fbpx

Tips Menggunakan Swift, Jangan Sampai Performa Buruk!

Halo Alan Lovers, tahukah kamu bahwa Swift merupakan bahasa pemrograman khusus yang dapat kamu gunakan untuk merancang aplikasi iOS? Untuk mendapatkan manfaat lebih optimal, kamu perlu mencoba untuk menerapkan beberapa tips menggunakan Swift. Ini akan menghindarkan kamu dari berbagai kejadian kesalahan penggunaan yang dapat menimbulkan kerugian.

Baca juga: Ingin Kembangkan Aplikasi iOS? Kenali Swift Dulu!

Tips Menggunakan Swift

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan pengembangan aplikasi terbaik, penggunaan Swift perlu memerhatikan beberapa hal khusus. Yuk simak beberapa tips menggunakan Swift di bawah ini yang mungkin dapat kamu coba terapkan.

1. Pelajari Dasar-Dasar Swift

Tips yang pertama adalah kamu harus mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman Swift terlebih dahulu. Mulai dari seperti apa tipe data, variabel, operator dan struktur kontrol.

Selain itu, kamu juga perlu untuk memahami bagaiamana cara kerja konsep-konsep yang ada dalam Swift. Misalnya seperti class, struct dan protocol.

2. Buat Kode Pengerjaan Yang Lebih Mudah

Selanjutnya, cobalah untuk membuat kode yang bersih dan mudah dibaca. Tentunya dengan mengikuti konvensi penamaan dan praktik terbaik dalam pemrograman Swift.

3. Pelajari Ekosistem Swift

Kemudian, kamu dapat melanjutkannya dengan mempelajari framework dan library yang tersedia dalam ekosistem Swift. Beberapa diantaranya adalah UIKit, Foundation dan Cocoa.

4. Eksperimen Terlebih Dahulu

Apa yang perlu dilakukan ketika sudah mempelajari berbagai hal tentang Swift? Cobalah untuk menggunakan playgrounds untuk bereksperimen dengan Swift. Ini juga akan membantu untuk mempercepat proses pembelajaran kamu terhadap penggunaan Swift.

5. Selalu Perhatikan Kinerja Pengembangan

Setelah kamu berhasil melakukan eksperimen dengan Swift, pengembangan aplikasi iOS pun dapat mulai dilakukan. Namun tentunya, kamu perlu untuk terus waspada dalam memperhatikan kinerja pengembangan yang dikerjakan. Analisis dan optimalkan kode menggunakan beberapa tools pembantu apabila memang dibutuhkan.

6. Update Terhadap Perkembangan Swift

Tips yang terakhir adalah usahakan untuk selalu update terhadap perkembangan Swift. Hal ini bisa kamu lakukan mulai dari feature checking, error checking dan lain sebagainya.

Dampak Kesalahan Penggunaan Swift

Jika Swift tidak dimanfaatkan dengan maksimal, maka kamu mungkin akan menghadapi beberapa masalah dan tantangan dalam pengembangan aplikasi. Berikut ini merupakan beberapa masalah yang mungkin akan kamu hadapi apabila salah menggunakan Swift atau tidak mengoptimalkannya.

1. Performa yang Buruk

Apabila kode Swift tidak dioptimalkan dengan baik, maka performa aplikasi dapat terpengaruh. Ini akan menyebabkan aplikasi menjadi lambat atau bahkan tidak responsif.

2. Kode yang Sulit Diubah

Masalah selanjutnya bisa saja terjadi ketika kode Swift tidak dibuat dengan cara yang mudah dibaca dan dimengerti. Hal tersebut akan menyebabkan kesulitan dalam melakukan perubahan atau penambahan pada aplikasi.

3. Tidak Memanfaatkan Fitur Terbaru

Kamu mungkin akan melewatkan fitur-fitur terbaru yang ada dalam bahasa pemrograman ini, apabila tidak memanfaatkannya dengan optimal. Padahal fitur-fitur tersebut dapat membantu mempercepat dan mempermudah pengembangan aplikasi.

4. Kesulitan dalam Debugging

Jika kode Swift tidak dibuat dengan cara yang benar, maka debugging dan mencari bug dalam aplikasi akan menjadi sulit. Ini akan membuat kamu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengatasi masalah debugging saja.

5. Sulit untuk Mengembangkan Aplikasi yang Kompleks

Masalah terakhir yang mungkin akan kamu hadapi apabila tidak memandaatkan Swift dengan maksimal adalah kesulitan pengembangan. Ingin aplikasi yang kompleks? Misalnya seperti aplikasi enterprise atau aplikasi game dapat menjadi sangat sulit.

Nah, itulah tadi beberapa tips menggunakan Swift serta kesalahan apabila tidak optimal menggunakan Swift yang perlu kamu ketahui. Selalu pastikan untuk mempelajari dan memahami bahasa pemrograman, aplikasi ataupun tools yang ingin kamu gunakan. Ini sangat membantumu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan juga minim error.

Berminat untuk mengembangkan mobile apps alan.co.id? Yuk percayakan saja pada Alan Creative, biar kami yang urus semua masalah pengembangannya. Kamu tinggal terima beres dan pastinya masih mendapatkan berbagai penawaran menarik loh. Ingin tahu informasi lebih lengkapnya? Hubungi Alan Creative sekarang juga.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

5 Tips Belajar Flutter Untuk Pemula

Halo, Alan Lovers! Dalam dunia mobile apps development, Flutter menjadi salah satu framework yang banyak diperbincangkan karena kemudahan dan kecepatannya dalam membangun aplikasi. Kemampuannya untuk

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative