Halo, Alan Lovers! Kamu tahu gak apa itu Integrated marketing communication? Integrated marketing communication merupakan salah satu strategi pemasaran yang melibatkan berbagai jenis komunikasi yang ada. Tujuannya untuk semakin meningkatkan peluang penjualan melalui penyampain pesan yang terpadu dan efektif.
Lantas, apa sih faktor yang dapat mempengaruhi IMC atau komunikasi pemasaran terpadu? Dilansir dari Bigevo.com, berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi IMC.
1. Target audiens

IMC berfokus pada bagaimana komunikasi itu bisa sampai dan mampu menyentu konsumen untuk melakukan tindakan yang diinginkan, misalnya membeli, klik tautan dan sebagainya.
Untuk bisa sampai ditahap ini, tentunya kita harus bisa terlebuh dahulu memahami seperti apa karakteristik traget audiens kita. Kenapa? Karena hal ini akan berhubungan dengan bagaimana cara kita menyampaikan pesan tersebut.
Jika target audiens kamu merupakan kelompok irang kisaran 18-25 tahun, maka kamu harus memperhatikan bagaimana bahasa yang biasanya mudah mereka terima, konten seperti apa yang biasanya pas untuk nereka dan sebagainya.
2. Media Komunikasi

Faktir selanjutnya yang dapat mempengaruhi IMC yaitu, pemilihan media komunikasi. Ada beragam media komunikasi yang bisa kamu pilih, misalnya seperti platform sosial media, email, blog, website dan lainnya.
Semua platfrom tersebut memiliki beragam karakteristik pengguna, sehingga untuk bisa sukses menyampaikan pesan, kamu harus mengenali terlenih dahulu media komunikasi yang kamu gunakan.
IMC akan berjalan dengan lancar apabila kamu telah berhasil menyesuaikan komunikasi yang ada dengan karakteristik umum pengguna media komunikasi tersebut dan begitu pun sebaliknya, akan gagal jika kamu tidak memperhatikan faktor ini.
Baca juga: Pentingnya Konten Media Sosial Untuk Bisnis Kalian
3. Pesan yang disampaikan

Selanjutnya, IMC sangat dipengaruhi oleh pesan yang kita buat. Pesan yang berkualitas, konsisten dan sesuai dengan target audiens akan cenderung mudah diterima dan kemungkinan besar mendorong target untuk melakukan tindakan. Pesan yang dipandukan dengan kreatifitas akan menjadi nilai tambah dan meningkatkan daya tarik yanh kuat
So, itah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Integrated marketing communication. Gimana, tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam?
Btw, sekarang kamu gak perlu bingung cari website dengan artikel informatif, karena di Alan Creative kamu bisa menemukan banyak artikel menarik secara GRATIS! Di situs Alan, tersedia beragam artikel mengenai teknologi, digital marketing, dan media sosial yang sempurna untuk menemani belajar. Jadi, tunggu apa lagi? Kami tunggu kedatanganmu, besty!