Halo, Alan Lovers! Pasti kamu pernah mendengar istilah endorse? kegiatan yang dilakukan oleh public figure ini biasanya digunakan untuk menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk ataupun brand tertentu. Setelah melihat pengalaman tersebut, biasanya kamu memiliki rasa hendak mencoba pada produk yang telah diceritakan oleh Public figure tersebut.
Namun, kira-kira apa pengertian secara mendalam mengenai endorse dan apa manfaatnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkapnya.
Pengertian Endorse
Endorse merupakan salah satu strategi pemasaran yang bekerja sama dengan public figure untuk mempromosikan produk maupun brand yang kita miliki. Endorse sendiri memiliki arti harfiah sebagai mendukung atau merekomendasikan, yang mana kemudian diterapkan dalam strategi pemasaran. Penerapan endorse sendiri biasanya diikuti dengan pengalaman public figure itu sendiri dalam menggunakan produk yang sedang dipromosikan. Kemudian mereka akan memberikan testi yang positif dan merekomendasikannya kepada audiens atau followers mereka.
Endorse sering dilakukan di berbagai sosial media. Banyak audiens yang diketahui tertarik dan akhirnya mencoba produk ataupun brand tersebut setelah melihat konten yang berisikan pengalaman penggunaan produk dari salah satu public figure. Karena hal inilah, penggunaan public figure dalam endorse masih menjadi pilihan yang paling efektif karena memiliki pengaruh yang cukup besar.
Baca Juga: Harus Pilih Website atau Mobile App untuk Mengembangkan Bisnis?
Manfaat Endorse Untuk Bisnis
Setelah mengetahui pengertian endorse, selanjutnya kamu wajib mengetahui manfaat endorse itu sendiri bagi Bisnis. Berikut beberapa manfaat endorse yang wajib kamu ketahui:
1. Meningkatkan Brand Awareness
Dengan menggunakan endorse, kamu akan membantu meningkatkan brand awareness dari bisnismu. Hal itu disebabkan oleh public figure yang melakukan endorsement akan membantu memperkenalkan produk secara lebih luas kepada audiens. Dengan begitu, bisnismu akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari calon konsumen.
2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Setelah menggaet public figure yang sesuai dengan image brand-mu, kamu perlu membangun strategi yang tepat. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan calon konsumen yang dapat membeli dan menggunakan produk yang sedang ditawarkan.
3. Menaikkan Penjualan
Endorsement juga diketahui dapat meningkatkan penjualan. Hal itu terjadi karena brand awareness dan tingkat kepercayaan konsumen akan meningkat. Setelah mereka percaya, maka kemungkinan pembelian akan semakin besar.
4. Memperluas Pasar
Dengan menggunakan endorse, kamu juga dapat memperluas jangkauan pasar produk atau brand-mu. Hal ini dikarenakan public figure yang kita gaet memiliki jumlah pengikut yang banyak. Dengan hal itulah, maka jangkauan audiens dan calon konsumen juga menjadi lebih luas.
Itudia pengertian dan manfaat dari endorse yang dapat kamu gunakan untuk bisnismu. Kira-kira apakah kamu semakin tertarik untuk menggunakannya?
Jika kamu masih kesulitan dalam membangun social media management di akun-mu, kamu dapat memanfaatkan jasa Agency seperti Alan Creative! Alan Creative telah berpengalaman lebih dari 7 tahun dan telah bekerja sama dengan berbagai brand besar mulai dari Paramadina, Telkomsel, Wika, hingga MRT Jakarta. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi situs website atau hubungi kami sekarang juga!
Baca Juga: Apa Itu Influencer Marketing? Bantu Tingkatkan Brand Awareness!