fbpx
OIP (3)

5 Manfaat Website Maintenance, Harus Rutin Dilakukan!

Halo, Alan Lovers! Website merupakan aset di era digital, terutama bagi kalian yang terjun dalam dunia bisnis. Website menjadi daya tawar dan daya tarik tersendiri karena memberikan kesan yang profesional sekaligus mempermudah kalian dalam melakukan manajemen.

Tapi, tau gak kalau website perlu maintenance juga? Yuk simak artikel ini, apa aja sih manfaat website maintenance yang harus kalian lakukan secara rutin?

1. First Impression

Kalau kita bilang “cuma sekali kesempatan buat bikin kesan pertama,” bisnis online juga sama, bisa sukses atau gagal tergantung tampilan dan kinerja websitenya. Kalau websitemu keliatan kuno atau nggak berfungsi dengan baik, kamu bisa kehilangan kesempatan buat dapetin pelanggan baru di beberapa detik awal yang penting.

Penelitian menunjukkan kesan pertama 94% terkait dengan desain. Pakai desain web yang menarik dan terkini bisa bantu kamu ngirim pesan yang tepat ke pengunjung baru. Ini menguatkan keyakinan mereka kalau mereka udah nemuin yang mereka cari dan bikin websitemu keliatan relevan, kredibel, terpercaya, dan unik. Sebagai hasilnya, pengunjung bakal merasa tertarik buat nongkrong lebih lama di halaman websitemu.

2. Reputasi Bisnis

Seperti halnya kesan pertama, reputasi bisnis kalian juga sangat penting dalam memperoleh kepercayaan pelanggan. Beberapa cara untuk menjaga reputasi online kalian termasuk memastikan semua tautan bekerja, menambahkan halaman 404 untuk tautan yang rusak, memperbarui plugin, menyegarkan konten, dan mematuhi waktu muat halaman yang direkomendasikan kurang dari dua detik, merupakan cara-cara untuk menjaga reputasi kalian online. Kalian harus memastikan bahwa situs web kalian memberikan kualitas, keandalan, dan profesionalisme yang dijanjikan oleh perusahaan kalian.

3. Strategi SEO

Mengabaikan perawatan website dapat merugikan strategi SEO situs Anda. Ini adalah kesempatan untuk membangun proses rutin memantau dan meningkatkan SEO situs Anda, mulai dari memperbarui konten hingga memperbaiki tautan yang rusak.

Informasi-informasi ini yang menjadi perhatian Googlebot saat memindai situs web Anda. Pada tahap analisis awal ini, Google menentukan nilai dari situs web Anda, yang dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan peringkat halaman pertama di masa depan. Peringkat yang baik di mesin pencari dapat membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda, dan membawa pelanggan ke bisnis Anda. Sebaliknya, peringkat yang buruk akan membuat lebih sulit bagi orang untuk menemukan Anda secara online.

4. Penjualan

Penjualan adalah nyawa dari setiap toko online. Semakin banyak orang yang membeli dari situs e-commerce Anda berarti bisnis Anda sehat dan berfungsi dengan baik. Untuk memastikan menjaga angka penjualan tetap tinggi, Anda harus menjauhkan beberapa masalah teknis yang dapat menghalangi pengalaman belanja pelanggan. Beberapa masalah umum pada situs e-commerce termasuk adanya bug dalam proses pemesanan produk, proses checkout dan pembayaran, atau kesalahan diskon dan pengiriman gratis yang gagal karena kesalahan teknis.

Selain itu, orang yang berbelanja online mengandalkan gambar berkualitas dan kemampuan untuk memperbesar gambar produk yang mereka lihat di toko fisik. Sangat penting bagi Anda untuk menawarkan gambar, video, atau dukungan visual lainnya yang profesional untuk menutupi kekurangan yang datang dengan tidak dapat mencoba pakaian atau sepatu secara fisik. Selain melihat gambar, pelanggan juga ingin mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang produk yang akan mereka beli, jadi Anda harus menginvestasikan waktu untuk menulis deskripsi produk yang dapat membuktikan reputasi bisnis Anda.

5. Keamanan

Sebuah maintenance website bisa membantu melindungi bisnis kalian dari ancaman virtual. Secara rutin memperbarui software keamanan dan memperbaharui penyedia sertifikasi SSL membantu menjaga file-file website kalian. File-file tersebut terdiri dari informasi sensitif, seperti kata sandi dan data pribadi pelanggan — nomor kartu kredit dan rincian perbankan.

Para developer yang merilis pembaruan situs web tersebut melakukannya untuk memperbaiki kerentanan yang mungkin mereka temukan. Saat kalian menjaga keamanan situs kalian, menjadi lebih sulit bagi peretas untuk mengambil alih bisnis kalian dan lebih mudah bagi pelanggan untuk mempercayakan aset keuangan mereka kepada kalian.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat website maintenance yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kualitas dan performa website kalian. Mulai dari faktor estetika, komunikasi, hingga keamanan, ternyata website maintenance sangat penting ya!

Tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya? Ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing.

Cari semua kebutuhan konten digital hingga teknologi untuk bisnis dan pemerintah hanya di Alan Creative! Termasuk pembuatan website profesional dengan harga terjangkau!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Apa itu CAT dalam Seleksi CPNS?

Apa itu CAT dalam Seleksi CPNS?

Halo, Alan Lovers! Apakah Anda mengetahui apa itu CAT di dalam seleksi CPNS? Jika belum, Anda dapat menemukan jawabannya melalui artikel ini. Jauh sebelumnya, seleksi

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative