Halo, Alan Lovers! Siapa disini yang ga kenal dengan aplikasi TikTok? Aplikasi yang memiliki 157,6 juta pengguna ini pastinya sangat cocok bagi kamu pemilik bisnis, mulai dari UKM, UMKM, hingga bisnis yang besar. Menggunakan TikTok sebagai pemasaran, kamu dapat meningkatkan brand awareness dan angka penjualan produk-mu. Namun, ada beberapa kesalahan promosi yang harus kamu hindari agar marketing digital dapat berjalan dengan optimal. Untuk penjelasan lengkapnya, yuk simak di bawah ini.
3 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari
1. Tidak Memanfaatkan Konten Berulang
Setelah mengunggah konten di TikTok, banyak brand hanya berfokus pada pembuatan konten baru tanpa memanfaatkan video lama. Padahal perlu kamu ketahui bahwa, konten lama itu dapat diubah menjadi konten berulang untuk menghemat waktu dan memperluas jangkauan audiens.
Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan video dua minggu lalu dengan memodifikasinya. Seperti menambahkan efek atau elemen baru agar semakin menarik. Menggunakan strategi ini tak hanya akan menghemat pengerjaan mu, tapi kamu juga akan memaksimalkan konten tersebut.
2. Tidak Mendukung Terjadinya User Generated Content (UGC)
User Generated Content (UGC) sendiri ialah promosi konten gratis yang berasal dari konsumen. Seperti foto atau video ulasan yang mereka berikan di media sosial. Cara ini ampuh untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, namun sayangnya masih banyak brand yang belum memanfaatkannya.
Jika pelanggan memposting menggunakan produk dan menandai akun TikTok mu, maka responlah dengan memberikan komentar atau memposting ulang konten tersebut. Dengan cara begitu, kamu tak hanya akan meningkatkan engagement dan jangkauan pasar. Namun juga dapat mendorong para pelanggan lain untuk terus merekomendasikan produk yang kamu miliki.
3. Tidak Meninjau Performa Konten
Terakhir, kamu harus meninjau konten yang sebelumnya sudah kamu posting. Dengan cara ini, kamu akan mengetahui konten mana yang memiliki engagement yang bagus dan mana yang tidak dilirik oleh audiens. Dengan cara ini, kamu dapat melakukan perbaikan dalam memproduksi konten mu kedepannya.
Itu dia 3 kesalahan promosi TikTok yang harus kamu hindari. Jika kamu masih bingung bagaimana cara mempromosikan brand-mu di sosial media, kamu dapat berkonsultasi dengan tim Alan Creative! Kami siap menjawab dan memberikan saran untuk kamu. Langsung hubungi kami sekarang juga ya Alan Lovers!
Baca Juga: Tips Mengelola Komentar di TikTok untuk Meningkatkan Reputasi Akun