fbpx
image

⁠3 KPI Penting yang Wajib Dipantau dalam Social Media Campaign

Halo, Alan Lovers! Saat menggunakan strategi pemasaran di sosial media, pastinya kamu tidak asing dengan KPI atau Key Performance Indicator. KPI sendiri merupakan bagian penting dalam menganalisis berhasil atau tidaknya strategi yang kamu gunakan. Berikut beberapa KPI yang biasanya digunakan dalam menjalankan kampanye di media sosial.

1. Pengikut atau Followers

Ilustrasi gambar

Pengikut atau followers adalah jumlah orang yang telah mengikuti kamu di sosial media tertentu. Followers dapat menjadi indikasi berapa banyak orang yang akan menjadi target pemasaran yang akan melakukan transaksi pembelian. Perlu diingat kamu perlu meningkatkan engagement dan keterlibatan followers-mu dalam merespon postingan yang telah kamu unggah.

Untuk memonitornya, kamu dapat mengitung jumlah total share dari konten, kemudian bandingkan dengan jumlah followers yang kamu miliki. Setelah itu, kamu dapat mengetahui seberapa banyak pengikutmu yang mengerikan konten.

2. Jangkauan dan Tayangan

Ilustrasi gambar

Jangkauan atau reach merupakan jumlah audiens yang melihat konten mu, sedangkan tayangan merupakan frekuensi konten yang muncul di feed audiens, termasuk tayangan berulang. 

Jika kamu memiliki jumlah tayangan yang rendah, kamu dapat merancang strategi baru seperti: 

  • Menganalisis data konten sebelumnya dan melakukan perbaikan berdasarkan feedback yang diberikan oleh audiens.
  • Mengubah format konten baru, jika sebelumnya kamu menggunakan foto makan konten selanjutnya dapat berupa video.
  • Menerapkan teknik seperti narasi atau storytelling untuk membuat konten yang lebih menarik.
  • Melakukan A/B testing untuk menemukan format konten yang paling efektif.

3. Citra Brand di Mata Audiens

Ilustrasi gambar

Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan bagaimana audiens membicarakan brand yang kamu miliki di media sosial, termasuk mention dalam percakapan. Metrik ini dikenal sebagai social listening yang akan membantumu untuk memakai persepsi audiens baik positif, negatif atau netral. Data ini nantinya akan berguna untuk menilai citra brand, mengidentifikasi trend dan memperkuat strategi pemasaran. 

Gimana? Sekarang sudah tahukan beberapa Key Performance Indicator yang wajib kamu ketahui dalam melakukan campaign? Jika kamu masih kesulitan dalam membangun social media management di akun-mu, kamu dapat memanfaatkan jasa Agency seperti Alan Creative! Alan Creative telah berpengalaman lebih dari 7 tahun dan telah bekerja sama dengan berbagai brand besar mulai dari Paramadina, Telkomsel, Wika, hingga MRT Jakarta. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi situs website atau hubungi kami sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Peran Teknologi Blockchain dalam Marketplace

Halo, Alan Lovers! Industri pasar telah direvolusi oleh kemajuan teknologi dalam beberapa tahun terakhir. Dari pasar peer-to-peer hingga pasar online, banyak terjadi perubahan yang terjadi

3 Manfaat CloudFlare untuk Website Bisnis

Halo, Alan Lovers! Kamu tahu gak apa manfaat Cloudflare? Yap, Cloudflare merupakan perusahaan yang memiliki layanan cloud yang berfokus pada keamanan, kecepatan, dan konektivitas website.

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative