fbpx
7 Cara Meningkatkan Largest Contentful Paint (LCP)

Apa itu Largest Contentful Paint (LCP)? Bisa Tahu Kecepatan Web!

Halo, Alan Lovers! Apakah Anda tahu apa itu Largest Contentful Paint (LCP)? Jika tidak, Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya!

Di zaman yang serba canggih ini, seluruh kebutuhan bisa diakses melalui internet seperti jual-beli, mencari tutorial, hingga mengakses informasi pemilu.

Seiring meningkatnya aktivitas, kecepatan website untuk menampilkan halaman menjadi faktor penting yang tidak bisa ditinggalkan. Tentunya, hal ini agar bisa memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung.

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa menggunakan metrik Largest Contentful Paint (LCP).

Apa itu Largest Contentful Paint (LCP)?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, Largest Contentful Paint (LCP) adalah salah satu metrik yang digunakan untuk mengukur pengalaman pengguna dalam hal kecepatan dan performa halaman website.

Adapun, LCP merupakan salah satu dari beberapa metrik yang bisa digunakan dalam memahami Core Web Vitals.

Lebih lanjut, LCP mengukur waktu yang dibutuhkan oleh halaman web untuk menampilkan elemen visual terbesar yang terlihat oleh pengunjung ketika mengakses website. Elemen visual tersebut dapat berupa gambar, blok, ataupun video.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Karakteristik Utama Landing Page

Dengan begitu, semakin cepat suatu website dalam memuat halaman, maka tingkat pengalaman yang baik dari pengunjung juga semakin meningkat.

Hal tersebut dikarenakan, pengunjung dapat segera melihat dan berinteraksi dengan konten yang ditampilakan oleh website tersebut.

Bagaimana Cara Mengetahui Skor LCP?

Untuk mengetahui cara mengukur skor LCP, Anda bisa menggunakan salah satu tools bernama PageSpeed Insight yang disediakan secara gratis oleh Google. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi Halaman

Apa itu Largest Contentful Paint (LCP)? Bisa Tahu Kecepatan Web!

Pertama, Anda bisa mengakses laman PageSpeed Insight menggunakan link berikut ini. Setelah itu, Anda akan ditampilkan berupa kolom untuk memasukkan URL dari website target.

2. Masukkan URL Target

Apa itu Largest Contentful Paint (LCP)? Bisa Tahu Kecepatan Web!

Kedua, Anda hanya tinggal memasukkan URL target ke kolom dan klik tombol analyze. Adapun, Anda harus menunggu selama beberapa menit hingga analisis performa selesai dilakukan.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Mengetahui Penyebab Website Overload

Halo Alan Lovers, kesal karena website bisnis lemot? Hal ini bisa menyebabkan Anda kehilangan traffic dan menekan keuntungan bisnis loh. Ketika website lemot, biasanya dikarenakan

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative