fbpx
Screenshot_20240906_123120_Chrome

3 Alasan Google Trends Tidak Ideal untuk Artikel Evergreen

Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang suka pake Google Trends buat riset kata kunci sebelum menulis artikel? Yap, Google Trends merupakan alat gratis yang disediakan Google untuk membantu kita mencari kata kunci yang sedang ramai dicari pengguna Google.

Google trends sendiri memiliki beragam keunggulan selain sebagai alat riset kata kunci, terdapat pula fitur perbandingan yang dapat kamu gunakan untuk memilih kata kunci yang pas untuk artikelmu. Selain itu, fitur ini bisa digunakan secara gratis loh…

Namun, dibalik keunggulannya itu, Google Trends juga memiliki kekurangan yang salah satunya tidak ideal untuk mencari kata kunci bagi artikel evergreen. Loh, memang kenapa?

Artikel evergreen merupakan artikel yang tetap relevan dan berguna sepanjang waktu dan tidak dipengaruhi oleh tren yang berjangka waktu pendek. Artikel jenis ini biasanya membahas mengenai topik yang luas, umum dan selalu dibutuhkan pembaca. Namun, Trends mungkin tidak ideal untuk di riset kata kunci artikel evergreen karena alasan berikut,

1. Kata kunci lebih berfokus pada tren jangka pendek

Dalam Google Trends kebanyakan kata kunci riset lebih berfokus pada tren jangka pendek. Tren jangka pendek, tidak diperlukan dalam membuat artikel evergreen, artikel evergreen memerlukan relevansi topik  berjangka panjang sehingga tidak terikat dengan tren yang ada.

Google Trends lebih efektif bagi kamu yang ingin menulis artikel trending karena ada banyak kata kunci populer dalam waktu dekat.

2. Variabilitas data

Di Google Trends terus terjadi perubahan tren yang terus menerus. Kata kunci setiap harinya bisa berubah dengan sangat cepat, sehingga untuk bisa menentukan kata kunci untuk artikel evergreen akan sangat sulit. Terutama karena artikel evergreen memerluka kata kunci dengan topik yang stabul dan terus konsisten.

Selain itu, data yang ada di Trends sangat bias tergantung lokasi dan geografis tertentu. Hal ini tidak sejalan dengan konten evergreen yang jangkauan kontennya secara global dan dari berbagai latar belakang.

Baca juga: Short Tail Keyword vs Long Tail Keyword, Mana yang Efektif SEO?

3. Kurangnya informasi history kata kunci

Pada Google Trend kamu bisa menikmati fitur “setahun search” dimana kamu bisa melihat kata kunci apa saja yang banyak dicari orang pada tahun sebelumnya. Namun, sayangnya layanan ini tidak menyediakan rekap kata kunci setiap tahunnya, sehingga sulit untuk bisa mengidentifikasi kata kunci apa yang terus relevan untuk dijadikan konten evergreen.

So, gimana pendapat kamu? Kamu suka pake tool SEO apa nih buat bikin artikel evergreen?

Btw, kamu suka artikel informatif seperti ini? Pas banget nih, di Alan Creative ada banyak artikel informatif mulai dari teknologi, sosial media dan juga ada digital marketing loh. Cocok banget buat temenin kamu belajar di mana dan kapan aja. Penasaran? Buruan berkunjung ke Alan Creative… di tunggu loh besty…

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative