Halo, Alan Lovers! Apakah kamu pernah mendengar apa itu ROAS? salah satu metrik yang digunakan dalam digital marketing untuk mengukur seberapa efektif campaign yang berjalan itu disebut sebagai ROAS.
Dengan mengukur ROAS, kita dapat melihat apakah yang kita keluarkan setara dengan yang kita terima. Namun, kira-kira bagaimana cara menghitungnya? Jika kalian penasaran, yuk simak artikel dibawah ini.
Pengertian ROAS
ROAS atau Return on Ad Spend merupakan metrik penting yang biasa digunakan dalam dunia digital marketing untuk menghitung seberapa efektifnya suatu kampanye marketing yang sedang dijalankan di platform digital.
Dengan menggunakan ROAS, kita dapat mengetahui apakah strategi marketing yang kita gunakan ini menguntungkan atau merugikan bagi bisnis. Pada dasarnya, metrik ini seperti kita melakukan investasi, yang pastinya mengharapkan nilai yang terus naik setelah apa yang sudah kita keluarkan.
Rumus dan Cara Menghitung ROAS
Cara menghitung ROAS sendiri sangat mudah dilakukan, berikut penjelasannya :
ROAS = Revenue Campaign / Cost Campaign
Ket :
Revenue Campaign : Pendapatan atau Gross
Cost Campaign : Biaya yang dikeluarkan
Penggambaran menghitung Roas ini sering berbentuk rasio. Sebagai contoh, kamu mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 20.000.000 dari budget Google Ads sebesar Rp. Rp. 5.000.000. Maka ROAS-nya sebesar 20:5.
Contoh Kasus
Supaya lebih paham mengenai cara menghitung ROAS, berikut contoh kasusnya.
Suatu perusahaan Agensi Creative mempromosikan layanan jasanya dengan membuat Paid campaign di Meta Ads. Setelan iklan terpasang selama beberapa hari, perusahaan tersebut ingin menghitung ROAS untuk melihat seberapa pengaruh iklan tersebut. Maka perinciannya sebagai berikut :
- Perhitungan Cost
- Budget Ads : Rp. 15.000.000
- Subscription tools : Rp. 500.000
- Management Fees : Rp. 1.000.000
- Total Cost : Rp. 17.000.000
- Perhitungan Revenue
- Total Leads : Rp. 10.000.000
- Jasa Training Digital Marketing : Rp. 7.000.000
- 1 layanan Pengembangan Software Rp. 20.000.000
- Total revenue Iklan: RP. 37.000.000
Jadi, ROAS = Rp.37.000.000 / 17.000.000
= Rp. 2,17
Maka dapat disimpulkan bahwa ROAS perusahaan Agensi Creative tersebut di angka Rp. 2,17 dari setiap Coast Rp1 yang mereka keluarkan.
So, itulah pengertian, cara menghitung hingga contoh kasus dari ROAS atau Return on Ad Spend. ROAS sangat penting untuk mengetahui dan mengevaluasi kinerja campaign iklan yang telah kita keluarkan. Untuk kalian yang sedang mencari artikel menarik mengenai perkembangan teknologi, sosial media atau digital marketing, Alan Creative hadir untuk membantu menemukan artikel menarik dan memberikan wawasan tersebut! Jadi, tunggu apalagi kunjungi website kami sekarang juga.