fbpx
PPDB Online Jadi Pilihan, PPDB Offline Mulai Ditinggalkan?

PPDB Online Jadi Pilihan, PPDB Offline Mulai Ditinggalkan?

Hai, Alan Lovers! Dalam beberapa tahun ke belakang, beberapa sekolah sudah mulai menerapkan PPDB online. Bahkan, untuk PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun ini pun kebanyakan dari sekolah-sekolah sudah mulai meninggalkan PPDB offline dan beralih ke PPDB online.

PPDB yang dilakukan secara online dianggap mampu mencegah adanya oknum-oknum tertentu untuk melakukan pungutan ilegal ataupun menyelundupkan siswa yang kurang memiliki kompetensi. Akan tetapi, PPDB yang dilakukan secara online juga dianggap terlalu ribet untuk para orang tua lantaran pengetahuan tentang teknologi yang minim.

Kelebihan PPDB Online

Seleksi bersifat Jujur dan Adil

Seluruh proses penerimaan dilakukan oleh sistem secara real-time. Dengan begitu, proses bisa dipantau secara langsung sehingga dapat menekan adanya kecurangan seperti pungutan ilegal ataupun penyelundupan siswa yang kurang kompetensi.

Efisiensi Waktu dan Pengeluaran

Dengan adanya pelaksanaan PPDB secara online, tentunya akan memotong banyak anggaran yang diperlukan seperti kebutuhan konsumsi untuk siswa misalnya. Selain itu, pelayanan juga bisa dilakukan dengan lebih cepat dan juga ringkas.

Data yang terintegrasi

Dengan adanya pemanfaatan teknologi, data calon peserta didik dapat disimpan dalam satu server. Hal ini tentunya dapat memudahkan pencarian data dan juga mencegah adanya data yang terselip.

Dapat diakses dari semua wilayah

PPDB yang dilakukan secara online dapat diakses di semua wilayah karena memanfaatkan teknologi internet. Hal ini membuat siswa tidak harus datang langsung ke sekolah untuk mengurus berkas terkait pendaftaran.

PPDB Online Jadi Pilihan, PPDB Offline Mulai Ditinggalkan?
PPDB Online Jadi Pilihan, PPDB Offline Mulai Ditinggalkan? (Sumber: Freepik)

Baca Juga:

5 Aplikasi AI Buatan Indonesia, Apa Saja ya Kira-kira?

Character AI, Aplikasi ChatBot yang Sedang Viral di Social Media

Wajib Coba! 5 Aplikasi AI Edit Foto di HP, Gampag Banget!

Kelebihan PPDB Offline

Mengenal secara Langsung Lingkungan Sekolah

PPDB offline memberikan kesempatan untuk calon siswa dan para orang tuanya untuk mengetahui secara langsung kondisi di sekitar lingkungan sekolah. Dengan begitu, calon siswa bisa mempersiapkan lebih dini terkait transportasi dan jarak tempuh sebelum kegiatan sekolah berlangsung.

Bertemu Teman dan Guru

PPDB offline mengharuskan calon siswa untuk datang langsung kesekolah. Hal ini bisa dijadikan kesempatan bagi calon siswa untuk bertemu teman baru dan juga guru baru untuk bisa bercengkrama mengakrabkan diri.

Apakah PPDB offline akan Ditinggalkan?

Dengan teknologi yang berkembang pesat, tentunya metode PPDB secara online banyak dipilih lantaran dianggap lebih mudah dan efisien. Terlebih lagi, metode PPDB online juga menjadi solusi untuk mengatasi adanya kecurangan pungutan ilegal yang kerap terjadi saat PPDB offline.

Meskipun demikian, tidak semua sekolah siap untuk menerapkan teknologi ini. Banyak sekolah dari berbagai wilayah yang masih menerapkan PPDB offline lantaran belum adanya akses internet ataupun kurangnya SDM untuk mengakses teknologi ini. Ditinjau dari hal tersebut, tentunya PPDB secara online belum bisa diterapkan secara menyeluruh karena masih banyak hal kecil yang harus diperhatikan.

Kesimpulan

Metode PPDB yang dilakukan secara online ataupun offline memiliki keunggulan masing-masing. Akan tetapi, tidak semua sekolah siap untuk menerapkan PPDB yang dilakukan secara online sehingga PPDB offline masih menjadi pilihan.

Alan Creative hadir untuk membantu digitalisasi pendidikan melalui Alan School. Banyak fitur yang bisa membantu sesuai dengan kebutuhan seperti akses jadwal kelas, raport hingga profil guru dan siswa melalui smartphone. Tertarik? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

WordPress vs Joomla!: Mana Yang Terbaik?

Halo Alan Lovers, sedang bingung menentukan sistem manajemen konten (CMS) untuk website? Peran penting CMS untuk branding dan operasional website memang membuat kita harus memilah

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative