih Baik Mana?

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan SEO atau SEM, penting untuk mempertimbangkan tujuan pemasaran, anggaran serta jangka waktu yang Anda miliki.

Sebagai contoh, Jika Anda memiliki budget lebih dan ingin hasil yang instan. Maka, SEM bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, traffic yang dihasilkan hanya bersifat sementara.

Jika Anda ingin traffic berkelanjutan secara gratis, Anda bisa memilih teknik SEO. Hanya saja, diperlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai traffic yang diinginkan.

Ingin bisnis makin cuan? Tapi bingung cari jasa digital ads yang terpercaya? Tenang! Ada Alan Creative yang berpengalaman membuat campaign sukses selama 7 tahun!

Tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Kelebihan ChatGPT-4: Bisa Deteksi Gambar!

Kelebihan ChatGPT-4: Bisa Deteksi Gambar!

Halo, Alan Lovers! Beberapa kelebihan ChatGPT-4 berikut ini sangat menarik untuk diketahui. Salah satunya, ChatGPT-4 digadang-gadang mampu menjelaskan gambar yang Anda kirim, lho! Penasaran bukan?

Node.js vs Laravel: Mana Yang Terbaik?

Halo Alan Lovers, tahukah kalian bahwa pemilihan framework sangat penting untuk web development? Node.js dan Laravel sendiri merupakan dua jenis framework web yang cukup populer

Pengalaman Belajar Menggunakan Khan Academy

Halo, Alan Lovers! Kegiatan belajar mengajar bukan hanya berbicara mengenai transfer of knowledge atau menyampaikan informasi. Tetapi harus dilihat sebagai seni untuk menyampaikan informasi agar

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative