Halo, Alan Lovers! Walaupun sama-sama memiliki strategi yang efektif untuk menjangkau pelanggan. Namun saat hendak mempromosikan bisnis, kamu akan berpikir mana yang lebih cepat antara Social Media Marketing dan Iklan berbayar. Jika kamu sekarang sedang dihadapkan dengan pertanyaan ini, maka simak penjelasan artikel dibawah ini.
Pengertian Social Media Marketing
Social Media Marketing (SMM) ialah salah satu cara mempromosikan brand, produk, maupun layanan bisnis dengan cara organik melalui platform media sosial, seperti Instagram, X, Tiktok, Facebook dan LinkedIn. Dalam SMM ini, kamu perlu menciptakan konten yang berkualitas agar mendapatkan engagement awareness yang tinggi dan pelanggan yang memiliki loyalitas.
Pengertian Iklan Berbayar
Kalau SMM dilakukan secara organik, maka iklan berbayar dilakukan secara non organik. Iklan Berbayar merupakan strategi promosi yang menggunakan dana agar dapat memasang iklan di Google Ads, Facebook Ads, Tiktok Ads, maupun Instagram Ads. Tujuan menggunakan iklan berbayar ini ialah untuk membuat promosi dapat bekerja secara spesifik dan tampil kepada target pasar.
Lalu Kira-kira Mana yang Lebih Menguntungkan? Social Media Marketing atau Iklan Berbayar?
Untuk mengetahui mana yang lebih menguntungkan dalam mempromosikan bisnismu, maka kembali pada keputusan perusahaan dalam memilih. Keputusan ini mendasari pada anggaran, tujuan kampanye dan target audiens yang ingin dicapai. Berikut beberapa hal yang dapat kamu perhatikan dalam memilih antara Social Media Marketing atau Iklan Berbayar:
- Jika anggaran yang diberikan terbatas, maka kamu dapat memanfaatkan strategi social media marketing. Menggunakan cara ini, kamu dapat menghemat biaya untuk membangun konten yang organik.
- Jika bisnis mu baru saja mulai dan masih ingin membangin branding dan engagement, maka kamu dapat menggunakan social media marketing. Dengan cara ini , kamu dapat membangun kesadaran audiens yang nantinya akan meningkatkan loyalitas mereka.
- Iklan berbayar dapat kamu gunakan jika kamu memerlukan hasil yang cepat dalam traffic. Cara ini jauh lebih efektif jika produk-mu memberikan penawaran khusus dengan waktu yang terbatas, sehingga akan membuat audiens penasaran dan nantinya akan meningkatkan konversi.
Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa keputusan akan kembali ke tangan kamu sebagai pemilik bisnis. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat anggaran yang disediakan, kamu juga dapat menggabungkan kedua jenis promosi ini loh Alan Lovers untuk hasil yang maksimal!
Jika kamu masih kesulitan dalam membangun engagement di akun Instagram-mu, kamu dapat memanfaatkan jasa Agency seperti Alan Creative! Alan Creative telah berpengalaman lebih dari 7 tahun, bekerja sama dengan berbagai brand besar mulai dari Bank Mandiri, KPI, Pahamify, hingga Paramadina. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi situs website atau hubungi kami sekarang juga!
Baca Juga: Manfaat Jasa Iklan Digital Marketing dan Tips Memilihnya